Friday Pause: Baby, I fall in love again 💕

38

Hello

Welcome to Friday! Yeay it’s finally the weekend again, and whether you’ll spend it at the ERAS TOUR or Ed Sheeran concert, we hope you’ll have a great time! Orrrr, if you’re going to just… stay in, remember that you always can add a little more fun with the content of this email. See it for yourself!

For the love of meme: When your favorite mantra is: “Kalau bisa nanti, kenapa harus sekarang?


When you are *actually* depressed, but you don’t realize you’re depressed…Stop right here.

Halo kamu-kamu yang penduduk +62 yang bebannya udah dipenuhi berbagai ekspektasi sejak bayi. Ekspektasi tertentu dari orang tua lah, lingkungan lah, keluarga besar lah, sampe kalo udah gedean dikit… pasangan dan kerjaan. Gimana? Cape ga? Cape dong! Nah guys, kadang nih, kalo udah depresi, kamu ngga nyadar loh kalo kamu itu sebenernya lagi mengalami depresi. Serius. Apalagi di dunia kerjaan.
 
Yep, sebagai orang dewasa, kamu pasti tahu bahwa kamu menghabiskan most of your time di kerjaan. Nah ketika kerjaan ini terasa sulit atau berat, atau ada faktor eksternal lain yang mempengaruhi, kamu tentunya akan mudah terkena depresi. Sayangnya…. kadang hal ini tidak disadari oleh kamu sendiri. Yep, misalnya kamu pas otw ke kantor stress terus, pas kerja ga enjoy, sering ngerasa sedih dan putus asa di kantor for no reason, biasanya kamu mikirnya, “Ah, it’s just a bad day. Lanjut kerja deh”.
 
Well, yang harus kamu tahu adalah, ini nggak bisa dianggap sepele, loh. Kalo hal-hal tadi kamu rasakan secara terus menerus setiap hari, bisa jadi sebenernya kamu lagi mengalami depresi. Makanya, kamu perlu tahu ciri-ciri depresi di dunia kerja. Sini sini, baca sampe akhir deh.
  • Kamu jadi males pulang, kerjaaaaa aja terus. Well, Kalo kamu atau temen kantor kamu ada yang kelewat rajin dan jadi yang paling profesional, bisa jadi ini termasuk kebiasaan kerja yang terindikasi depresi lho, guys. Jangan sangka dulu dia beneran berdedikasi sama pekerjaan. Bisa jadi doi serajin itu karena job ini sebagai pelampiasan sama depresinya di luar lingkup pekerjaan. Soalnya yha mungkin aja doi berangkat paling awal dan pulang paling terakhir karena lagi ada problem di rumah dan lagi berusaha ngehindarin masalah tersebut dengan terus memaksakan bekerja. Bisa jadi, mendapatkan validasi di dunia kerja itu dibutuhkan banget buat dia karena siapa tau mereka ngga mendapatkan itu dari hubungannya, misalnya.
  • Kamu jadi males ngobrol sama anak kantor. Kalo awalnya seseorang tuh seorang social butterfly yang nyambung sama siapa aja, terus tiba-tiba dia pendiem. Terus di meeting juga jadi ngga banyak speak up, bisa jadi orang ini lagi mengalami depresi, guys. Yep, ini karena salah satu ciri depresi adalah kamu mulai menarik diri dari dunia sosialmu.
  • Deadline jadi ke-skip mulu. Salah satu tanda kamu depresi juga adalah hilang fokus dan kemampuan berpikir tajam dan mengingat. Jadi kalo misalnya kamu ngeliat ada temenmu yang biasanya disiplin terus tiba-tiba jadi sering kelewatan deadline, bisa jadi it’s more than that. Yep, atau kamu sendiri nih, nyadar bahwa belakangan kamu  nggak cuma males, tapi kamu udah mulai molor dari deadline kerjaan dan telat dateng ke meeting-meeting kantor. Kalo udah gini, kamu bisa dibilang samsek nggak nikmatin kerjaanmu dan parahnya bisa jadi salah satu gejala depresi juga, guys.
  • Jadi gampang emosi. Well, penting buat kamu inget nih kalo depresi nggak cuma bikin kamu ngerasa sedih aja lho, guysSometimes depresi juga bikin kamu gampang banget buat tersinggung sama hal-hal kecil dan nggak penting. Contohnya gangguan suara air galon ngalir dari dispenser aja mungkin bikin kamu terganggu dan marah-marah ga jelas sama suara tersebut. Nah kalo misalnya kamu udah mulai sering marah-marah sama temen kantor, bos, bahkan OB, bisa jadi kamu lagi depresi. 
  • You lose the spark of working. Di awal-awal keterima kerja, pasti ada masanya kamu semangat banget nih dateng ke kantor dan mulai ngerjain setumpuk berkas. Bisa jadi karena emang kantor dan pekerjaan ini yang kamu impikan sebelumnya. Cuma seiring berjalannya waktu, mungkin kamu udah mulai ngerasa bosen dan feel enough banget sama kantor ini. Kalo udah gitu, bisa jadi perasaan ini termasuk perasaan depresi juga, guys.
So, kalo kamu mungkin ngerasa relate sama beberapa kebiasaan tadi, jangan langsung overthinking ygy. Percaya deh sama mimin, depresi yang mungkin kamu alami nggak harus kamu hadepin sendirian, kok. Pasti ada beberapa beberapa temen, keluarga, or bahkan terapis yang siap dengerin segala keluh kesah kamu. Selain itu, mimin juga ada beberapa cara nih untuk kamu keluar dari segala perasaan tadi.
  • Listen to your body. Yep, sebenernya cuma kamu sendiri yang paling tau kondisi tubuh kamu sekarang ini. Kalo misal selama kerja kondisi tubuh kamu jadi makin lesu, berat badan berkurang nggak normal, or sampe tipes, well itu udah jadi sign dari tubuh kamu kalo ada yang salah sama pola kerjamu. So, jadi lebih peka yuk ke tubuh kita sendiri. Soalnya ya cuma itu yang bisa dalam arti sebenarnya menopang tubuh kamu.
  • Tumpahin semua yang kamu rasain. Talk is everything, guys. Ngomong. Kalo kamu ngerasa desperate banget sama kerjaanmu, kamu bisa langsung cerita aja ke temen deket, keluarga, or siapapun deh yang emang kamu percaya. Percaya deh, respon orang yang udah kamu percaya ini tuh bakal nguatin kamu dalam beberapa hal. 
    Advertisement
    At least segala keluh kesah kamu di kantor bisa didengerin orang lain aja tuh rasanya udah syukur banget.
  • Seek professional helpPlease, jangan pernah sepelein depresi yah. Kalo emang yang kamu ngerasain beberapa tanda yang mengarah ke depresi, it’s okay to seek professional help alias terapis. Mereka yang profesional ini ofc udah berpengalaman dan legit ngadepin beberapa cases depresi baik secara teori atau praktik. So, nggak perlu ragu sih buat cari bantuan ke terapis soal kesehatan mental yang mungkin kamu alamin.
  • Cari tahu trigger-nya. Kalo kamu udah curhat ke temen dan dateng ke terapis, sekarang waktunya kamu evaluasi diri nih. Sebenernya masih worth it nggak sih buat kamu kerja di sana. Yha kalo justru kerjaanmu memperburuk gejala depresi yang kamu punya, better emang kamu perlu ngobrol baik-baik sama HR-nya sih. Sampein apa aja yang kamu rasain dan coba cari titik tengah bersama-sama antara kamu dan kantor tempat kamu kerja.


Now, to sparks up your March weekend…

We’re on the third month of 2023 now! If it feels like just another weekend, hold that thought and scroll down!
 
But before…

Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!

  • Mau rekomendasi buku memoir pertama yang kubaca, yaitu I’m Glad My Mom Died karya Jennette McCurdy. Buku ini benar-benar menggambarkan hubungan ibu dan anak, serta bagaimana peran keluarga yang ternyata punya efek yang sangat besar pada kehidupan anak, mulai dari efek positif hingga negatif. Recommended(Anon)
  • Haloo, buat teman-teman yang sudah/akan/tertarik menonton film dokumenter EKSIL, atau tertarik dengan isu tersebut. Aku mau merekomendasikan buku tentang eksil berjudul Yang Tak Kunjung Padam karya Soe Tjen Marching.  (Anon)
  • Untuk kamu yang ingin menjadi published author atau mau berkarir di bidang penulisan kreatif, tapi bingung harus mulai dari mana, aku sarankan untuk baca artikel “Four ‘Types’ of Creative Writing ‘Careers‘” dari Tony Tulattimuthe, penulis novel Private Citizens. Di artikel ini, beliau menjelaskan dengan cukup rinci ada empat opsi yang bisa kita pilih dalam usaha membangun karir menulis. Namun, disesuaikan saja ya dengan konteks Indonesia. Soalnya kan Mas Tony penulis Amerika, jadi case yang dipakai berdasarkan pengalaman dia menjadi penulis di sana. (@woopal_na)
  • Udah sering denger cerita seorang pahlawan dan party-nya nempuh perjalanan buat ngalahin raja iblis? Gimana kalau cerita tentang party itu tapi setelah perjalanan mereka selesai? Frieren: Beyond Journey’s End, bercerita tentang Frieren, seorang elf yang merupakan anggota party itu, yang menempuh perjalanan baru 50 tahun kemudian setelah raja iblis dikalahkan. Banyak momen lucu, seru, sedih dan nostalgia yang bakal bikin tiap episode itu kerasa begitu spesial. Visual dan ost nya keren abis, bikin kalian nggak akan nyesel buat nikmatin tiap detiknya. Langsung aja cuss ke kanal YouTube Muse Indo atau streaming platform fav kalian. Btw, don’t forget tissues, you will need one:). (Anon)
  • Buat yang merasa lelah boleh lho dengerin lagunya Kunto Aji judulnya “Rehat“. Liat di YouTube yang Official Music Video dan jangan lupa baca sampai habis tulisan di MV-nya ya. Semangat kalian! (Bila)
  • EP barunya Aruma yang judulnya “Bertumbuh“. Bagus bangett ada lima lagu di situ termasuk “Muak” yang kamu sering dengar itu juga masuk ke EP ini. Dengerin, deh. Oh fyi, Aruma ini rising star di Indonesia dan patut diperhitungkan, lo. Di AMI kemaren dia dinobatkan sebagai Penyanyi Pendatang Baru Terbaik. So talented! (Anon)
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

“Regardless of who wins, an election should be a time for optimism and fresh approaches.” 
-Gary Johnson-

Thank you note


Thanks to Ayas and Ben K for buying us coffee today!
 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)
Advertisement