Satgas Covid Cabut Aturan Penggunaan Masker

151

When you can breathe freely now…

Because mask mandates are gone.
Yessss akhirnya kita bisa liat beautiful faces again, guysss, karena literally nih, per Sabtu kemarin, Satgas Covid udah resmi mencabut aturan soal penggunaan masker.

YEAAAAAY!
Rite? In case kamu udah terlena, let us give you a little reminder. Jadi kalo secara status, sekarang tuh kita masih battle sama yang namanya COVID-19. But the good news is seiring dengan perkembangannya yang makin lama makin bagus (Thanks to vaccine and our healthcare workers), pelan-pelan berbagai kebijakan pengetatan kegiatan sosial related to Covid juga jadi dilonggarkan atau bahkan dicabut, guys. Nah yang terbaru, pemerintah Indonesia melalui Satuan Tugas COVID-19 baru aja me-release satu kebijakan yang selama ini jadi ‘icon’-nya COVID-19. Yep, penggunaan masker.

Okay, what about the masks?
Well, berdasarkan Surat edaran yang ditandatangani resmi oleh Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Suharyanto, aturan soal penggunaan masker di ruang publik resmi dicabut. Meaning ya kamu udah ga wajib pake masker lagi kalo ada di ruang publik. Tapi yha terms and conditions applied ya tetep. Misalnya, yang boleh ngga pake masker itu adalah yang sehat. Jadi kalo kamu ngerasa sakit, ya tetap wajib pakai masker. Nggak cuma itu, edaran ini juga nganjurin masyarakat buat tetap ikut vaksin booster, rutin cuci tangan, dan tetap pakai aplikasi SATUSEHAT punya pemerintah itu.

Ga sabar menunjukkan pesona w without masker hahahaha….
Same. Tapi ya balik lagi ke surat edaran tadi. Buat masyarakat yang ngerasa lagi nggak sehat dan rentan tertular COVID-19, diharap tetap pakai masker dan juga jaga jarak. Yha biar saling jaga aja. Karena everything can happen, rite? Nggak mau kan angka COVID-19 naik lagi? Hehehehe.

Ga sabar juga liat Mas2/Mba2 cakep di MRT…
Nah itu juga udah bisa guys, karena PT Transjakarta sama PT MRT Jakarta udah bolehin penumpangnya ga pake masker *yeay!* di dalam moda transportasi. Tapi, ya berartiiii baru busway sama MRT aja yang boleh lepas masker, guys
Advertisement
Meanwhile, kamu-kamu pasukan KRL aka anker masih wajib pakai masker.

Loh kok gitu?
Yha karena acuannya PT KAI selaku organizer-nya KRL tuh adalah instruksi Menteri Perhubungan, dan sampai berita ini ditulis, belum ada sama sekali instruksi Menteri Perhubungan yang nge-update soal penggunaan masker ini. That being said, as long as belum ada update, PT KAI tetap nge-refer ke aturan lama yang mewajibkan penumpang KRL buat pakai masker dalam perjalanan mereka. Hal ini juga berlaku buat kereta jarak jauh, di mana selain penggunaan masker, kebijakan vaksin booster juga tetap dijadikan syarat.

Masih zaman vaksin?
Sombong anda, xixixixi. Masih dong, orang kata Kemenkes, saat ini di Indonesia masih ada empat jutaan dosis vaksin dalam dan luar negeri. Vaksin ini masih bisa digunakan untuk booster dan tersedia gratis buat warga yang butuh.

Got it. Anything else I should know?
Ya meskipun segala aturan pembatasan udah diperlonggar, nggak ada salahnya kita tetap ngelakuin perilaku hidup bersih dan sehat, deh. Soalnya nih, surat edaran tadi juga bilang bahwa pengetatan pembatasan sewaktu-waktu bisa dilakukan jika ada kenaikan kasus COVID-19 lagi.
Advertisement