WeChat Resmi Dilarang di Kanada

74

It’s China vs everybody, no?

Di Kanada, WeChat di-ban.
Guys, kamu yang punya temen/kerabat/client atau bahkan bos asal China, pasti udah nggak asing deh sama yang namanya WeChat. Yep, ini tuh kayak WhatsApp but Chinese version gitu lo. Aplikasinya ori dari China, dan for some reasons emang hype banget di China. Bahkan kalau kita di Indonesia misalnya, mau chat sama orang di China, ya most likely pakainya si WeChat ini.
 
Tapi ya gitu. Belakangan, nasib aplikasi asal China di negara Barat makin mengkhawatirkan aja nih, guys. Kayak TikTok misalnya, yang udah resmi di-ban di beberapa negara dari kapan tau atas alasan data security. Nah terus Senin kemarin, WeChat juga resmi di-ban di Kanada.
 
Yoi, disampaikan langsung oleh Chief Information Officer-nya Kanada, Catherine Luelo, alasan terkuat kenapa pihaknya sampai nge-ban WeChat adalah karena aplikasi tersebut “present an unacceptable level of risk to privacy and security.”
Advertisement
 Alias tingkat privacy dan keamanannya tuh nggak bisa diterima gitu. Contoh, di handphone misalnya, WeChat dinilai memberi akses yang cukup besar buat data-data di device tersebut, guys. Ya walaupun belum ada bukti konkritnya sih sampai sekarang. Tapi, ya gitu. Per Senin kemarin, buat para ASN di Kanada, aplikasi WeChat udah harus dihapus di device mereka, dan nggak bakal bisa di-download sama sekali in the near future. So, wdyt?
Advertisement