Pemilu Flash 12 Februari 2024, Hari Raya Imlek 2024, Per Oktober 2024 Semua Pelaku Usaha Makanan & Minuman Wajib Bersertifikat Halal, Coldplay Ingin Konser di China

13

Good morning

We’re finally over the campaign. It’s only two days away before the Hari H pencoblosan and we hope you already know who to vote for at this point. If you don’t, for the last time, check out the Pemilu Flash below. Please, please, don’t vote the bad guy.

First Monday stop, the pemilu flash!

We’re down to this moment, everybody.

Well well well, setelah lebih dari setahun kita ribut-ribut soal drama Capres, Cawapres, partai politik, kampanye, sampai baliho dan spanduk yang bikin gengges, now we’re down to this very moment. Lusa banget nih, kita bakalan nyoblos!!! Asli mimin sih excited banget. Kamu gitu juga nggak? Nah sebelum nyoblos, ada beberapa hal yang harus kamu ketahui nih, guys. Scroll down deh.

  • Masa tenang. Yep, kampanye Pemilu 2024 udah resmi berakhir, guys. Dan sekarang, kita lagi ada di masa tenang. Adapun masa tenang ini berlangsung selama tiga hari ya, starting from hari Minggu sampai Selasa besok alias H-1. Jadi, sesuai namanya, masa tenang means nggak boleh lagi ada aktivitas kampanye. Baliho dan spanduk pun harus udah dicabut. Terus buzzerp di media sosial juga harus berhenti kerja, ehehehe. Bahkan, media kayak mimin dan temen-temen mimin juga udah nggak boleh menyiarkan berita yang bisa menguntungkan atau merugikan salah satu peserta Pemilu. Makanya, H-1 sebelum masa tenang kemaren, tiga capres-cawapres dan partai pengusungnya pun alll out make the best out of their campaign deh.
  • Kampanye akbar. Hey kamu yang di Jakarta, kamu kemaren ke JIS apa ke GBK? Oh, atau justru ada yang ikutan di Jawa Tengah? Well, jadi hari Minggu kemaren, tiga paslon tuh epic menutup rangkaian kampanye mereka dengan ngadain Kampanye Akbar ygy. 01 di JIS, 02 di GBK, dan 03 di Surakarta-Semarang, Jawa Tengah.  In case you’re wondering kenapa Ganjar-Mahfud nggak closing-an di Jakarta, Disampaikan oleh Ketua TPN mereka, Arsjad Rasjid, Solo dan Semarang tuh simbol estafet kekuasaan dari Presiden Jokowi di Solo sampai Ganjar Pranowo di Semarang. Jadi konsepnya kayak, lanjutin apa yang udah ada, kata Pak Arsjad.
  • Now, to the spall-spill baik buruknya kampanye akbar tiga paslon. Ya gitu, guys. Acara akbar yang digelar tiga paslon kemaren itu nggak terlepas dari segala baik dan buruknya. Ya namanya manusia nggak ada yang sempurna yekan, ehehehe. Plus minus pasti ada. Kayak acara di JIS kemaren yang disebut bikin jurnalis sampe emak-emak kzl, terus acara di GBK yang bawa-bawa nama Jokowi dan diwarnai isu dikasi uit, sampai acara di Semarang yang sempat ricuh. Yuk kita bahas.
  • Gini gini… Pertama kita bahas dari 01 dulu ya. Jadi yang harus kamu tahu adalah, acara kampanye akbar yang berlangsung di Jakarta International Stadium tuh beneran serame itu kan ya. Warga bahkan rela datang H-1, guys. Kebayang kan serame apa keadaannya di subuh-pagi nya? Tiga juta orang, guys yang disebut berkumpul di situ. Nah karena serame itu kondisinya, mimin dan temen-temen mimin sesama jurnalis jujur ngeliatnya jadi susah tuh buat liputan. Sinyal pun bahkan nggak ada HMMM….
  • Anies Baswedan minta maaf. Nah, menyikapi semua keluhan ini, yang punya hajat alias Capres Nomor Urut 1, Anies Rasyid Baswedan akhirnya minta maaf. Iya, dalam keterangannya kemarin, Pak Anies bilang dia aware banget kalau acara kemaren emang masih banyak kekurangan, dan doi bertanggung jawab atas hal itu. Lebih jauh, Pak Anies juga bilang bakal mengevaluasi semua tim internalnya, dan kasih sanksi ke pihak-pihak yang bermasalah.
  • Ada Jokowi di Kumpul-kumpul 02. Terus 02 juga gitu. Aside from uang 100 ribuan dan makan gratis, ada yang lebih menarik dari kampanye akbar Prabowo-Gibran kemarin, guys. Yep, kehadiran Presiden Joko Widodo setelah kampanye 02 selesai. To give you more context nih, jadi setelah kampanye di GBK kelar, para elite partai pengusung Prabowo-Gibran tuh kan ngumpul dulu di Hotel Fairmont ya. Nah, di situlah Presiden Jokowi nyusulin ke Fairmont sektar jam setengah sembilan malem, bareng dua cucunya anak-anak Mas Gibran.
  • Pak Jokowi ikutan kampanye (?) Kehadiran Presiden Jokowi di kumpul-kumpulnya 02 ofc bikin bertanya dong, “Pak Jokowi ikutan kampanye juga ta?” Since kemaren dia juga bilang Presiden boleh ikut kampanye kan. Jadi, the dots are conncected gitu lo. Tapi enggak, guys. Menjawab hal ini, Presiden Joko Widodo menyebut dia cuma nganterin cucu-cucunya aja setelah seharian jagain Jan Ethes sama La Lembah, just like your usual eyang. Jadi setelah acara kampanye kelar, “Malamnya saya anterin ke yang punya anak,” alias Mas Gibran sama Mbak Selvi. Lebih jauh, meskipun boleh kampanye, Presiden Jokowi menyebut nggak bakal ikutan kampanye dalam Pemilu 2024 ini, guys.
  • Nggak ikut kampanye, tapi ngeluarin statement begini…. Disampaikan oleh Deputi Politik 5.0 TPN Ganjar-Mahfud, Andi Widjajanto di wawancaranya bareng CNN Indonesia, Pak Andi tuh nge-spill omongan Presiden Jokowi dua hari sebelum Gibran Rakabuming Raka ditetapkan sebagai cawapres, guys. Presiden Jokowi diketahui ngomong begini nih, ada tiga hal: “Prabowo-Gibran pasti menang. Partai Solidaritas Indonesia aka PSI pasti masuk parlemen. Dan suara PDI Perjuangan pasti turun.” Jadi ya gitu, guys. Bang Andi sendiri bilangnya nggak ngerti, Pak Jokowi yang notabene masih kader PDI Perjuangan kok bisa-bisanya mau nurunin suara partai sendiri. Tapi ya balik lagi, sampai berita ini ditulis, belum ada keterangan apapun dari pihak Istana terkait statement ini.
  • Speaking of PDI Perjuangan…Now let’s talk about kampanye akbar si banteng alias PDI Perjuangan bareng partai koalisinya, yang digelar di Solo-Semarang, Jawa Tengah. Yang harus kamu tahu adalah, di acara yang rame banget kemaren itu, simpatisan di Simpang Lima, Semarang tuh sempat ricuh gitu, guys  Sampe ada lempar-lemparan botol gitu. Sampe ke-notice sama Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani. Ngeliat hal itu, ya Mbak Puan tenangin dong. Dibilang kayak, “Jangan terprovokasi,” katanya gitu. Kudu tetap solid buat memenangkan 03 pokoknya, guys kalau kata Mbaak Puan.
  • Closure tiga paslon dalam kampanyeLast but not least, sebelum nyoblos hari Rabu besok, let’s hear pidato ketiga paslon di kampanye akbar mereka. Dalam pidato pamungkasnya, Capres Anies Baswedan menyebut AMIN tuh mengirimkan pesan bahwa rakyat Indonesia pengen praktik demokrasi di Indonesia itu dijalankan dengan ngandelin keadilan, keterbukaan, dan menjunjung tinggi etika. Etika ini penting dalam bernegara, kata Pak Anies. Karena once etika udah dinomorbawahkan, maka di sini mereka yang ambil peran bawa perubahan, gitu.
  • Meanwhile, kondisi di GBK.… Ada Capres Prabowo Subianto yang kemaren dalam pidatonya juga ngebahas makan siang gratiswhich udah dari kapan diomongin bakal jadi programnya kalau kepilih jadi RI 1. Dalam keterangannya kemarin, Pak Prabowo bilang anak-anak Indonesia itu harus pintar, kuat, dan cerdas. Makanya makan siang gratis jadi hal penting di sini. Bahkan, para menteri yang ntar masuk ke kabinet pemerintahannya Prabowo disebut harus setuju sama program ini. “Kalau nggak setuju, nggak usah gabung,” katanya gitu.
  • Semacam ultimatum gitu. Selain para menterinya ntar harus setuju, rakyat pun harus setuju sama makan siang gratis ini, guys. Kalau nggak, dibilang nggak waras. Yep, in his words, gini nih kata Pak Prabowo: “Saudara-saudara sekalian yang mengatakan makan untuk anak-anak kita tidak penting menurut saya bukan orang yang waras, bukan orang yang cinta Tanah Air. Prabowo Gibran tidak ragu-ragu kami akan memberikan makan siang untuk anak-anak Indonesia.”
  • 03 be like… “Lawan!!!” Well, di saat 01 ngomongin etika dan 02 kasih ultimatumnya, maka di sini 03 yang teriak “Lawan!!” Iya, dalam pidatonya di Solo kemaren, Capres Ganjar Pranowo bilang pihaknya nggak bisa ngerahin kekuatan, nggak bisa juga gerakkan aparat. Jadi ya the best they can do adalah: “Lawan!”.  Lebih jauh, kata Mas Ganjar gini nih, “Kami hanya punya hati, kami hanya punya nurani, kami hanya punya keikhlasan untuk menentukan republik ini.” Jadi ya gitu deh.

Who’s wearing red but not… Taylor Swift or PDIP?

It’s Chinese New Year, everybody. 
Seru banget kan long weekend? Serunya lagi di Sabtu kemaren tuh ada Chinese New Year aka Hari Raya Imlek, guys. Yep, saatnya cuan dapat angpao tuh ya. Fun juga ikut berbagai kegiatan khas Imlek kayak jajan-jajan di Chinatown, ngeliat atraksi barongsai, naga, wearing all red, dan oh… FIREWORKS!! Who doesn’t love fireworks?? Nggak cuma di Indonesia, hebohnya Imlek bahkan juga dirasain di sejumlah negara lainnya. So, without further ado, yuk lah kita bahas.

Imlek tuh seru banget jujur….
We know riteeee. Jadi sama kayak tahun-tahun sebelumnya, perayaan Imlek tahun 2024 ini kan full of festives, fun, dan family gathering gitu kan ya. Warga Tionghoa di mana pun berada juga khusyuk dan khidmat merayakannya karena hari Libur Nasional kan. Jadi kita libur deh.

Lah, emang nggak semua libur pas Chinese New Year?
Ya enggak. Kita ambil contoh di negara super diverse (selain Indonesia, ofc) called The United States of America deh ya. Yang harus kamu tahu adalah, di US sendiri, baru September 2022 lalu CNY di-recognize sebagai hari libur. Itu pun baru di California aja. Terus setahun kemudian, ada Colorado yang akhirnya juga menetapkan CNY sebagai hari libur. Dan baru-baru ini, ketetapan hari libur ini juga diikuti negara bagian New Jersey.

Hmmm okay….
Adapun di Washington, RUU buat hari libur ini udah beberapa kali dibahas, guys. Tapi gagal maning gagal maning. Alias nggak pernah tembus dan disetujui. Padahal, penetapan hari libur di Chinese New Year tuh penting sebagai bentuk respect terhadap komunitas Asian American yang ada di sana, dan menepis semua Anti-Asian hate crimes yang kenceng di Amerika Serikat. Gimana dong nih, Aki Biden? Aunty Kamala?

Coba bahas yang lain dulu….
Oke kita yang libur-libur aja alias China ygy. Namanya Chinese New Year, di Beijing dan wilayah lainnya, they go big or go homeAll out. Masyarakat di Beijing yang udah libur dari beberapa hari lalu bahkan diketahui udah pada mudik ke kampung halaman masing-masing. Nggak tanggung-tanggung, saking ramenya nih, sebanyak 1.873 kereta ditambahkan buat menampung orang-orang yang pada mudik. Nggak peduli cuaca buruk, pokoknya gas pulang kampung.
Advertisement

It’s us
 bulan depan….. 
Ehehehehe we know, we know. Nah yang harus kamu tahu adalah, di China, sekarang kan masih winter ya. Jadi masih pada salju dan hujan beku tuh di sana. That being said, aktivitas kereta api pun sempat ketunda deh selama beberapa jam. Selain itu, yang pada mudik via jalur darat dan udara juga keganggu tuh karena salju dan hujan beku ini. Kayak, mesti dibersihin dulu kan itu salju dan sisa-sisa es di jalanan, di landasan pacu, dll. Takes time loh. Makanya yang pake mobil pada kejebak macet beberapa jam sampai akhirnya tiba di kampung halaman masing-masing.

Meanwhile, here at home….
Ya sama. Macet-macet juga, tapi bukan karena cuaca, emang karena banyak aja kendaraan yang melintas, guys. Yep, namanya long weekend, warga-wargi pada berbondong-bondong escape ke luar Jakarta dong. In that sense, sejumlah tol kayak Jakarta-Cikampek, Merak, dan Ciawi jadi mengalami peningkatan jumlah kendaraan yang melintas. The same also goes in Bogor, Jawa Barat. Makanya, sampai kemarin, pihak kepolisian pun akhirnya menetapkan sejumlah rekayasa lalu lintas. Mulai dari ganjil genap, satu arah, sampai contraflow. Jadi, baru sampai Jakarta jam berapa semalam, guys?
 
Midnight dong ehehehe. Imleknya sendiri gimana? 
Ya meriah, ibadahnya khidmat, apalagi kalau di Jakarta tuh. Orang nggak ke JIS, nggak juga ke GBK, tapi ke Glodok! Adapun disampaikan oleh Wakil Presiden RI, KH. Maruf Amin, perayaan Imlek ini kudu diliat sebagai momentum buat memperbaiki diri, nguatin integritas diri, dan nguatin komitmen supaya bisa survive di tantangan-tantangan di masa depan. Lebih jauh, Kyai Maruf Amin juga berharap semoga umat-umat Konghucu bisa terus berbenah dan terus kontribusi aktif dalam pembangunan nasional.

Got it. Anything else? 
Jadi ya intinya gitu, guys. Still ngomongin berkat Imlek, kamu harus tahu nih guys ada remisi khusus buat para narapidana beragama Konghucu. Yep, sebanyak 36 narapidana diketahui dikasih remisi berupa pengurangan masa pidana sebagian. Disampaikan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Reynhard Silitonga, remisi khusus ini dibagiin sebagai apresiasi negara buat mereka yang udah nunjukin perubahan sikap dan perilakunya, dan jadi pribadi yang lebih baik, guys. Mayan menghemat anggaran sampai Rp19.380.000 ehehehe.

When you’re worried all the time kalau mau jajan….

“Ini halal nggak ya?”
You need to read this.

Well
, buat kamu yang beragama Islam, ofc urusan makanan tuh bener-bener dipikirin, guys. Halal enggaknya sebuah makanan tuh jadi a big deal yekan. Makanya mau makan juga harus make sure, “Ini halal kan? Nggak mengandung babi kan? Rum? Alkohol?” dll. Nah akhir tahun nanti, semua concern kita itu most likely bakal berakhir, karena per 18 Oktober 2024, semua jualan mulai dari pedagang kaki lima sampai UMKM, wajib bersertifikasi halal.

Whoaaa tell me. 
Sure. Gini deh, bayangin kalau lewat fyp TikTok ada yang rekomendasiin makanan nih, PASTI ada aja satu yang comment, “Halal nggak kak?” YAKAN?? Atau udah dikasih disclaimer duluan sama creator-nya, “Ini non-halal ya, guys.” Terus tenant-tenant di mall juga tuh. Harus di make sure dulu, “Ini halal nggak ya?” Ya kali aja dapet jebakan batman, makan ramen enak tapi ternyata pake mirin, atau makan cake enak tapi ternyata ada kandungan rum-nya.

HMMM….
Nah menyikapi hal ini, ada terobosan baru dari Kementerian Agama RI nih, guys. Yep, lewat Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal aka BPJPH, pemerintah kasih ultimatum bahwa semua pelaku usaha yang jualin makanan dan minuman, mau itu yang gerobakan, kaki lima, UMKM, sampai brand-brand gede, WAJIB HUKUMNYA punya sertifikat halal. Ini penting supaya kita-kita juga tenang kan. Nggak cuma itu, sertifikasi halal ini juga penting supaya negara bisa bantu warganya menjalankan perintah sesuai dengan syariat.

Tapi ngurus begituan kan pake duit…..
Nah, soal itu juga. Kamu harus tahu nih guys, untuk tahun 2024 ini, BPJPH udah punya program namanya Sehati, alias Sertifikasi Halal Gratis. Jadi nggak perlu pusing mikirin omset yang belum seberapa tapi udah harus ngurus sertifikasi, guys. Semuanya udah ada anggarannya di BPJPH. Iya, disampaikan oleh Kepala BPJPH Kemenag, Muhammad Aqil Irham, program ini adalah bentuk keberpihakan pemerintah terhadap Pelaku UMKM sesuai amanat undang-undang.

Interesting….
Iya kan. Pak Aqil sendiri menyebut ada sebanyak 1 juta sertifikat halal yang bakal granted secara gratis di tahun ini. All you have to do tinggal daftar aja pokoknya. Nah, di sini para pelaku usaha itu punya deadline nih, guys. Mereka harus punya sertifikat halal by the latest 17 Oktober 2024.  Kalau di tanggal 18-nya belum ada juga, maka bakalan kena sanksi deh tuh.

Sanksinya apa tuh?
Well, pihak BPJPH sih bilangnya sanksi itu mulai dari sanksi administratif ygy. Diliat dulu alasannya apa, kenapa belum bersertifikat, dll. Jadi kalau alasannya karena masalah biaya, ya bakal difasilitasi dari situ. Terus kalau masih nggak ada juga tuh sertifikat halalnya, maka produk mereka nggak boleh beredar. Ini berlaku buat semua produk, termasuk kalau brand-brand di UMKM atau yang udah gede sekalipun mau keluarin menu baru nih, ya harus daftarin lagi dari awal biar ketahuan halal atau nggaknya. Terus buat yang non halal juga harus kasih lambang atau tulisan kalau yang dijual non halal. Jadi black and white gitu kan. Nggak ada keraguan.

Ngomongin halal jadi inget SGIE deh…
.
Pake diingetin lagi wkwkwk. Tapi ya gitu guys, jaminan produk halal yang beredar di masyarakat tuh terrnyata ngaruh ke State of the Global Islamic Economic aka SGIE Report. Adapun di tahun 2023 kemaren, Indonesia berhasil naik peringkatnya sampai masuk ke tiga besar, di bawah Malaysia dan Saudi Arabia. Iya, BPJPH bahkan nge-klaim naiknya peringkat Indonesia ini karena ekosistem jaminan produk halal kita semakin ke sini makin bagus. Makanya, biar makin oke lagi, ada beberapa langkah strategis yang dilakukan, termasuk percepatan sertifikasi halal bagi UMKM.

I see. Anything else? 
FYI masih ngomongin makanan halal nih, kamu tahu dong kalau yang bisa dibilang ‘halal’ tuh dengan dua aspek ya. Which is aspek zatnya, dan juga cara mendapatkannya. Nah, kalau dari dua aspek itu udah fix legit halal, ada banyak manfaat kalau kamu mengkonsumsinya, guys. Kayak pikiran dan hati bisa jadi lebih jernih, misalnya. Nggak ada tuh penyakit-penyakit hati yang bikin, “Aduhhh apaansi,” gitu. Terus penyakit fisik juga pasti jadi bisa terhindarkan. Dan yang pasti, dengan mengkonsumsi makanan halal, kamu pasti jadi lebih semangat jalanin hari-hari karena sumber tenaganya beneran ada diserap dari makanan dan minuman tadi.

When you really really love Coldplay…Give ’em China!

Yep, bulan depan Taylor Swift udah mau konser di Singapore ygy. Tapi kalo kamu masih fomo dan terkenang terus sama konser Coldplay beberapa waktu lalu, kamu harus tahu nih bahwa ada satu hal yang babang Chris dkk pengen banget: Konser di China. Yep, jadi pas lagi konser Sabtu lalu di Bangkok, Thailand, Babang Chris kan mengundang dua orang penonton ke atas panggung. Ternyata, dua orang itu datang dari Guangzhou, China. Terus doi bilang bahwa dia tuh pengeeeen banget konser di China, dan doi berjanji juga bahwa suatu hari doi bakal konser di China. Terus abis bilang gitu, Coldplay kan mulai nyanyi kan, mereka memainkan lagu “Up and Up”, terus liriknya ada yang diganti, “Up and up, don’t ever give up. China loves Coldplay.”
 
Sebelumnya pas lagi konser di Tokyo, Babang Chris juga pernah bilang bahwa doi tuh pengen banget konser di China, tapi, “You know, we can’t get the permission,” ceunah.

“Jangan baper,”

Gitu guys kata Deputi Bidang Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis pas ngomentarin film dokumenter Dirty Vote yang emang WOW banget (asli ges buruan nonton sebelum di-takedown!!!) Nah kata Bang Todung, temuan di film itu tuh bukan hal baru, jadi plz gausah baper. Hal ini tentunya menyinggung tim 02 yang panas banget dengan film ini dan bilang isinya fitnah.
 
Guys, seriously. Just watch.

Announcement


Thanks to Hirir, Ory, Happy Birthday Kim Minju, and Someone for buying us coffee today! 

Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!

Catch Me Up! recommendations

Thinking about getting your loved ones flowers this Valentine? Read this first.
Advertisement