Pemilu Flash 23 Oktober 2023

71

All the dramas are summed up on: Pemilu Flash!

Tiga Pasang Capres-Cawapres are ready!
Well, kalau minggu lalu we were swamped sama berita Pilpres, pls hang on karena it’s just another checkpoint dari drama Pemilu yang bakal berlangsung… Ya sampai tahun depan lah :)))). For starters, did you know kalau dua dari tiga capres-cawapres udah resmi mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum? Yep. We’re talking about Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud MD yang kemaren udah daftar ke KPU. Udah tes kesehatan bahkan di RSPAD Gatot Subroto. Terus did you know kalau semalam banget nih, literally waktu mimin lagi nulis, capres dari Koalisi Indonesia Maju aka KIM, Prabowo Subianto resmi mendeklarasikan sosok cawapresnya. Yep, sesuai dugaan, it’s Gibran Rakabuming y’all. More on those, scroll down deh.
  • Gibran resmi diumumkan jadi cawapres Prabowo. Yep, finally complete nih guys tiga pasang yang disebut bakal berlaga di Pilpres 2024 mendatang. Couple AMIN aka Anies-Muhaimin, terus couple GoFud alias Ganjar-Mahfud, sama last but not least, yang semalam banget diumumin, ada bacapres Prabowo Subianto yang menjadikan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, sebagai cawapresnya. Hayooo mau nyoblos siapa?
  • Fix Pake Banget… Ini udah fix, guys. Bukan spekulasi, dugaan, atau teori-teori lagi. Dalam keterangannya semalam, Pak Prabowo bahkan bilang nggak ada yang perlu dipertanyakan lagi terkait keputusan itu. Ya karena udah based on Konsensus Parpol di Koalisi Indonesia Merdeka, guys. In his words, gini nih Pak Prabowo bilangnya: “Kita telah berembuk secara final secara konsensus seluruhnya sepakat mengusung Prabowo Subianto sebagai capres Koalisi Indonesia Maju dan Saudara Gibran Rakabuming Raka sebagai cawapres Koalisi Indonesia Maju untuk 2024-2029.”
  • Sebelumnya udah didukung Partai Golkar…. Nah kalau kamu ngikutin nih, Gibran jadi cawapres tuh nggak yang se-surprise itu, guys. Mulai dari Putusan MK yang bolehin kepala daerah ikutan Pilpres meskipun belum berusia 40 tahun aja contohnya. Itu kan udah disebut ‘Clue’ buat meloloskan Mas Gibran ya. Terus Sabtu lalu, Partai Golkar juga resmi mengusung Mas Gibran sebagai Cawapres Prabowo.
  • Lah tapi dia kan dia kader PDIP….. Nah soal itu, let’s hear it from Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani. Jadi dalam keterangannya kemarin (SEBELUM deklarasi Prabowo-Gibran), Mbak Puan bilang hari Jumat-nya tuh dia udah sempat ketemuan sama Mas Gibran, guys. Mas Gibran di situ ngomong kalau ada kemungkinan bakal maju di Pilpres. Nah menyikapi hal ini, PDI Perjuangan sih belum bisa mastiin ya langkah yang diambil bakal gimana. Tapi kalau dari Mas Gibran-nya sendiri menyebut doi siap disanksi oleh PDI Perjuangan.
  • Terus sekarang how? Jujur gatau. Sampai berita ini ditulis, Mbak Puan bilangnya Mas Gibran masih jadi bagian dari partainya, dan belum keluar dari PDI Perjuangan. Terus sampai berita ini ditulis pula, belum ada kejelasan apakah Mas Gibran resmi jadi kadernya Golkar apa gimana. Adapun sejak beberapa waktu terakhir, Mas Gibran tuh kenceng diisukan bakal join ke Golkar lewat jalur organisasinya pemuda Golkar, called Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia aka AMPI. Tapi ya gitu, dari keterangannya Jumat lalu, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto cuma bilang “Kita lihat saja.”
  • Mas Gibran sendiri udah keliling…. Keliling ketemu sama ketua umum parpol pendukung Prabowo Subianto. Mulai dari Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, dan Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra. Pertama kita bahas dari PAN dulu yah. Dari keterangannya di IG, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyebut mendukung pencalonan Mas Gibran. Gini nih kata Pak Zulhas… “Agar silaturahmi tidak terputus…”
  • “Pinjam dulu seratus….” Wkwkwkw ga dong. Pak Zulhas cuma bilangnya, “Agar Indonesia maju terus, silaturahmi tidak boleh terputus. Bismillah Mas Wali,” katanya gitu. The same reaction also goes from PBB dengan ketua umumnya, Yusril Ihza Mahendra. Disampaikan langsung oleh Pak Yusril, pihaknya mendukung penuh pencalonan Gibran Rakabuming sebagai cawapres, guys. Yep, siapa yang dipilih, itu yang mereka dukung sebagai cawapres.
  • Demokrat juga gitu. Kemaren Mas Gibran disebut pengen ketemuan juga kan sama Ketua Majelis Tinggi Demokrat, dan Ketua Umumnya, alias pepo dan anak, Pak SBY dan Mas AHY. Akhirnya cuma ketemuan sama Mas AHY tuh kemarin. Meskipun nggak ketemu Pak SBY, Pepo sih cuma bilang, ‘Urusan cawapres sepenuhnya menjadi kedaulatan dan kewenangan Pak Prabowo.” And now, there Pak Prabowo menggunakan kedaulatan dan kewenangannya, memilih Mas Gibran sebagai cawapres.
  • Mas Gibran didukung bapak nggak? You mean Presiden Joko Widodo kan? Well, dikonfirmasi langsung oleh Pak Jokowi, beliau menyebut tugas orang tua cuma mendoakan dan merestuiguys. Keputusannya gimana ya balik lagi ke Mas Gibran. Kan udah dewasa, katanya gitu. Jadi ya emang nggak mau mencampuri urusan anaknya ngono lo. Hal ini kemudian dibalas sama Mbak Puan, “Ya pasti bapak bakal dukung anaknya dong. Yang terbaik buat anaknya,” ceunah.
  • Dan yang terbaik adalah…  Menurut Golkar, dan the rest of Koalisi Indonesia Maju, ya jadi cawapresnya Prabowo Subianto. Adapun disampaikan oleh Pak Airlangga Hartarto, alasan partainya mengusung Gibran adalah karena Gibran diyakini merupakan sosok muda yang bisa mendampingi Pak Prabowo. Considering generasi muda sekarang mendominasi populasi, Pak Airlangga bilang Mas Gibran nih yang diharapkan bisa memanfaatkan bonus demografi ini.
  • Iya deh si paling muda…. Wkwkwkw semua gara-gara Putusan MK, guys. Yep, putusan MK yang kemudian memutus kepala daerah yang pernah dan sedang menjabat boleh join Pipres meskipun usianya belum 40 tahun. Menanggapi hal ini, Cawapresnya PDI Perjuangan, yang juga mantan Ketua MK, Mahfud MD menyatakan, “Saya tidak suka, itu tidak benar. Salah secara fundamental.” Adapun disampaikan oleh Pak Mahfud, MK tuh sebenarnya negative legislator alias ngga bisa memutus perkara itu. Tapi, at the same time putusan itu juga final, valid, dan mengikat.
  • Tanggapan Anies dan Ganjar….  Pak Anies sendiri sih nggak banyak comment ya menanggapi ribut-ribut soal Gibran jadi cawapres. Apalagi terkait dugaan adanya nepotisme di sini (Haloo Pak Anwar Usman Hehehehe), Pak Anies cuma berharap semoga Pemilu bisa berjalan secara adil, berimbang, profesional, dan netral. “Itu aja yang penting,” katanya. Meanwhile, Mas Ganjar juga kayak… “Ya udah it is what it is,” gitu, gengs. Menurut Mas Ganjar, kalau emang masyarakat menilai ini tindakan yang keliru, ya udah “Terus apa?” gitu. Jadilah masuknya ke tindakan etik.
  • Elektabilitas mereka gimana? Last but not least, now let’s talk about elektabilitas kedua pasang capres dan satu bacapres-bacawapres ini ya, guys. As we all know di berbagai lembaga survei kayak LSI, SMRC, atau Poltracking, pasangan AMIN tuh kan masih stuck ada di posisi ketiga ya, di mana Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto yang kejar-kejaran di posisi pertama. Dari survei terbarunya LSI, elektabilitas Pak Prabowo ada di angka 35.8% , dan Ganjar di 30.9%. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming disebut bakal mendaftar di KPU Rabu besok, guys. Let’s see dinamika elektabilitasnya bakalan gimana yah ntar.
Advertisement