Friday Pause: It’s ok to be the light 💫

41

Good morning

Crazy that it’s already Friday again, rite? Well, whether you’ve had an OK, an average, or a bad week, we hope our email today will bring you a little smile. Because you deserve a good meme, tips, recs and other fun things to do. Happy weekend!

For the love of meme: When coffee gives you life…


Who’s singing “Ramadan Tiba, Ramadan Tiba, Ramadan Tiba…”Not only Iis Dahlia, all muslims are excited about Ramadan.

Ramadan is coming, guys! Iyess, jadi awal pekan ini, either Minggu, Senin, or Selasa besok tuh umat Islam di Indonesia bakal mulai menjalankan ibadah puasa dalam kurun waktu sebulan penuh. Tinggal nunggu hasil Sidang Isbatnya aja sih kapan dimulainya Ramadan tahun ini. Who’s excited? Gimana-gimana, grup-grup alumni SD, SMP, or SMA kamu udah pada rame belum sama bahasan bukber? Jangan-jangan kamu jadi salah satu panitia buat acara bukber itu juga yah?
 
Well, apapun rencana kamu di bulan Ramadan besok, mimin cuma mau ingetin kamu buat tetep inget sama esensi bulan Ramadan itu sendiri ygy. Soalnya yha Ramadan ini tuh jadi ajang farming pahala umat muslim yang event-nya berlangsung sebulan penuh. Jadi ya sebisa mungkin jangan bolong puasa tanpa alasan yang jelas, rutinin sholat tarawih, sama perbanyak ngaji juga deh yah.
 
Anyway, biar puasa kamu bisa lancar tahun ini, better seimbangin juga antara ibadah, rutinitas sehari-hari, serta kesehatan mental kamu selama Ramadan besok. Kalo semuanya bisa seimbang sesuai porsinya kan pasti enak juga yah ngejalanin puasa besok. So, buat kamu yang kepo gimana caranya nyeimbangin antara ibadah, rutinitas sehari-hari, serta kesehatan mental selama Ramadan, kamu bisa mulai terapin tips berikut.
  • Bikin rutinitas baru. First of all, kamu bisa mulai dengan bikin jadwal rutinitas baru, guys. Kalo biasanya kamu bangun jam lima then sholat Subuh dan tidur lagi, di Ramadan besok kamu perlu bangun sahur jam empat buat makan sahur dulu tuh. After sahur dan sholat Subuh, ada baiknya kamu ngelakuin aktivitas benefit lain deh macem ngaji or prepare kerjaan hari ini. Pokoknya ya dalam 24 jam itu, kamu coba bikin jadwal rutinitas yang mengalokasikan semua kegiatanmu mulai dari beribadah, bekerja, waktu nyantai, sampe istirahat.
  • Stay hydrated and nourished. Yep, selama puasa besok tuh umat muslim di Indonesia bakal menahan makan dan minum selama kurang lebih 13 jam. Jadi ya kamu perlu prepare nih tetep terhidrasi dan ternutrisi sejak terbit matahari sampe terbenam lagi. Makanya penting nih buat kamu bangun sahur dan mengonsumsi cukup air serta makanan yang bernutrisi. Ini biar kamu nggak lemes dan loyo selama kerja/kuliah sewaktu puasa.
  • Kasih waktu buat healing. Well, di tengah hectic-nya kerjaan kantor dan upaya buat tetep maksimalin ibadahmu di bulan Ramadan, sekali-kali kamu juga tetep perlu buat healing yah. Sekedar bukber sama bestie or ngelakuin hal-hal yang kamu suka udah lebih dari cukup kok buat kamu tetep waras.
  • Stay connected with others. Apapun problem yang mungkin kamu hadepin di bulan Ramadan nanti, please you can share it to others lho. Ngobrol or curhatlah ke orang-orang yang kamu percaya. Selagi itu nggak toxic mah gas terus aja. Toh lewat ngobrol atau curhat-curhat gitu, kamu pasti jadi punya perspektif baru dari orang lain soal apa yang mereka rasain dan gimana opini mereka soal kehidupan.
  • Jangan sampe stres. Nah ini penting nih. Meskipun berada di tengah bulan Ramadan dan target kantor yang perlu diselesein sebelum Lebaran, kamu tetep perlu buat manage your own stress. Coba lakuin beberapa hal yang emang kamu suka. Upaya meditasi or relaksasi gitu juga bisa jadi opsi juga sih biar stres kamu ilang.
  • Keep your boundaries. Yep, boundaries ini perlu banget biar ibadah, rutinitas sehari-hari, serta kesehatan mental selama Ramadan kamu tetep seimbang. Jadi coba tetepin dulu apa aja batasan kamu selama Ramadan bikin prioritas kegitan yang perlu kamu lakuin. You can say a big no to komitmen kerja berlebihan yang bisa jadi mengganggu waktu ibadahmu selama Ramadan.
  • Jadiin Ramadan event farming pahala. Last but not least, please tetep fokus buat jalanin Ramadan tahun ini dengan banyak ibadah dan ngelakuin hal-hal baik yah. Soalnya ya kita nggak pernah tau apakah tahun depan kita masih diberi kesempatan buat berjumpa sama bulan Ramadan lagi atau nggak. Lagian Ramadan tuh cuma setahun sekali, guys. Jadi, yuk bisa yuk maksimalin event ini buat jadi ladang amal kita.


Now, your favorite part of the email…

Advertisement

Our weekly recs!
 
From books, movie, podcast to drama series, we got all the recs here! All you need to do is scroll down…
 
But before…

Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!

  • Halo, aku mau rekomendasiin drakor lama yang bagus banget judulnya Doom at Your Service. Drakornya tuh gak ada yang jahat. Cuman keadaan yang jadi konflik setiap episodenya. Pelajaran yang bisa kita ambil dari drakor ini adalah gimana kita bisa menghargai hidup dan jadi makin baik setiap waktunya. Kita juga bisa jadi lebih sayang sama orang-orang yang berharga di hidup kita. (@adesofiarani)
  • Teka-teki Rumah Aneh by Uketsu! Bukunya tipis cuma 2000-an halaman tapi bakal membuatmu baca terus. Seru dan menegangkan banget berasa baca thread kisah horor atau teori konspirasi gitu. Setelah baca dijamin kamu bakal terkaget-kaget dan ga nyangka, “Kok bisa ya ada yang kayak gitu.” (Anon)
  • Buat kamu yang hobi or seneng banget main permainan papan, aku mau rekomendasiin satu akun Instagram yang asik banget bahas seputar boardgame dan cardgame gitu. Namanya Peek a Board. Akun ini tuh kayaknya dom Jogja-Solo sekitarnya gitu deh. Beberapa kali juga ngadain mabar alias main bareng boardgame/cardgame gitu. So, coba kepoin aja deh kalo kamu tertarik. (Dhifan)
  • Meskipun udah dari beberapa Minggu yang lalu film Agak Laen tayang di bioskop-bioskop Indonesia, film ini tuh baru mulai tayang di Malaysia dan Brunei per Kamis kemarin, guys. Buat yang belum nonton sih kataku mending buruan nonton deh. Udah pasti jaminan terhibur deh lewat jokes-jokes segar mereka. Pluss jumlah penonton film Agak Laen ini udah lebih dari delapan juta penonton dan lagi otw ke sepuluh juta. Jadi yuk bisa yuk sampe ke arah sana. (Obet)
  • Guysss, kamu perlu tau nih kalo brand Coach baru aja buka The Coach Restaurant & The Coach Coffee Shop di Grand Indonesia, Jakarta. Denger-denger sih, ada sekitar dua tahun buat brand ini nyiapin resto mereka. Kayaknya emang Coach ini lagi nge-branding kembali brand-nya di luar produk fesyen gitu deh. Tertarik buat nyoba ke sana? (Justin)
  • Jadi baru-baru ini aku baru selese baca novel judulnya Banyu Biru karya Ayu Dewi. Jujur aku baru tau kalo cerita di novel ini tuh namanya magical realism dan kayaknya aku happy banget baca novel jenis ini. Mirip-mirip kayak model cerita di novel Keajaiban Toko Kelontong Namiya gitu lho. Pokoknya 5/5 deh ini novel. (Nana)
  • Berhubung besok udah weekend lagi, aku mau ngerekomendasiin lagu “Menangisi Akhir Pekan” dari Jenny. Coba aja dengerin lewat platform apapun. Lagunya samsek nggak semelow judulnya, guys. Malahan semua lirik yang ada di lagu ini tuh berasa meaningful banget dan samsek nggak meromantisasi gitu. Padahal Jenny tuh dari Jogja lho, wkwkwk. (Arif)
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

“Believe you can and you’re halfway there.”
-Theodore Roosevelt-

Thank you note


Thanks to Someone, Ayas, and Ben K for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)
Advertisement