Air Mineral Kemasan Tidak Sehat

29

When bottled water is your best friend…Here’s a (not so) fun fact about it.

Guys, kalau kamu pikir minum air mineral tuh udah paling bener dan udah paling sehat, studi yang dilakukan oleh para researchers dari Columbia University dan baru aja di-publish Januari lalu ternyata menunjukkan kebalikannya.
 
Soalnya nih, dalam satu kemasan air mineral, ternyata mengandung 240.000 partikel plastik dari tujuh jenis plastik. Ukurannya kechylll banget, nanoplastik gitu, yang bahkan nggak bisa keliatan dari mikroskop.
 
Tapi meskipun berukuran kecil, bahayanya nggak main-main nih, guys. Iya, nanoplastik ini bisa bermigrasi melalui jaringan saluran pencernaan atau paru-paru ke dalam aliran darah, menyebarkan bahan kimia sintetis yang berpotensi berbahaya ke seluruh tubuh dan ke dalam sel. Dalam melakukan penelitiannya ini, para researchers tadi mengambil sampel 11 brand air mineral yang dijual di sembilan negara, dan hasilnya semua mengandung nanoplastik.
 
Speaking of nanoplastik, kamu harus tahu juga bahwa sebelumnya, mereka nggak bisa dianalisis karena saking kecilnya. Nah, baru sekarang nih ada teknologi baru yang bisa ngeliat, menghitung, dan menganalisis si nanoplastik ini. Adapun bahaya dari nanoplastik adalah karena begitu kecil, mereka bisa masuk ke tubuh dengan mudah dan masuk ke aliran darah, terus bisa berakhir di ginjal, liver, otak, bahkan janin bayi. Hiks… serem banget kan?