Kasus Kanker Akan Meningkat Tiap Waktu

18

What’s increasing higher, higher, and higher?Cancer cases.

Guys, we need to talk about this. We need to talk about: Cancer.
Karena menurut perkiraannya WHO nih, penyakit mematikan yang satu ini bakal terus meningkat setiap waktunya. Bahkan, di tahun 2050 nanti, jumlah kasus cancer diperkirakan bakal meningkat sampai 77%! Well, ini bukan perkiraan omon-omon doang sih, guysliterally by data ini tuh. Yep, di tahun 2022 kemaren aja, ada 20 juta kasus baru yang ditemukan di mana didominasi oleh kanker paru-paru, terus kanker payudara, kolorektal, prostat, dan juga kanker lambung.
 
Nggak cuma itu, yang bikin perkiraan ini makin kuat adalah karena para peneliti ini, yang eventually berasal dari International Agency for Research on Cancer juga mengungkap penanganan kanker di masing-masing negara tuh beda-beda banget, guys.
 
Negara yang maju, yang tingkat indeks pembangunan manusianya udah cenderung tinggi, beda sama negara yang indeksnya rendah. Yep, mulai dari standar hidupnya aja udah beda, terus kualitas pendidikannya beda, sampai ukuran ‘sehat nggaknya’ tuh juga beda.
Advertisement
 
Perbandingannya gini nih, kalau di negara yang indeks pembangunan manusianya tinngi, 1 dari 12 orang yang didiagnosa kanker, dan 1 dari 71 diantara yang bakal meninggal. Tapi kalau di negara yang indeksnya rendah, 1 dari 27 orang yang dinyatakan kanker, tapi 1 dari 48 orang yang bakal meninggal, see? Ya karena diagnosisnya telat, terus akses perawatannya juga terbatas. Makanya angka harapan hidupnya juga beda.
 
Tapi ya balik lagi sih, guys. Balik lagi di mana penyebab kanker tuh ada obesitas, keseringan ngerokok, keseringan minum alkohol, sampai faktor lingkungan kayak polusi, dsb. Jauh-jauh deh dari itu yah.
Advertisement