Friday Pause: I can take myself dancing ūüíÉūüŹĽ

14

Hello

Welcome to that weird and long weekend Friday. We are still here because it’s just the cuti bersama, not the holiday. But hey! Happy Chinese New Year! May the luck and prosperity of the Year of the Dragon be with us all. Now to make it even more festive…

For the love of meme: Ugh. Thankfully.


Now let’s talk about… your mental health during the electionYep, Hari H pencoblosan is coming, guys…

Iyesss¬†besok tuh udah batas terakhir masa kampanye yah. Terus habis itu ada masa tenang sampe H-1 pencoblosan pada hari Rabu besok.¬†At this point, chances are,¬†kamu udah tau dong siapa yang mau kamu coblos. Baik itu di pemilu legislatif atau presiden. Buat kamu yang B aja kayak, yaudah¬†skip. Ga peduli. Malah bisa nyoblos, bisa engga (although we’re not PROUD kalo kamu sengaja ga nyoblos huft). Tapi buat kamu yang¬†lukewarm¬†atau bahkan bener-bener melek politik dan ngikutin banget isu pemilu, kamu tentunya mulai deg-degan nih galau. Kira-kira capres pilihanmu kepilih ga ya? Calegnya gimana ya? Atau jangan-jangan kamu timses dari salah satu calon dan udah mulai gabisa bobo karena kayak, “Kalo doi kalah, nasib bangsa ini gimana ya?”
 
Well, repeat after us: Pemilu itu NGARUH sama kondisi mental kamu. Anxiety-anxiety takut calonmu kalah, takut the bad guys menang, takut masa depan bangsa ini jadi oligarki (amit-amit) tentunya bikin kamu mau gamau kepikiran dan overthinking. Beneran guys, karena ternyata, dalam survei di Amerika Serikat pada pemilu lalu ditemukan bahwa dari 800 orang yang disurvei, 25 persen masyarakat AS merasa tertekan ketika tau kandidat yang mereka dukung kalah pas pemilu. Terus satu dari lima orang susah tidur karena politik.
 
Nah terus, gimana caranya kamu tetap waras pas kandidat yang kamu dukung kalah pemilu? Ini dia tipsnya!
  • Control what you can.¬†Penting buat disadari kalo yang paling kenal dan bisa mengontrol tubuhmu yha dirimu sendiri. So, coba sebisa mungkin kendalikan perasaan-perasaan berlebihan yang muncul ketika pilihan pemimpinmu kalah dalam pemilu besok.¬†It‚Äôs okay¬†lho kalo kamu ngerasa sedih, kecewa, dll. Wajar banget hal ini terjadi dan pasti nggak cuma kamu yang ngerasain hal tersebut. Cuma ya kita tetep harus¬†move on ke depan dengan terus perjuangin masa depan yang lebih baik.
  • Believe in your strength.¬†Yep, semua orang pasti punya kekuatannya masing-masing. Kalo kemarin-kemarin pas pandemi Covid-19 aja kamu bisa¬†survive, bukan nggak mungkin kamu juga bisa¬†survive¬†the next five years¬†dipimpin sama calon yang ngga kamu dukung (meski tentunya¬†sad). Lagian juga, kamu harus selalu ingat bahwa politik tuh ngga bisa diprediksi. Bisa jadi pas kamu sedih-sedih karena pilihanmu kalah, eh beberapa bulan ke depan, beliau-beliau ini langsung diangkat jadi menteri sama presiden terpilih. Mirip-mirip kayak yang terjadi 2019 lalu gitu, ehehehe.
  • Batasi dulu main medsos.¬†Nah, bener banget nih. Kalo sebelum-sebelumnya kamu ngikutin banget sama¬†statement-statement para politisi, manuver-manuver partai politik, sampe segala drama-dramanya juga kamu pantengin, ketika calonmu kalah ya¬†better ambil waktu buat rehat dulu lah. Kalo perlu, kamu delete dulu aplikasi sosmed kamu kalo itu bisa bikin kamu merasa lebih baik. Emang ada kalanya kamu nggak harus ngerti sama update situasi politik di Indonesia dan fokus buat¬†heal yourself.
  • Stay in the moment. Well, sometimes mungkin kita bakal mikir yang nggak-nggak ketika pilihan kita kalah di pemilu besok. Mungkin kita bakal kena bully¬†karena salah pilih capres-cawapres, atau mungkin kita bakal ngerasa nggak tenang karena udah¬†all out¬†dukung paslon yang kalah. Kalo udah gini,¬†please banget buat buang jauh-jauh segala kemungkinan-kemungkinan buruk yang ada di pikiranmu. Soalnya ya hal-hal semacam itu cuma bakal terjadi di kepalamu doang dan bikin kamu selalu nethink mulu. Jadi yaudah gitu, pikirin aja apa yang emang sekarang ini lagi terjadi.
  • Prioritize self-care.¬†Kalo pilihanmu di pemilu kalah dan kamu ngerasa¬†something wrong¬†sama dirimu sendiri, ya gapapa.¬†It‚Äôs time for you to heal yourself. Ada banyak banget lho caranya. Kamu bisa refreshing dengan nge-trip kemana gitu, lihat suasana dan interaksi baru di sana. Kamu juga bisa explore hobi-hobi kamu yang lain sambil menata langkah apa yang bakal kamu ambil setelah rangkaian pemilu ini bener-bener selesai.
  • Draw on your support system.¬†As a human,¬†tentu kita pasti punya teman atau keluarga yang biasa jadi tempat buat saling curhat. Nah kamu juga bisa ungkapin segala perasaanmu tentang hasil pemilu ini ke mereka,¬†guys. Dalam tahap tertentu, kamu juga bisa nih ke layanan kesehatan mental yang ada di klinik atau puskesmas terdekat. Mereka-mereka ini¬†ofc¬†lebih profesional dan tau harus berbuat apa untuk¬†make sure kamu dalam kondisi mental yang lebih stabil lagi ke depan.
  • Do what you can within your power.¬†Kalo kamu udah merasa baikan, coba deh get yourself collected dan mulai berpikir:¬†Oke, calon presiden/legislatif yang punya value sama dengan gue kalah. Gimana caranya, gue bisa tetap berkontribusi buat negara ini supaya idealisme yang gue punya bisa tetap tersalurkan?¬†Terus coba cari hal positif yang bisa kamu lakukan. Kayak misalnya kamu pendukung 01 dan suka banget sama cara kampanye-nya yang banyak diskusi, mungkin kamu bisa mulai sering-sering ikut organisasi di kampusmu dan bikin gerakan yang positif dari situ. Kalo kamu pendukung 02 dan suka program mam siang gratis, kamu bisa sering-sering ngadain Jumat berkah. Kalo kamu pendukung 03 dan suka banget sama ide internet gratis, nah sering-sering deh bagi password wifi rumah ke dedek-dedek yang suka numpang belajar di halaman. Ehehehehe. Pokoknya¬†keep the idea going, guys.
May the force be with us!


Now, it’s your long-awaited weekly recs!¬†

As always, this is the part where you get all the cool recommendations for you to enjoy during the weekend. So, without further ado…
 
But before…

Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!

  • Guyssss, bioskop lagi rame banget¬†long weekend¬†ini. Kalo kamu masih belum ada agenda dalam beberapa hari ke depan, kataku sih¬†better¬†nonton¬†Agak Laen¬†aja sih. Gilak film ini¬†the best¬†banget deh. Bakal ngakak brutal dari awal sampe akhir. Humornya lengkap ada yang satir, nyenggol-nyenggol oligarki, sampe yang¬†‚Äėdrag‚Äô jokes¬†pun ada. Alur ceritanya juga cakep abizzz. Aku aja mau kalo diajak¬†rewatch¬†lagi.¬†(Obet)
  • Kalian yang suka genre¬†music¬†jazzy tapi yang¬†not-too-much,¬†gue saranin wajib mampir ke¬†channel¬†YouTube-nya¬†Roommate Project. Asli disitu¬†cover-an penyanyi dan lagu-lagunya¬†underrated¬†dan¬†eargasm.¬†Music arrangement¬†dan¬†mixing-nya juga juara.¬†(Anon)
  • Alllooooo, aku mau rekomendasiin single terbarunya Danilla Riyadi berjudul “Tak“. Aku nggak mau¬†spoiler¬†banyak sih, tapi minimal kamu dengerin dulu aja lagunya sekali dan nikmati¬†feel-nya.¬†Thank you!!!¬†(Pramoto)
  • Buat kalian yang lagi¬†burnout¬†atau kehilangan arah. Aku mau rekomendasiin buku karya Hwang Bo-reum, judulnya¬†Welcome to Hyunam-dong¬†Bookshop. Semoga dengan baca buku ini kalian bisa¬†rest, heal, and rethink about your own life!¬†(Anon)
  • Calling out to all football fans, gue mau¬†remin¬†aja bahwa¬†weekend¬†ini ada banyak laga seru. Salah satunya dateng dari¬†Bundesliga Jerman¬†di mana pemuncak klasemen sementara Bayer Leverkusen bakal menjamu Bayern Munchen di BayArena. Menurutmu musim ini Leverkusen bakal juara Bundesliga atau semua akan Munchen pada waktunya?¬†(Mia san mia)
  • Yang suka¬†choir¬†dan semi¬†acapella, gas dengerin¬†cover¬†“Golden Hour”¬†dari One Voice Children’s Choir yang apik¬†n soothing¬†ini. Pas banget untuk memulai¬†weekend¬†dengan adem.ūüćÉ‚õÖÔłŹ¬†(Anon)
  • Iwan Fals tapi ada nuansa pianis jazz? Sabi dengerin lagu beliau yang judulnya¬†Merah Putih¬†ini. Cakep!¬†(Anon)
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

‚ÄúOnce I learned to like me more than others did, then I didn’t have to worry about being the funniest or the most popular or the prettiest. I was the best me and I only ever tried to be that.”
-Issa Rae-

Thank you note


Thanks to HiRiR for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here.¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)
Advertisement