Friday Pause: CMU! Wrapped 2023!

57

Welcome

Crazy how 2023 went, rite? In total, we’ve sent you 260 emails this year, with only 3% of all you unsubscribed. So really, thank you so much for sticking with us this far. Thanks for trusting us, for buying us coffee, giving us shoutouts, and telling your coworkers to subscribe to our cool newsletter. Cheers for a better, bigger, greater year ahead!

CMU! Wrapped 2023 is here!2023 has been quite a year dengan berbagai kejadian yang terjadi selama 12 bulan ke belakang. From disasters to wars. From wars to genocide. And from soccer to politics. Apa sepak bola bisa disangkut pautkan dengan politik? We never know EHEHEHEHE. So everybody, meet, the one and onlyCatch Me Up! Wrapped 2023.

Januari:

  • Perppu Cipta Kerja.  Perppu Cipta Kerja yang super kontroversial disahkan. Banyak penolakan dan unjuk rasa, but the govt be like, “Gas terus!!” Nah sekarang, semua urusan pekerjaan kamu diatur dalam UU Nomor 6 Tahun 2023.
  • Pembakaran Salinan Alquran di Swedia. Di bulan ini juga, ada politikus Swedia gabut namanya Rasmus Paludan yang melakukan aksi membakar salinan kitab suci Alquran. Hal ini dilakukannya sebagai bentuk protes atas rencana Swedia buat gabung ke NATO atas dorongan dari Turki. Hal ini bikin Swedia (dan Denmark, karena si Paluden bakar di kedua tempat) diamuk banyak negara muslim. Terus karena Paluden ngulang terus aksi pembakaran ini, pemerintah Denmark sampe ngeluarin aturan yang melarang pembakaran Alquran. Karena kayak, males ugha dimusuhin sama banyak negara cuma gara-gara ni orang magabut satu.
  • Spill Drama Kerajaan Lewat ‘Spare’ by Prince Harry. Yep, adiknya Pangeran William ini menerbitkan buku Spare yang dia tulis dan rilis Januari kemaren. Di buku itu, banyak banget drama kerjaaan Inggris yang di-spill Prince Harry. Mulai dari hubungannya sama abangnya, hubungannya sama bapaknya aka King Charles III, dan drama Meghan Markle VS Kate Middleton. Kamu udah baca belom?

Februari:

  • Vonis Hukuman Ferdy Sambo and The GangThe guy of the headline aka Ferdy Sambo akhirnya dijatuhi vonis hukuman mati. Udah pada rame, kayak woeee polisi dihukum matiii? Eh, taunya bandingnya dikabulkan dan kini Sambo cuma menjalani hukuman seumur hidup. Surprised, but not surprised.
  • Gempa Turki – Suriah. Di bulan ini juga, wilayah Turki – Suriah dilanda gempa dengan kekuatan 7.4 magnitudo. Kerusakannya parah banget, dan korban meninggal mencapai 59.259 orang. Lalu 297 lainnya dinyatakan hilang, dan ribuan bangunan harus rata dengan tanah. Bencana ini bahkan disebut jadi bencana paling mematikan di Turki di masa modern sekarang.
  • Susi Air Dibakar Kelompok OPM di Papua. Sad news yang sampe sekarang belum ada solusinya karena sang pilot masih ditawan OPM. Jadi di bulan ini, pesawat Susi Air SI 9368 mendarat di Bandara Paro, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan. Pesawat ini diketahui sengaja dibakar sama Kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Egianus Kagoya. Terus, kapten pilotnya, atas nama Kapten Philips Max Mehrtens masih disandera sampe sekarang. TNI kita be lyke, “Kita bebaskan lewat jalur damai!” And OPM be lyke, “Gue bebasin tapi Papua harus merdeka!”

Maret

  • Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah World Cup U-20The drama that lasts. Yep, World Cup U-20 yang akhirnya batal digelar di Indonesia karena ada Timnas Israel yang ikut dalam peserta pertandingan. As you know, salah satu tokoh yang menolak adalah  Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.
  • Mario Dandy Satriyo’s case. Si bocah 20 tahun anak mantan pejabat Kemenkeu yang malem-malem nyamperin David Ozora dan gebukin doi sampe tergeletak nggak berdaya karena urusan cewek. Tindakan Dandy pun langsung diproses secara hukum dan ga cuma membuka fenomena anak pejabat yang arogan, tapi juga menjadi titik terang penyelidikan kasus korupsi-korupsi dan suap di lembaga bendahara negara tersebut.
  • Era’s Tour Kicked Off! Konser terakbar dan terkeren sepanjang masa (no objection, thanks) resmi dimulai. Taylor Swift menggelar konser pertamanya ini di Glendale, Amerika Serikat. Abis dari US, konser ini lanjut ke Amerika Latin, Asia, dan Eropa.
  • Xi Jinping Again and Again Jadi Presiden China. Yep, Presiden China Xi Jinping Maret lalu resmi ditetapkan jadi Presiden China untuk periode ketiganya. Di China yang negara komunis sih, praktek begini lumrah guys, secara Jinping itu pemimpin partai, jadi otomatis pemimpin negara juga. FYI, beliau udah udah menjabat sejak 2013 dan nambah lagi lima tahun.

April

  • Rafael Alun Tersangka KPK. Anaknya mukulin orang, bapaknya ternyata dikulitin juga dong. Now everybody meet. Dalam hal ini,  bapaknya Mario Dandy, Rafael Alun Trisambodo yang merupakan mantan Kepala Bagian Umum DJP Kanwil Jakarta Selatan II Kementerian Keuangan diduga menerima duit gratifikasi. Dan nggak cuma gratifikasi, Rafael juga kemudian jadi tersangka Tindak Pidana Pencucian Uang aka TPPU.
  • Jamaah Masjid Al-Aqsa Ditangkap Israel. Lagi bulan puasa, si Israel ini malah melakukan serangan ke Masjidil aqsa, di mana banyak muslim Palestina lagi beribadah. Akibat serangan ini, 400 warga Palestina ditangkap dan bikin Israel menuai kecaman dari negara lain.
  • Fix! Pemilu 2024 Jadi Nih. Iya guys, sebelum akhirnya kita sampai ke tahapan sekarang, kamu perlu inget bahwa di April tahun lalu, sempet ada usaha bikin pemilu ditunda. Adalah Partai Prima yang menggugat ke pengadilan supaya tahapan Pemilu 2024 ngga dilanjutin soalnya proses penetapan partai pesertanya bermasalah. Gugatan ini sempet dikabulkan sama PTUN Jakarta Pusat, tapi kemudian dibatalkan sama Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Jadi deh kita pemilu!

Mei

  • Penobatan King Charles III. Yep, setelah mommy-nya meninggal, King Charles III resmi jadi pemimpin monarki Inggris yang baruIn that sense, anak tertuanya Charles alias Prince William juga resmi jadi pewaris tahta selanjutnya, dan dinobatkan sebagai Prince of Wales.
  • Mega Korupsi BTS 4G. Again, surprised, but not surprised adalah terungkapnya kasus korupsi internet BTS 4G dengan total kerugian mencapai Rp8,32 triliun. Tersangka pelakunya siapa? Yak, Menteri Kominfo pada saat itu, Johnny G. Plate. Doi kemudian divonis 15 tahun penjara, denda Rp1 miliar, dan kewajiban bayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp15,5 miliar. Sekarang sih, doi lagi banding, guys.
  • SEA Games 2023 Digelar. Yep, pesta olahraga se-Asia Tenggara itu diadakan di Kamboja, dan Indonesia jadi juara tiga di bawah Vietnam dan Thailand.

Juni

  • Status Pandemi Covid-19 Dicabut. Yeyyy, happy. Pertengahan tahun 2023 kemaren, Presiden Joko Widodo resmi mencabut status pandemi Covid-19 di Indonesia berubah jadi endemi. That being said, semua protokol kesehatan yang berlaku di masa pandemi at least nggak diharuskan lagi. And that’s when aaaaalll the concerts era began.
  • Belanda Akui Kemerdekaan Indonesia di 1945. Si kumpeni penjajah ini sebenernya udah lama rese nggak mau mengakui kemerdekaan Indonesia itu di 17 Agustus 1945. Versi halu mereka ya Indonesia tuh merdeka 27 Desember 1949, sesuai disepakatinya Konferensi Meja Bundar. Tapi akhirnya setelah berbagai upaya diplomasi dan diskusi sana-sini, maka di Bulan Juni, Perdana Menteri mereka, Mark Rutte akhirnya mengakui secara penuh dan tanpa keraguan bahwa kemerdekaan Indonesia itu ya 17 Agustus 1945.
  • Jakarta Jadi Kota dengan Kualitas Udara Terburuk di Dunia. Yoi guys, di bulan ini, khususnya pada 15 Juni, ibu kota DKI Jakarta resmi jadi kota dengan kualitas udara terburuk di dunia versi IQAir index. Menanggapi kondisi ini, Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono bilang: Ya saya tiup aja. EHE. EHE.
  • Advertisement
Juli
  • DPR Mengesahkan RUU Kesehatan. Terbitnya UU Kesehatan ini juga menuai pro dan kontra khususnya di kalangan Nakes, karena beberapa pasal yang dinilai bermasalah. Misalnya, soal mudahnya para nakes dikriminalisasi, ribu-ribut soal organisasi profesi, dan penyusunannya sendiri yang dinilai ngga memenuhi asas keterbukaan alias nggak transparan.
  • Carlos Alcaraz Menang Wimbledon. Yep, untuk pertama kalinya dalam sejarah, pemenang turnamen tenis bergengsi ini bukan the big four (Novak Djokovic, Roger Federer, Andy Murray dan Rafael Nadal) sejak 2002. Alcaraz sendiri memastikan kemenangannya setelah mengalahkan Djokovic di final.
  • Twitter Rebranding Jadi X. Need we say more?
Agustus
  • Panji Gumilang Tersangka Dugaan Penistaan Agama. Di bulan ini, pemimpin Ponpes Al-Zaytun, Panji Gumilang ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan penistaan agama dengan ancaman maksimal 10 tahun penjara. Beberapa hal yang bikin gaduh soal ponpes yang terletak di Indramayu, Jawa Barat ini adalah salat yang nyampur antara cewek sama cowok, perempuan yang bisa jadi khatib Salat Jumat, sampe klaim Panji Gumilang soal kitab suci Alquran tuh bikinan Nabi Muhammad dan bukan firman Allah langsung. Tapi ya meskipun udah ditahan, pas itu sih Ponpes Al-Zaytun tetep dibuka, guys. Pemerintah bilang, yang salah tuh pemimpinnya aja, lembaga mah nggak ada masalah.
  • Barbie Film Joins One-Billion Dollar Movie. One of the most iconic movies in 2023, ya tentu saja Margot Robbie dkk. Yep, film ini jadi film yang meraup keuntungan sampai USD1 milyar. Pencapaian ini bikin sutradara Barbie, Greta Gerwig juga jadi sutradara perempuan pertama yang meraih prestasi ini.
  • Kebakaran hutan di Hawaii yang parah banget. Yep, kebakaran yang melanda Hawaii di Amerika Serikat disebut sebagai kebakaran paling mematikan di sejarah US karena sampai membunuh 114 orang dan menghanguskan area seluas 6.880 hektar
September
  • Kebakaran Sabana Gunung Bromo. Ini dia foto prewed yang paling bikin rusuh satu negara. Yep, aksi foto prewed pake flare di Gunung Bromo milik pasangan asal Jawa Timur ini berakhir di kantor polisi karena menyebabkan percikan api yang membakar savana yang ada di Bromo. Little did we know, apinya membakar area sampe lebih dari 200 hektar, manajer wedding organizer -nya jadi tersangka, hingga warga di enam desa yang jadi krisis air bersih karena peristiwa ini. Hadeuuu…
  • Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar Resmi Diumumkan Bakal Capres-Cawapres. Yep, di bulan ini untuk pertama kalinya bakal capres-cawapres muncul dan diumumkan ke publik. Pasangan yang later on disebut AMIN itu diusung oleh Nasdem, PKS dan PKB setelah sebelumnya Partai Demokrat drama-drama bete AHY ngga jadi cawapres dan memutuskan hengkang dari koalisi.
  • Taman Mini Indonesia Indah (TMII) upgraded version diresmikan.
  • Protes Mahsa Amini di Iran. Aksi protes berbulan-bulan dimulai pada September, ketika seorang perempuan namanya Mahsa Amini meninggal di tangan “polisi moral” yang bilang bahwa jilbabnya Mahsa ngga “sesuai aturan”. Gara-gara ini, beliau kemudian ditahan dan tau-tau udah meninggal tiga hari kemudian. Kata polisi sih, dia sakit aja, tapi saksi mata melihat dia dipukulin abis-abisan oleh para polisi ini. Warga Iran yang mikir, “Enough is enough!” kemudian turun ke jalan untuk memprotes aksi ini dan mendesak pemerintah supaya hak-hak hidup perempuan dilindungi. Bare minimum banget gatu permintaannya.

Oktober

  • Agresi Israel ke Gaza, Palestina Dimulai. Serangan yang sampe sekarang belum selesai ini bisa dibilang mulainya tuh sejak 7 Oktober lalu. Diawali dari surprise attack yang dilancarkan pasukan Hamas ke wilayah Israel Selatan, kini udah puluhan ribu masyarakat Palestina yang dibunuh pasukan Israel.
  • Kereta cepat Jakarta-Bandung Whoooosh Resmi Launched. Calling all pejuang LDR yang kini bisa cusss dari ibu kota ke kota Bandung cuma dalam waktu 30 menit aja.
  • MK ‘Loloskan’ Gibran Jadi Cawapres. And the rest is history.
November
  • Konser Perdana Coldplay di Indonesia. Dari Babang Chris Martin yang mau Pinjem dulu seratus, foto doi yang lagi jalan-jalan santuy di Sudirman, penonton yang ketipu calo, penolakan ormas akibat isu LGBT sampe gelang konser yang ga dibalikin. Welcome to Indonesia, Babang Chris!
  • Warga Aceh Tolak Kedatangan Pengungsi Rohingya. Keberadaan pengungsi Rohingya di Aceh kian meresahkan, khususnya setelah gelombang pengungsi baru dateng lagi hingga menuai penolakan. Untuk segera menyelesaikan masalah refugees ini, pemerintah Indonesia dan berbagai pihak kayak UNHCR masih terus koordinasi buat cari jalan keluarnya.
  • Eks Ketua KPK, Firli Bahuri jadi tersangka. Yep, mantan orang nomor satu di KPK resmi ditetapkan sebagai tersangka pada 22 November lalu. Pak Firli terjerat dalam kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo dan terancam hukuman maksimal penjara seumur hidup dan denda paling banyak Rp1 miliar. Dari situ, Presiden Jokowi akhirnya menunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua Sementara KPK menggantikan Pak Firli. Pak Firli kemudian mengajukan gugatan praperadilan, tapi ditolak.
  • Masa kampanye pemilu 2024 dimulai. Jadi, kamu tim Amin aja dulu, jogetgemoy, atau Gama satset, guysssss?

Desember

  • Erupsi Gunung Marapi di Sumatra Barat. Erupsi ini terjadi ketika ada 75 orang pendaki yang tengah berada di lokasi. Akibatnya, 24 orang meninggal dunia. FYI, status Gunung Marapi ada di Level II sejak 2011 lalu yang harusnya nggak disarankan untuk dilakukan pendakian dengan radius tiga kilometer dari kawah gunung.
  • Debat Perdana Capres-Cawapres. JUJUR seruan nonton di timeline Twitter daripada nonton langsungnya, tapi di sinilah kita bisa mempelajari langsung visi misi capres cawapres. dari mulai “Wakanda no more, Indonesia forever,” susu gratis, makan siang gratis, lapangan kerja gampang, kepastian hukum buat investor maupun warga negara, pokoknya kalo kata kaka di ITC, “Dipilih dipilih ayo kaaa pilih satu dapet dua, sekali pilih bisa buat lima tahun aja…”

Thank you note

Thanks to Someone and Hamba Allah for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)
Advertisement