Per Oktober 2024 Semua Pelaku Usaha Makanan & Minuman Wajib Bersertifikat Halal

11

When you’re worried all the time kalau mau jajan….

“Ini halal nggak ya?”
You need to read this.

Well
, buat kamu yang beragama Islam, ofc urusan makanan tuh bener-bener dipikirin, guys. Halal enggaknya sebuah makanan tuh jadi a big deal yekan. Makanya mau makan juga harus make sure, “Ini halal kan? Nggak mengandung babi kan? Rum? Alkohol?” dll. Nah akhir tahun nanti, semua concern kita itu most likely bakal berakhir, karena per 18 Oktober 2024, semua jualan mulai dari pedagang kaki lima sampai UMKM, wajib bersertifikasi halal.

Whoaaa tell me. 
Sure. Gini deh, bayangin kalau lewat fyp TikTok ada yang rekomendasiin makanan nih, PASTI ada aja satu yang comment, “Halal nggak kak?” YAKAN?? Atau udah dikasih disclaimer duluan sama creator-nya, “Ini non-halal ya, guys.” Terus tenant-tenant di mall juga tuh. Harus di make sure dulu, “Ini halal nggak ya?” Ya kali aja dapet jebakan batman, makan ramen enak tapi ternyata pake mirin, atau makan cake enak tapi ternyata ada kandungan rum-nya.

HMMM….
Nah menyikapi hal ini, ada terobosan baru dari Kementerian Agama RI nih, guys. Yep, lewat Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal aka BPJPH, pemerintah kasih ultimatum bahwa semua pelaku usaha yang jualin makanan dan minuman, mau itu yang gerobakan, kaki lima, UMKM, sampai brand-brand gede, WAJIB HUKUMNYA punya sertifikat halal. Ini penting supaya kita-kita juga tenang kan. Nggak cuma itu, sertifikasi halal ini juga penting supaya negara bisa bantu warganya menjalankan perintah sesuai dengan syariat.

Tapi ngurus begituan kan pake duit…..
Nah, soal itu juga. Kamu harus tahu nih guys, untuk tahun 2024 ini, BPJPH udah punya program namanya Sehati, alias Sertifikasi Halal Gratis. Jadi nggak perlu pusing mikirin omset yang belum seberapa tapi udah harus ngurus sertifikasi, guys. Semuanya udah ada anggarannya di BPJPH. Iya, disampaikan oleh Kepala BPJPH Kemenag, Muhammad Aqil Irham, program ini adalah bentuk keberpihakan pemerintah terhadap Pelaku UMKM sesuai amanat undang-undang.

Interesting….
Iya kan. Pak Aqil sendiri menyebut ada sebanyak 1 juta sertifikat halal yang bakal granted secara gratis di tahun ini. All you have to do tinggal daftar aja pokoknya. Nah, di sini para pelaku usaha itu punya deadline nih, guys. Mereka harus punya sertifikat halal by the latest 17 Oktober 2024.  Kalau di tanggal 18-nya belum ada juga, maka bakalan kena sanksi deh tuh.
Advertisement

Sanksinya apa tuh?
Well, pihak BPJPH sih bilangnya sanksi itu mulai dari sanksi administratif ygy. Diliat dulu alasannya apa, kenapa belum bersertifikat, dll. Jadi kalau alasannya karena masalah biaya, ya bakal difasilitasi dari situ. Terus kalau masih nggak ada juga tuh sertifikat halalnya, maka produk mereka nggak boleh beredar. Ini berlaku buat semua produk, termasuk kalau brand-brand di UMKM atau yang udah gede sekalipun mau keluarin menu baru nih, ya harus daftarin lagi dari awal biar ketahuan halal atau nggaknya. Terus buat yang non halal juga harus kasih lambang atau tulisan kalau yang dijual non halal. Jadi black and white gitu kan. Nggak ada keraguan.

Ngomongin halal jadi inget SGIE deh…
.
Pake diingetin lagi wkwkwk. Tapi ya gitu guys, jaminan produk halal yang beredar di masyarakat tuh terrnyata ngaruh ke State of the Global Islamic Economic aka SGIE Report. Adapun di tahun 2023 kemaren, Indonesia berhasil naik peringkatnya sampai masuk ke tiga besar, di bawah Malaysia dan Saudi Arabia. Iya, BPJPH bahkan nge-klaim naiknya peringkat Indonesia ini karena ekosistem jaminan produk halal kita semakin ke sini makin bagus. Makanya, biar makin oke lagi, ada beberapa langkah strategis yang dilakukan, termasuk percepatan sertifikasi halal bagi UMKM.

I see. Anything else? 
FYI masih ngomongin makanan halal nih, kamu tahu dong kalau yang bisa dibilang ‘halal’ tuh dengan dua aspek ya. Which is aspek zatnya, dan juga cara mendapatkannya. Nah, kalau dari dua aspek itu udah fix legit halal, ada banyak manfaat kalau kamu mengkonsumsinya, guys. Kayak pikiran dan hati bisa jadi lebih jernih, misalnya. Nggak ada tuh penyakit-penyakit hati yang bikin, “Aduhhh apaansi,” gitu. Terus penyakit fisik juga pasti jadi bisa terhindarkan. Dan yang pasti, dengan mengkonsumsi makanan halal, kamu pasti jadi lebih semangat jalanin hari-hari karena sumber tenaganya beneran ada diserap dari makanan dan minuman tadi.
Advertisement