{"id":16413,"date":"2021-12-21T06:39:02","date_gmt":"2021-12-20T23:39:02","guid":{"rendered":"https:\/\/catchmeup.id\/?p=16413"},"modified":"2021-12-21T06:39:02","modified_gmt":"2021-12-20T23:39:02","slug":"musik-happy-membawa-dampak-positif","status":"publish","type":"post","link":"https:\/\/catchmeup.id\/2021\/12\/musik-happy-membawa-dampak-positif\/","title":{"rendered":"Musik Happy Membawa Dampak Positif"},"content":{"rendered":"
\n

When you love to start the day with happy songs…<\/em><\/strong>\"\"<\/p>\n<\/div>\n

\n
You’re most likely contributing to the economy.<\/em><\/strong><\/div>\n
<\/div>\n
Serius ni\u00a0guys<\/i>, karena ternyata ditemukan bahwa ketika masyarakat lebih banyak ngedengerin lagu-lagu yang\u00a0happy<\/i>, maka kondisi pasar juga membaik. Yep, penelitian ini dilakukan oleh para\u00a0researchers\u00a0<\/em>dari London Business School dan dirilis dalam\u00a0Journal of Financial Economics<\/a>\u00a0baru-baru ini. Jadi dalam melakukan penelitiannya, mereka mengukur perasaan orang-orang lewat musik dan terus dikaitkan sama\u00a0market behavior<\/em>\u00a0mereka. Dari situ, muncul yang namanya\u00a0mood congruence<\/em>, di mana musik yang orang dengarkan tuh mencerminkan\u00a0mood<\/em>\u00a0pendengarnya saat itu. Lagu happy-happy berarti mereka lagi suka cita, lagu yang\u00a0gloomy\u00a0<\/em>berarti mereka lagi sedih,\u00a0and<\/em>\u00a0so on<\/em>.<\/div>\n
\u00a0<\/strong><\/div>\n
Nah,\u00a0Spotify<\/a>, yang punya playlist sesuai\u00a0mood<\/em>\u00a0itu akhirnya dipakai buat mengukur perasaan yang disalurkan lewat lagu. Mereka pengen ngukur perasaan warga di suatu negara tuh gimana sih\u00a0based on<\/em>\u00a0lagu yang mereka dengarkan tanpa melihat\u00a0background<\/em>\u00a0dari si perasaan itu sendiri, ntah itu gara-gara bola, COVID\u00a0test<\/i>, dll.<\/div>\n
\u00a0<\/strong><\/div>\n
Hasilnya signifikan banget. Ketika orang-orang lebih banyak mendengarkan lagu-lagu\u00a0happy<\/i>, maka kondisi market membaik. Terus, orang-orang yang sebelumnya dengar lagu\u00a0happy<\/i>\u00a0juga bakalan lebih konsumtif ngabisin asetnya buat beli reksadana dan ekuitas yang lebih besar. Terus, investor-investor yang sebelumnya baru aja dengar lagu\u00a0happy<\/em>, adrenalinnya juga bakalan naik dengan beralih dari obligasi aman punya pemerintah ke saham yang beresiko.<\/div>\n
\u00a0<\/strong><\/div>\n
To conclude<\/em>, penelitian yang udah dilakukan di 40 negara dan meliputi 500 miliar kali streams of 58.000 lagu ini pengen menyampaikan pesan bahwa emosi dan perasaan itu ngaruh banget sama\u00a0stock market<\/em>. Makanya para investor kudu hati-hati dalam mengambil keputusan.<\/div>\n<\/div>\n","protected":false},"excerpt":{"rendered":"

When you love to start the day with happy songs… You’re most likely contributing to the economy. Serius ni\u00a0guys, karena ternyata ditemukan bahwa ketika masyarakat lebih banyak ngedengerin lagu-lagu yang\u00a0happy, maka kondisi pasar juga membaik. Yep, penelitian ini dilakukan oleh para\u00a0researchers\u00a0dari London Business School dan dirilis dalam\u00a0Journal of Financial Economics\u00a0baru-baru ini. Jadi dalam melakukan penelitiannya, […]<\/p>\n","protected":false},"author":1,"featured_media":16405,"comment_status":"open","ping_status":"closed","sticky":false,"template":"","format":"standard","meta":{"footnotes":""},"categories":[436,437,409,408,406],"tags":[],"_links":{"self":[{"href":"https:\/\/catchmeup.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/16413"}],"collection":[{"href":"https:\/\/catchmeup.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts"}],"about":[{"href":"https:\/\/catchmeup.id\/wp-json\/wp\/v2\/types\/post"}],"author":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/catchmeup.id\/wp-json\/wp\/v2\/users\/1"}],"replies":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/catchmeup.id\/wp-json\/wp\/v2\/comments?post=16413"}],"version-history":[{"count":0,"href":"https:\/\/catchmeup.id\/wp-json\/wp\/v2\/posts\/16413\/revisions"}],"wp:featuredmedia":[{"embeddable":true,"href":"https:\/\/catchmeup.id\/wp-json\/wp\/v2\/media\/16405"}],"wp:attachment":[{"href":"https:\/\/catchmeup.id\/wp-json\/wp\/v2\/media?parent=16413"}],"wp:term":[{"taxonomy":"category","embeddable":true,"href":"https:\/\/catchmeup.id\/wp-json\/wp\/v2\/categories?post=16413"},{"taxonomy":"post_tag","embeddable":true,"href":"https:\/\/catchmeup.id\/wp-json\/wp\/v2\/tags?post=16413"}],"curies":[{"name":"wp","href":"https:\/\/api.w.org\/{rel}","templated":true}]}}