Salam 4 Jari Ramai di Media Sosial

45

Now, when you think the election couldn’t get any dramatic…

Everybody meet, salam 4 jari.
Panggilan kepada swing voters di manapun berada. Apakah kalian masih galau, guys? Kalau foto masih suka bingung mau jarinya di angka satu, dua, atau metal yaaa? Oh, atau mau empat jari aja sekalian? Serius. In case you’re not following, sekarang ini lagi rame soal munculnya gerakan empat jari di media sosial. Mari kita bahas.

Tell me.
Jadi as we all know Pilpres yang tinggal dua mingguan lagi ini kan menghadirkan tiga paslon ya, guys. At this point kamu juga pasti udah khatam lah 01 siapa, 02 siapa, sama 03-nya siapa, lol. Nah pertanyaannya sekarang, kamu udah tahu belum mau nyoblos nomor berapa 14 Februari ntar? Atau masih bimbang nan ragu? Atau nih, kamu belum tahu siapa yang mau dicoblos tapi udah tahu siapa yang NGGAK BAKAL KAMU COBLOS?

Agak di pinggir jurang ya, min…
Ya kan NANYA aha eheheheehe. Intinya sebagai law-abiding citizen yang cerdas dan cermat, tentu kamu banyak melakukan riset soal para paslon dong ya. Nah dari hasil research kamu itu, most likely kamu bakal tahu nih “Oke kayanya gue skip paslon yang ini, deh.” Alasannya ya macem-macem. Bisa karena track record mereka, atau orang-orang di belakang mereka, atau visi misi dan program kerjanya yang nggak masuk sama kamu. Nah balik lagi paslon kita kan tiga nih. Skip satu, sisa dua dong. Duanya siapa sama siapa coba? Hah? Apa? 01 sama 03? Nah orang-orang yang lagi ada di posisi ini sekarang lagi memperkenalkan yang namanya ‘Salam 4 Jari’, guys.

Lah paslonnya aja cuma tiga…
Justru itu poinnya. Satu tambah tiga berapa coba? Yak, empat eheheh. To give you some background nih, gerakan salam empat jari ini emang sengaja dipopulerkan buat memprovokasi orang-orang supaya nge-skip paslon 02 alias Prabowo-Gibran, guys. Jadi diarahinnya ya kalau enggak 01, ke 03, gitu. Adapun disampaikan oleh pelopornya, John Muhammad namanya, paslon 02 ini nggak layak dipilih dan harus dihindari. Makanya, butuh kekuatan yang lebih besar supaya 02 nggak menang Pilpres. Akhirnya dibentuklah gerakan yang lebih solid antara 01 sama 03 gituu.

Jadi bersatu gitu ya? 
Iya, tujuannya itu. Tujuannya biar 02 nggak menang satu putaran sesuai keinginan mereka. Terus kalau udah di putaran kedua, 02 juga bisa kalah suara since 01 sama 03 juga udah bersatu. Intinya, core dari gerakan empat jari ini adalah #AsalBukanPrabowo dah gitu. Kayak yang rame tuh di media sosial.

Jatohnya black campaign nggak sih?
Kalau kata John sih nggak ya, guys. Soalnya kalau black campaign tuh kan meaning kita ngomonginnya udah sampe hoax atau hate speech gitu buat jatuhin lawan. Nah, John di sini ngeliatnya gerakan empat jari ini nggak ke situ, guys. Tapi kampanye negatif sih iya, katanya gitu. Lebih jauh, John juga menilai nggak ada aturan yang dia langgar di sini. “Karena gerakan tidak mendukung dan mendukung, itu sama nilainya,” katanya gitu. Bawaslu sendiri sampai sekarang masih mempelajari lebih lanjut sih terkait gerakan empat jari ini. Jadi ya, gimana gimananya, diomongin nanti eheheheh.
Advertisement

Ok. Did anyone say anything?
Oh jelas ada. So far sih 02 santuy ya guys menanggapi fenomena ini. Direktur Jubir TKN Prabowo-Gibran, Viva Yoga Mauladi bahkan menyebut salam empat jari ini nggak ada pengaruhnya buat mereka. Nggak ada pengaruhnya juga buat elektabilitas Prabowo-Gibran kalau kata Bang Viva. The same thoughts were also spoken by Ketua TKD Prabowo-Gibran Jawa Barat, Ridwan Kamil. Menurut Kang Emil, ya bebas aja sekreatif mungkin mau kampanye gimana. Yang joget, yang gerakan tangan, dll. Tapi kalau dari 02 sendiri, Kang Emil bilang pihaknya tetap optimis bisa menang dalam satu putaran.

Kalau dua kubu sisanya? Mau tuh gabung?
Well, soal itu juga. Yang harus kamu tahu adalah, sampai saat ini, 01 sama 03 tuh masi terus komunikasi lo, guys. Iya, disampaikan oleh Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud, Yenny Wahid, dua kubu ini sekarang masih intens komunikasi since mereka aware banget Pilpres dua putaran bisa aja kejadian. In that sense, Mbak Yenny sih bilang pendukung tiga paslon ini punya berbagai titik kesamaan. Sama-sama berjuang bagi demokrasi, sama-sama gelisah, katanya gitu.


HMM okay…
Nah kalau dari 01, ya kurang lebih sama. Cawapres mereka, Muhaimin Iskandar juga merespons positif kan gerakan empat jari ini. Cak Imin bahkan bilangnya kemaren semoga gerakan ini bisa berdampak positif terhadap elektabilitasnya AMIN, plus bisa memenangkan perubahan. Jadi, ya gitu deh. Terus soal potensi gabung sama 03, dari beberapa waktu lalu Timnas AMIN tuh udah kasih statement bahwa mereka nggak mau berspekulasi terlalu dini, guys. Kayak, “Sabar dulu broooow,” gitu. Ya iya, secara masing-masing paslon juga lagi fight buat menang satu putaran kan. Jadi ya gitu deh.

Anything else I should know? 
FYI soal salam empat jari, did you know selain makna 1+3=4, ada makna lain yang tersirat di angka empat ini, guys? Nih mimin spill. Diantaranya: Simbol membela Sila ke-4 Pancasila: “Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan” yang berarti dari, oleh, dan untuk rakyat (demokrasi) melalui musyawarah-mufakat. Terus, isyarat internasional untuk tanda bahaya dan/atau meminta pertolongan. Sama simbol asa kekuatan politik baru (ke-4) yang lebih progresif melawan oligarki dan politik dinasti.
 
HMMMM thoughts?
Advertisement