Persiapan Mudik Lebaran 2024

18

When you’re soooo excited for Mudik this year…

We mean, who doesn’t?????
Yep, calling out to all para perantau yang memutuskan buat pulang kampung alias mudik tahun ini, gimana-gimana, tiket transport dan budget buat mudik aman, rite? Kalo belum, buruan gih amanin dulu mumpung masi ada waktu. Soalnya orang-orang udah rame buat prepare mudik, termasuk para stakeholders kita yang lagi nyiapin arus mudik tahun ini biar lancar.
 
Nyiapin apa aja tuh?
Banyak, guys. Kita mulai dengan Polda Banten yang baru-baru ini lagi sibuk nyiapin berbagai rekayasa lalu lintas buat arus mudik. FYI, Ditlantas Polda Banten bakal memberlakukan delaying system buat para pemudik yang mau otw ke Pelabuhan Merak. Jadi kalo situasi di sana lagi rame banget, pihak kepolisian bakal memilih di mana masyarakat lokal non pemudik bakal dipersilahkan lebih dulu buat masuk ke Pelabuhan MerakMeanwhile buat para pemudik diharap buat antre dulu dan dimasukkan ke dalam rest area.
 
Berarti harus prepare mudik mateng-mateng nih.
Betul banget, guys. So far sih bakal ada tiga pelabuhan yang bakal ngelayanin penyebrangan di Selat Sunda selama mudik kali ini. Selain ada Pelabuhan Merak, ada juga Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Bandar Bakau Jaya yang ready buat mengakomodasi penyebrangan ke Sumatra-Jawa. Selain itu, bakal ada juga pembatasan operasional truk yang bakal dibatasi di jalan arteri dan tol selama tanggal 5 sampai 16 April tahun ini.
 
Kalo buat kereta gimana nih?
Nah kemarin banget nih, PT Kereta Api Indonesia udah nge-spill kalo penjualan tiket kereta api jarak jauh selama periode Lebaran 2024 baru terjual sebanyak 57 persen, guys. Jadi dari keseluruhan tiket yang disiapkan, baru ada sekitar 1.873 tiket nih yang terjual. Rute kereta yang paling laris sejauh ini tuh ada di Surabaya, Yogyakarta, Bandung, dan Semarang. Nggak cuma menyediakan tiket aja, PT KAI juga udah menyediakan angkutan motor gratis sebanyak lebih dari 12 ribu motor.
 
W suka nih gratis-gratis gini.
Well, kebetulan banget Badan Usaha Milik Negara aka BUMN lagi ngadain program mudik gratis nih. Total ada 88 BUMN yang terlibat dalam program mudik gratis ini. Targetnya sih, bakal ada lebih dari 80 ribu orang yang bisa diberangkatin mudik dengan melibatkan 1.225 bus, 60 kereta, dan 15 armada kapal laut. Kalo berjalan lancar, program mudik gratis ini bakal dimulai dari tanggal 5 April besok dengan proses pelepasan di Silang Monas, Jakarta.
 
Ada lagi nggak yang gratis-gratis?
Tenang, guys. Nggak cuma PT KAI sama BUMN aja nih yang nyelenggarain mudik gratis. Kementerian Perhubungan juga lagi collab sama PT Pelni buat nyediain 1.300 tiket mudik gratis menuju Ambon, Maluku via laut. Hal ini di-spill Kepala PT Pelni Cabang Ambon, Ilhamda yang bilang kalo pihaknya udah nyiapin lima armada khusus buat program mudik gratis yang udah dibuka sejak hari Rabu kemarin.
 
BTW, puncak mudik tuh kapan deh?
Good question! Pasti pertanyaan ini juga banyak ditanyakan sama para pemudik buat ngehindarin macetnya arus mudik, rite? Nah buat menjawab itu, PT Jasa Marga belum lama ini udah memperkirakan bahwa puncak mudik tahun ini bakal berlangsung pada H-4 Idul Fitri atau tanggal 6 April besok, guys. Lebih lanjut, Direktur Operasi Jasa Marga, Fitri Wiyanti ada bilang kalo pihaknya memperkirakan bakal ada 259 ribu kendaraan yang bakal meramaikan skema mudik di hari itu.
 
Wow banyak banget. Anything else I should know?
Buat ngelancarin mudik tahun ini, pemerintah juga lagi ngebut buat memperbaiki lajur jalan, guys. Terutama yang ada di sepanjang Jalan Pantura yang jadi salah satu akses utama pemudik dari Jakarta ke wilayah Jawa Tengah. Perbaikan ini salah satunya terjadi di sepanjang Simpang Palimanan yang ada di Cirebon, Jawa Barat dengan total jarak sejauh 32 kilometer.