Friday Pause: You are my sunshine ⛅

22

Hello

Yeay to Friday! This week has been all about the final chapter of election drama, so you deserve a break and some cool memes, fun recs and most importantly, a good weekend. And as always, weekend will always start with…

For the love of meme: When ‘Takjil War’ makes a lot profit…


When you want to join the ‘takjil war’ trend…But, you realize you have no money.

Nggak berasa Ramadan udah on going for more than ten days, rite? Gimana-gimana, udah berapa kali nih kamu kalah war takjil? Atau jangan-jangan justru kamu nih orang-orang yang nyolong start pada beli takjil dari jam tiga or dua siang? Wah-wah, kebangetan deh. Mimin jadi sering banget tinggal kebagian sisa saking ramenya para takjil hunters dari berbagai server.
 
Lah, malah jadi curcol kan. Padahal niat mimin tuh pengen nge-mention kalo di bulan Ramadan ini kita jadi sering kalap nggak sih buat beli takjil or bilang iya ke tiap acara bukber. Mulai dari bukber alumni Playgroup, TK, sampe kuliah semua didatengin. Kayak, harusnya justru kita bisa lebih hemat karena pas puasa ini kita nggak lunch, tapi yang ada malah makin boros aja nggak sih? Semua gara-gara kita yang sering laper mata sama takjil dan ajakan bukber temen-temen sampe khilaf jadi bokek di tengah bulan. Apalagi sekarang udah mulai masa-masa kritis tanggal tua yekan…
 
So makanya, nge-planning cuan kita dari awal bulan Ramadan tuh penting banget buat dilakuin, ygy. Ini semua biar income sama outcome kamu tuh balance dan nggak bokek di pertengahan bulan. Kalau mungkin awal puasa kemarin kamu udah boros banget bm ini dan itu, now it’s time to save your money dan jangan jadi gampang laper mata. So, here’s some ways to save your money during Ramadan:
  • Anggarin apa aja pengeluaranmu. First of all, kamu perlu bikin planning soal anggaran keuanganmu selama bulan Ramadan. Dari sekian juta gaji yang kamu dapet, berapa persen yang perlu ditabung, dikirim ke ortu, buat makan, transportasi, war takjil, beli hampers, lifestyle or hedon, dll. Dari situ perlu kamu make sure lagi deh biar anggaran yang kamu bikin beneran berjalan dan nggak saling rebutan gitu. Oiya, jangan lupa buat catet semua income sama outcome selama Ramadan biar kamu tau ke mana aja sih cuan kamu pergi selama ini.
  • Jangan gampang laper mata. Nah ini penting nih. Biasanya kita yang udah cape-cape nahan haus dan laper sepanjang hari, pasti pengen beli yang takjil yang buanyak banget mendekati buka. Padahal, kadang makanan dan minumannya jadi sisa dan berujung mubazir juga. Nah daripada gitu, better lebih bijak deh buat beli takjil secukupnya aja. Selain biar menghindari mubazir dan menyisakan makanan untuk para takjil hunters yang lain, kamu juga bisa lebih hemat dalam pengeluaran makanan untuk buka.
  • Hunting discounts-an yang worth to buy. Yep, selama Ramadan dan countdown Lebaran besok, swalayan sampe mall-mall gitu tentunya banyak yang ngadain promo dan diskon macem-macem produk. You name it lah, produk macem sirup, makanan kaleng, sampe baju lebaran juga pada diskon. Nah, kamu bisa manfaatin diskon ini secara bijak dengan beli produk-produk yang kamu butuhin dengan harga diskon. Inget, beli barang yang emang dibutuhin aja yah. Jangan mentang-mentang diskon kamu jadi kalap shopping dan beli barang-barang yang sebenernya nggak kamu butuhin.
  • Compare barang yang mau dibeli dengan e-commerce. Well, ini mungkin udah jadi lifehack semua orang yang bandingin harga produk di toko retail dengan toko online. Kalo lagi nggak mendesak dan harga barang ditambah ongkir masih di bawah harga toko retail, pasti kita better beli lewat online aja nggak sih. Cuma ya gitu, nggak semuanya harus kita beli lewat onlineygy. Buat kebutuhan sehari-hari, nggak ada salahnya kita belanja warung atau pasar di sekitar kita aja. Yah itung-itung sekalian support UMKM lokal juga lah.
  • Jangan lupa buat sedekah dan bayar zakat. Yep, poin ini perlu kamu inget banget ya, guys. Soalnya di bulan Ramadan ini, kita punya kewajiban buat menyedekahkan sebagian rezeki kita ke orang yang membutuhkan sekaligus membayar zakat sebelum lebaran tiba. Percaya deh, sedekah dan zakat yang kamu keluarin tuh nggak akan bikin rezeki kamu berkurang. Yang ada malah rezekimu bakal bertambah dari pintu-pintu rezeki lain yang nggak kamu duga sebelumnya.
  • Siapin anggaran mudik dengan baik. Last but not least, buat kamu yang anak rantau dan berencana mudik pas lebaran nanti, pastiin dulu tabunganmu buat mudik udah cukup yah. Nah, buat nambah-nambah budget mudik, kamu bisa mulai save dulu cuanmu lewat nge-cut berbagai outcome-outcome nggak penting kayak budget buat shopping dan hedon. Kalo hal ini bisa kamu lakuin, kan enak yaa besok mudik bisa sambil bawa oleh-oleh banyak plus salam tempel buat keponakan-keponakan hehehe.


Finally, your very cool weekly recs…

From you, to you.
Yep, udah minggu kedua ramadan, tentunya kebutuhan akan cool recs dari mimin meningkat karena kamu jadi harus exclude brunch cancik atau weekend lunch sama temen-temen kamu dari list kegiatan. Tapi worry not, because we got all the fun recs instead for you to enjoy the weekend. Let’s go!
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Yang lagi pengen boosting keimanan di bulan Ramadhan, you could start from a very well-known book: Secrets of Divine Love by A. Helwa. Beneran bagus banget karena kata-katanya puitis! @notsoearthy
  • Hii, kalau kalian lagi ngerasa not good enough sama diri sendiri, coba deh nonton channel YouTube namanya ‘Reflection of Life’, terus nonton yang judulnya The Beauty of LivingHope it helps you, guyss. We can get through this together. 🫂♥️ (Anon)
  • Sembari menyiapkan takjil untuk berbuka, bisa nih ditemani dengan lagu “number one.” Vibes-nya Ramadan banget, suara khas yang dimiliki Maher Zain bikin kita flashback mengenang masa kecil bersama ibu:). (Yoriii)
  • Buat diri menjadi lebih baik pas ngabuburit coba dengerin YouTube-nya Mas Adjie Santosoputro di bulan puasa ini upload “Ngudarasa 2024,” banyak refleksi diri tentang mental health. Videonya singkat tapi ngena banget!!! (vito_yoga)
  • The Eras Tour Movie is available on Disney+, guyss. Buat yang kemarin nggak kebagian nonton Eras Tour di Singapore atau nggak dapet cuti, sekarang kita udah bisa streaming di sana. (Anon)
  • Ini movie-nya udah cukup lama, tapi semua orang harus tau dan harus nonton MammaMia!! Seru pake banget, bukan typical romcom biasanya, dan ost-nya? If you know or like ABBA you will definitely fall in love with this movie. Super Trouper!! @prttia
  • Guysss, udah dengerin collab-nya Nasida Ria X JKT 48 – “Ramadan Kita belum?? Selain collab ini lumayan mindblowingsuprisingly lagunya juga enak pake banget, coy! Huhuhu jadi pengen liat mereka collab langsung dan bawain tuh lagu. Kapan ya.. @hsardhn
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

“If you look at what you have in life, you’ll always have more. If you look at what you don’t have in life, you’ll never have enough.” 
-Oprah Winfrey-

Thank you note


Thanks to Gladys, jenny, Tazty, and someone for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)