Pemilu Flash 22 Januari 2024

52

First stop. It’s time for Pemilu Flash!On the debate last night.

Halo halo berisik banget pada ngomongin apaan sih? Oh? Debat Cawapres semalem? Ehehehe ya gitu deh, guys. Mimin juga mau ngomongin itu nih tudei. Jadi buat kamu yang semalem ke-skip terus buka sosmed tahu-tahu netizen udah rame aja tanpa kamu tahu konteksnya. Atau buat kamu yang nonton tapi pengen di-rewind lagi soal kejadian semalem. Oh, atau kamu yang pengen tahu ada juga cerita apa di balik layar debat semalam. You know the drill, rite? Scroll down deh…

  • Debatnya bahas apasiii? Dalam debat cawapres kedua yang berlangsung semalam di Jakarta Convention Center aka JCC. Tiga cawapres: Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Prof. Mahfud MD pun kemaren berdebat ngebahas Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa. Ok ya? Clear ya? Sekarang kita bahas substansi debatnya.
  • Ini words of the night-nya…. 1) Hilirisasi, 2) Mafia, 3) ofc, the one and only.. ETIKA. :)))) Yep, ketiga cawapres tuh semalam mencoba untuk bersikap firm ke apa yang mereka bawa from the first place gitu lo. Adapun detailnya kayak gini nih….
  • Gini gini… Kayak Mas Gibran misalnya, yang bahkan bilangnya, “Saya tidak akan bosan-bosannya membahas hilirisasi.” Karena menurut Mas Gibran dan tim 02, hilirisasi ini ya solusi, guys. Yang patutnya dilanjutkan dan diperluas dengan cari titik tengah dari semua masalah yang ada. Terus Pak Mahfud juga punya concern-nya sendiri, which is sekarang banyak mafia. Terutama sektor lingkungan dan tambang. In that sense, nyambung lah ke Cak Imin yang ngomongin etika. Termasuk etika lingkungan. Sampe disuruh ‘Tobat Ekologis’ gatu…
  • Kayak pernah denger istilah Tobat Ekologis….You heard it right. Tobat ekologis ini is none other than seruannya Paus Fransiskus, guys. Dimasukin sama Cak Imin dalam konteks krisis iklim. Adapun dalam tobat ekologis, Paus Fransiskus mengingatkan ke kita semua ada posisi agak rawan di masa depan, makanya disuruh tobat, gitu lah kira-kira. Selain itu, Cak Imin dan Pak Mahfud juga ngebahas ayat Alquran, “Telah terjadi kerusakan di darat dan di laut karena perbuatan tangan manusia.” Makanya harus kembali ke  jalan yang benar. Sama lah intinya.
  • I heard something about Gibran….. Nah Gibran ini yang lagi diomongin seantero internet, guys. Sampe trending di X nggak tu. Yep, yaitu soal sikapnya ke Cak Imin dalam debat semalam, gengs. Sampe Tom Lembong batuk-batuk dah tu namanya disebut ehehehe. Terus ke Pak Mahfud juga. Sikap Mas Gibran ke Pak Mahfud semalem tuh dinilai kayak… “Ehem. Kayaknya ada gimmick yang lebih lucu dari ini sih, Mas. Kalau pun ini gimmick yaaa ehe ehe he.”
  • Habis SGIE, terbitlah LFP dan Greenflation.  Nah ini istilah yang semalam ditanyain Mas Gibran ke kedua lawannya, guys. Kita mulai dari LFP yah. Jadi LFP ini stands for Lithium ferro phosphate, suatu kebijakan mengganti nikel ke baterai sebagai bahan baku kendaraan listrik. LFP ini sering banget diomongin sama Co-Captain Timnas AMIN, Tom Lembong di berbagai forum, guys. Jadi di-make sure lah sama Mas Gibran, “Jadi 01 mau anti-nikel nehh?” Cak Imin sempat belokin ke etika tuh di situ. Cak Imin bahkan bilang, “Di sini tuh bukan tebak-tebakan definisi lho, Mas. Tapi levelnya udah adu gagasan, adu ide. Apa jangan-jangan ijazah kita palsu di sini?” Terus di-counter deh sama Mas Gibran, “Yahh timsesnya di mana-mana ngomongin LFP, cawapresnya nggak diajak. Cawapresnya nggak ngerti.” Abis itu udah, Cak Imin jawabnya udah normatif lagi setelahnya.
  • Still ngomongin Tom Lembong… Waktu ngomongin Pembangunan Bioregional. Cak Imin tuh kan awalnya yang nanya. Dijawab sama Mas Gibran, “Nggak boleh lagi jawasentris. Harus indonesiasentris perhatiin AMDAL.” Pokoknya gitu. Nah menurut Cak Imin, Mas Gibran nggak jawab pertanyaan, guys
    Advertisement
    . Jadi menurut Cak Imin pembangunan bioregional tuh ya yang di Maluku, di Papua, kayak gimana. And, Mas Gibran be like, “Gus, itu namanya pemerataan pembangunan. And that’s exactly what I said gasi? Mungkin Gus Muhaiminnya aja yang gapaham sama pertanyaannya. Dapet contekan dari Tom Lembong mungkin itu” :)))). Meanwhile, on the other side, Tom Lembongnya sendiri sih asik aja nge-tweet momen dia diminta jawab pertanyaan sama Presiden Joko Widodo. (Fyi. Tom Lembong juga dikenal jadi salah satu speechwriter-nya Pak Jokowi, guys). Ehehehehe.
  • Now, on Mas Gibran VS Pak Mahfud…. Sekarang kita ngomongin greenflation ygy. Inflasi hijau kalau kata 02. Ditanya tuh kan ke Pak Mahfud. Pak Mahfud jawab bener, yang intinya bahas ekonomi hijau dan diatur dengan kebijakannya. Terus tebak reaksi Mas Gibran? Yep, doi gimmick celingak-celinguk as if nyari sesuatu gitu, guys. Iya, “Saya lagi nyari jawabannya kok ga nemu-nemu ya.” Terus di-counter dong sama Pak Mahfud, “Saya juga ingin mencari jawabannya ngawur juga tuh. Ngarang-ngarang nda karuan,” katanya. Pak Mahfud bahkan sampai bilang pertanyaan ini nggak layak buat dijawab. Makanya langsung dikembalikan ke moderator saat itu juga. Ehehehehe.
  • Sikap kritis atau emang nggak sopan? Nah ini yang jadi concern-nya banyak pihak menanggapi langkah Mas Gibran semalem, guys. Well, kalau menurut politisi, yang sekarang jadi Stafsus Kementerian BUMN, Tsamara Amany. Menurut Sis Tsamara (Eh), ada standar ganda di sini, guys. Iya, kalau yang tua bersikap keras dan kritis ke yang muda tuh biasa aja, tapi kalau sebaliknya, anak muda bersikap keras dan kritis ke orang tua, malah dianggap nggak sopan. Netizen pun makin ke-trigger lah di sini. Salah satunya Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Alissa Wahid yang ngeliatnya justru Sis Tsamara ini nggak bisa bedain sikap kritis sama merendahkan.
  • Cak Imin gimana Cak Imin…. Last but not least, let’s go back to Cak Imin, shall we? Cak Imin sendiri udah pelukan erat banget sama capresnya, Anies Rasyid Baswedan. Puas banget Abah sama performa wakilnya itu. Bahkan, Cak Imin dianggap sukses comeback di debat ini, guysThat being said, fans-fans-nya AMIN di X pada heboh dong tuh. Cak Imin sendiri bahkan langsung nagih janji minta dibuatin videotron sama kayak Pak Anies, dan batal diculik ke Rengasdengklok.
  • Candaan netizen itu mah… Ehehehehe, ytta aja sih, guysAs we all know beberapa waktu lalu kan rame banget videotronnya Pak Anies kan sempat rame tuh ya di-handle sama Olppaemi Project. Meaanwhile, dari kemaren belum keliatan tuh hilal Cak Imin mau dibikinin juga videotron. Dan debat semalam inilah jadi pembuktian seorang Muhaimin Iskandar, lol. Iya, netizen di X tuh ngomongnya gini, guys, “Kalo di debat Cak Imin blunder lagi (most likely kayak debat cawapres pertama kemaren), maka dia bakal diculik ke Rengasdenglok, ala ala Soekarno mau diculik buat umumin kemerdekaan giu lo. Tapi kalau ternyata bagus, maka bakal dibikinin deh tuh videotron.” That being said, karena performanya oke nih semalam, jadi ditagih deh tuh ehehehehe.
Advertisement