Obesitas & Kesepian Beresiko Kematian Lebih Cepat

16

When being obese causes you a lot of problems…The risk is higher when you are also feeling lonely.

Iya guys, kamu pasti udah sering denger bahwa kondisi kelebihan berat badan aka obesitas itu bisa meningkatkan resiko kamu kena penyakit yang mengancam nyawa kayak jantung, diabetes, dll. Nah, hasil penelitian terbaru yang dilakukan oleh Tulane University School of Public Health and Tropical Medicine in New Orleans menemukan bahwa untuk individu yang mengalami obesitas, terus ditambah juga constantly merasa kesepian, mereka memiliki kemungkinan lebih besar untuk meninggal lebih cepat.
 
Yep, emang loneliness itu kan killing me ya, guys, Britney Spears bener banget. Tapi buat orang obesitas, meskipun penyakit-penyakit tadi juga berkontribusi pada kesehatan mereka, namun gangguan mental yang disebabkan oleh rasa kesepian juga sangat berpengaruh pada penurunan kesehatan yang mereka alami.
Advertisement
 
Jadi dalam melakukan studi-nya ini, para peneliti menganalisa data atas 400ribu orang yang memiliki kondisi obesitas di Inggris. Ketika pertama kali diteliti, para peserta ini ngga memiliki riwayat penyakit jantung. Kondisi fisik dan kesehatan mereka kemudian dimonitor terus sejak Maret 2006 hingga November 2021, dan hasilnya ditemukan bahwa pada orang-orang obesitas, tingkat kematian dini berkurang hingga 36% jika mereka merasa ngga kesepian maupun socially isolated.
 
Dengan kesimpulan ini, maka para researchers merekomendasikan mereka yang obesitas supaya lebih banyak bersosialisasi dan take care not only their physical, but also their mental health.
Advertisement