Kampanye Pilpres 2024, 2 Remaja Korut Nonton K-Drama Dijatuhi Hukuman Kerja Paksa, Tanah Longsor & Gempa Bumi di China, Fitur Telpon & Video Call Aplikasi X

18

Good morning

Hello. How have you been lately? Tired of the election drama? Or have you been struggling with some personal issues? Well, whatever situation you are in right now, always take a deep breath and be kind to yourself. Remember, this, too, shall pass.

First stop, the beets and deets on Kampanye Pilpres 2024….

Yang “HMMM ada-ada aja deh”
Well. Hari-H Pemilu makin dekat, sekarang saatnya para capres dan cawapres buat makin kenceng untuk kampanye kan. Literally sehari bisa beda-beda kota nggak tuh. Nah kali ini, kita mau bahas soal para capres ngapain, ke mana, dan ketemu siapa. Let’s go!

I’m ready!
Sure. Jadi gini, guys. Saat ini, masing-masing capres-cawapres tuh kan masih sibuk banget nget nget keliling Indonesia buat kampanye ya. Pokoknya terjun langsung ke masyarakat, dengerin keluhan warga, terus nawarin solusi, mamerin ide, mamerin gagasan, sampai bagi-bagi susu semuanya dilakukan. Supaya apa, ya supaya pas di D-Day 14 Februari mendatang, masyarakat Indonesia pada milih mereka sebagai Presiden dan Wakil Presiden R. Nah yang harus kamu tahu adalah, journey kampanyenya para paslon ini ternyata adaaaaa aja dramanya.

Gimme all the details…
Sure. Kita mulai dari Paslon 01 alias AMIN ygy. Kamu pastinya tahu lah ya model kampanyenya Pak Anies sama Cak Imin tuh kayak gimana? Yep, lewat program “Desak Anies” dan “Slepet Imin” yang rame banget dipadati warga. Pokoknya di tiap kota yang mereka singgahi, program ini jadi agenda wajib dalam rangkaian kampanye mereka. Yang terbaru, Senin kemaren nih, ada Desak Anies yang digelar di kota tempat Pak Anies dibesarkan, Yogyakarta. And yes, sama kayak Desak Anies sebelum-sebelumnya, Desak Anies di Jogja lagi-lagi terkendala masalah venue.

Kenapa???
Perizinannya tiba-tiba dicabut last minute, guys. Well, to give you a little context nih, jadi program Desak Anies ini emang beberapa kali terkendala gara-gara izin make venue-nya dicabut gitu aja last minute sama pihak pengelola. Iya, kayak di Tanah Datar, Sumatera Barat, di Mataram, NTB, beberapa waktu lalu misalnya, juga begitu case-nya kan. Sampe harus pindah lokasi segala. Terus yang di Jogja ini kejadian lagi, guys. Padahal udah bayar DP, izinnya udah di-acc, lagi pasang-pasang sound, eh batal. Jubir Timnas AMIN, Usamah Abdul Azis sih bilangnya mereka masih cari tahu lagi alasannya apa nih tiba-tiba dibatalin sepihak. Jadi ya nggak tahu juga apakah ada penjegalan, intervensi, atau apa.

….
Nah di hari yang sama, little did we know ternyata juga ada yang lagi  di Jogja nih, guys. Yep, it’s none other than Capres-cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Couple yang ini bahkan diketahui sowan langsung ke Kantor Gubernur DI Yogyakarta, dan ketemuan sama Sultan Sri Hamengku Buwono X.  So people be like, “Ga mau suudzon, tapi ngapain u?” Adapun disampaikan oleh Pak Prabowo, agenda mereka ketemuan sama Sultan HB X ini sekadar minta izin aja mau kampanye di Jogja, guys.  Terus Sultan juga bilang pertemuan ini cuma sekadar ngobrol. Ngobrol ke sana ke mari, katanya gitu.

Okay…..
Lebih jauh, dari obrolan yang ke sana ke mari itu, Sultan juga bilangnya mereka di situ cuma sharing aja, guysSharing terkait masalah-masalah yang umum. Nggak ada pembahasan yang khusus, katanya. Namanya juga Pilpres yekan. In his words, gini nih kata Sultan: “Nanti kalau nggak (memberi tahu) ngomong macem-macem ndak percaya temen-temen ya to, kita memang ngobrol macem-macem. Karna memang dalam rangka Pilpres.”

Does it mean
 Sultan HB X dukungnya 02?
Nggak juga, guys. Pemerintah Provinsi DIY legit menyatakan Sultan Hamengku Buwono bakal tetap netral selama Pilpres 2024. Nggak memihak ke salah satu paslon, termasuk 02. Terkait kunjungan kemaren, dalam keterangannya, Humas Pemprov DIY menyebut Sultan ini emang se-open itu, siapa aja yang mau datang, monggo. Toh akhir tahun lalu Capres 03, Ganjar Pranowo juga sempat sowan. Does that mean Sultan dukung 03? Kan nggak juga. Sultan tetap netral, katanya gitu.

Speaking of 
03…..
Ada Mas Ganjar yang kemaren balik lagi kampanye di kandangnya, alias Jawa Tengah. Yep, ini emang bukan kali pertama Mas Ganjar kampanye sebagai capres di sana, guys. Desember tahun lalu dia juga ke sana kan. Ke Wonosobo, Solo, Sragen, dll. Adapun kali ini, kampanye 03 difokuskan ke tiga wilayah, which is Kota Salatiga, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Sukoharjo. Nah, in case you’re wondering, “Kenapa ke Jateng mulu dah?” Ya buat make sure bahwa kandangnya ini bakal tetap solid dukung dia, guys. Secara, dalam keterangannya akhir tahun lalu, Mas Ganjar bilang daerah yang dulu jadi kekuasaannya ini mau direbut!

Awww siapa tuh yang berani merebut Jawa Tengah dari cengkaraman banteng…..
Ehehehehe ya either 01 atau 02 sih, guys. Tapi, kamu pasti masih inget dong kalau cawapres 02 itu masih menjabat sebagai Wali Kota Solo, alias di Jawa Tengah, guys :))). Makanya kemaren, abis dari Jogja, Mas Gibran diketahui langsung cuss ambil cuti empat hari dan lanjut kampanye di Jawa Tengah. Nggak cuma sendiri, Mas Gibran kampanye di Solo ditemani sama Ketua Umum PSI, yang of course adiknya juga, Kaesang Pangarep, dan juga ayahnya, Presiden Joko Widodo. Family trip banget nih???

Busetttt….
Santai, guys. Belom klimaksnya ini. Wait until you hear about: Di Jawa Tengah, Presiden Jokowi ngomongin soal jalanan di sana masih banyak yang rusak. Jadi dalam kunjungan Jokowi kemaren itu kan sekaligus meninjau beberapa projects di sana ya. Kayak rumah sakit, jalan, dll. Nah, ngomongin masalah jalan, di situlah Presiden Jokowi ngomong, “Sudah bertahun-tahun jalan Solo-Purwodadi rusak diperbaiki tetapi tidak kunjung selesai dan tetap rusak.”

Bombastic side eye 
ke “gubernurnya” gatu…
Ya kaaaan? Makanya Tim 03 be like, “Pemerintah pusat ngapain?” Ehehehe. Yep, menyikapi statement Presiden Joko Widodo di atas, Jubir TPN Ganjar-Mahfud, Aryo Seno Bagaskoro menyebut nggak bisa tuh semua pembangunan di Indonesia sepenuhnya dibebankan ke pemerintah daerahIn that sense, pemeretaan pembangunan itu team work, katanya. Team work antara pemerintah pusat sama daerah. Makanya, kalau Presiden Jokowi kritik soal jalanan di Jawa Tengah banyak yang rusak, meaning dia mengkritik dirinya sendiri, kalau kata Mas Aryo mah.

Lagian kenapa pake barengan ke Jateng sih….
Nah soal ini juga. Disampaikan oleh Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, kunjungan Jokowi ke Jawa Tengah tuh nggak ada kaitannya sama sekali dengan kampanye atau Pemilu 2024, guys. (KAYAK, Can. Pejabat. Stop. Acting. Neutral. When. They. Are. Not????!!!) Jadi murni kunjungan presiden aja. Doi bilang Pak Jokowi mau meninjau, mengecek kondisi lapangan, make sure everything is on track, gitu-gitu. Apalagi considering Jawa Tengah tuh salah satu provinsi yang jumlah penduduknya paling banyak ya, makanya harus diliat bener pembangunannya.
 
Okay…..
Jadi ya gitu, guys. Bapaknya kunjungan Presiden. anaknya yang pertama kampanye cawapres, dan anaknya yang terakhir, juga kampanye untuk PSI. Yep, menyikapi hal ini, Mas Kaesang sih bilangnya semua ini rame-ramean di Jateng ini cuma kebetulan aja, guys. Agenda selanjutnya pada ke mana juga PSI nggak tahu, katanya gitu.

Got it. Now wrap it up dulu deh….
Oh, FYI, kampanye Pemilu 2024 ini bakal berakhir di tanggal 10 Februari mendatang, guys. That being said, segala baliho yang gengges banget itu, bakalan lenyap per 11 Februari. Kampanye-kampanye juga bakalan stop kan menuju masa tenang. Nah buat menuju ke situ, mulai dari sekarang banget nih, ada yang namanya Kampanye Akbarguys. Jadi kayak epic closure lah buat capres, cawapres, dan partai pengusung mereka. Kampanye Akbar ini legit diatur dalam Undang-Undang dan diawasi penuh sama Komisi Pemilihan Umum. Jadi kalau ngelanggar aturan, ya siap-siap aja ditegur KPU hehehehe. Adapun closing-an kampanye ini digelar 10 Februari ya, di mana AMIN bakal menggelar kampanyenya di JIS, Prabowo-Gibran di GBK, dan Ganjar-Mahfud di Jawa Tengah.
 
Kamu yang di Jakarta, jadinya ke JIS apa ke GBK nih? Ehehehehe.

When you can always watch K-Drama from the comfort of your couch…

Citizens of North Korea can’t relate.
Nah guys, bener kan guys kata Pak Prabowo pas debat pertama. Kita tuh harus bersyukur tinggal di negara yang ngga lagi berkonflik, dan aman-aman aja. Coba gimana tu kalo kamu tinggal di Korea Utara, di mana kamu bisa aja dipenjara cuma gara-gara nonton K-Drama.

Serius nggak nih?
Well, udah ada bukti validnya nih. Jadi belum lama ini, ada rekaman yang bocor dari pemerintah Korut di mana ada dua remaja cowok berusia 16 tahun lagi diborgol di tengah mimbar dan ditonton sama ratusan siswa lainnya. Rekaman video yang diduga terjadi pada 2022 ini nunjukin kedua cowok ini lagi dijatuhi hukuman 12 tahun kerja paksa gara-gara mereka ketahuan nonton K-drama. Nggak cuma itu, data diri mulai dari nama, foto, sampe alamat kedua cowok ini juga di-publish secara gamblang dalam video tersebut.

Gokil…. terus terus? 
Jadi emang hal seperti ini tuh udah ada aturannya di Korut, guys. Jadi segala macem hal yang ada hubungannya sama Korsel tuh dilarang banget di Korut. Pemerintahan Korut menilai penyebaran Kdrama dan Kpop tuh membahayakan ideologi mereka. Soalnya ya pemerintah Korut udah mendoktrin rakyatnya kalo hidup di Korsel tuh jauh lebih buruk daripada hidup di negaranya. Padahal ya itu cuma hoax dan bakal terbukti cuma lewat nonton Kdrama dan dengerin Kpop. Makanya, pemerintah Korut bener-bener melarang keras rakyatnya buat nonton budaya Korsel.

Ya tapi yang dihukum tuh baru 16 tahun lho :((
Iyess keterlaluan banget emang. FYI, kejadian ini udah berulang kali terjadi dari kapan tau. Tiap anak di bawah umur yang melanggar aturan di Korut bakal dihukum buat kerja paksa, guys. Cuma ya kalo dulu, mereka dihukum kurang dari lima tahun kerja paksa. Tapi aturan ini berubah jadi lebih ngeri nih sekarang. Soalnya dari 2020 kemarin, pemerintah Korut udah netapin undang-undang yang isinya hukuman mati buat setiap orang yang ketahuan nonton atau bagiin link/video Kdrama dan Kpop.

WHAT,
 sampe hukuman mati??
Iya lho. Info ini legit banget didapet dari salah satu narasumber orang Korut yang sebenernya udah muak banget sama pemerintahnya. Jadi ya doi diem-diem ada kerja sama dengan pihak lembaga penelitian di Korsel buat bagiin apa-apa aja yang terjadi di Korut. Nah, informan ini juga pernah cerita kalo dirinya pernah dipaksa nonton eksekusi mati seorang remaja 22 tahun yang ketahuan dengerin dan nge-share musik-musik Kpop. Padahal buat sebagian orang di Korut, Kdrama, dan Kpop udah kayak obat buat ngelupain kenyataan kalo mereka lahir di negara yang diktator.

Sad
 🙁
Even further, kamu harus tahu dulu nih guys bahwa sejak Perang Korea di tahun 1950-an, semenanjung Korea kan pecah, ada yang jadi Korsel, ada yang jadi Korut. Nah sejak saat itu, Korut memandangnya Korsel tuh sebagai “saudara jauh” aja yang suatu saat bakal kembali bersatu. Makanya, mereka punya kantor reunifikasi dll meski sampe sekarang status kedua negara masih perang. However, impian reunifikasi ini kayaknya buyar setelah minggu lalu, pemimpin Korut Kim Jong Un bilang bahwa reunifikasi ini udah ngga mungkin, dan insteadbetter Korsel dimasukkan aja ke dalam daftar musuh utama Korut.
 
WOW. 
Iya guys, statement ini dianggap banyak pihak memundurkan banget segala progres dan upaya damai yang diusahakan kedua negara. Lebih jauh, Jong-un juga bilang bahwa kalo terjadi perang Semenanjung Korea, maka tentaranya harus fokus “menduduki”, “merebut kembali”, dan menjadikan Korsel bagian dari wilayah mereka.

TBL TBL. Southie ahjussi ada komentar ga?
Ada nih. Jadi merespon statement Kim Jong Un tadi, Presiden Korsel, Yoon Suk Yeol hari Selasa kemarin bilang bahwa Korsel nggak takut sama segala provokasinya Korut. Presiden Korsel Yoon Suk Yeol juga lanjut bilang kalo Korsel siap membalas provokasi Korut berkali-kali lipat lebih kuat. Nggak cuma itu, Presiden Korsel juga pamerin kemampuan respons militer Korsel yang menurutnya udah terbukti luar biasa.

Jadi beneran nggak bisa
 reunited lagi nih?
It really depends on the leader guys, di mana kebijakan suatu negara tuh tergantung banget sama kebijakan yang diambil para pemimpinnya. Kalo Korut sih gausah dibahas ya, karena dari zaman Jong-un sekarang, bapaknya Jong-il, dan kakeknya Il-sung, mereka konsisten galak dan ngajak perang mulu sama Korsel. However, sikap yang berbeda justru bisa kita liat di Korsel, di mana presiden-presiden mereka tuh punya approach yang berbeda untuk menghadapi tetangga lima langkahnya itu.
 
Interesting. Tell me more.
Misalnya, presiden mereka di tahun 2000, Kim Dae-jung punya kebijakan namanya Sunshine Policy, yang ngurus soal memperbaiki hubungan sama Korut. Kebijakan ini kemudian diikuti oleh presiden setelahnya, Roh moo-hyun. Terus karena banyak dikritik, kebijakan ini ngga dilanjutin lagi, dan hubungan kedua Korea kembali memanas. Baru deh di tahun 2018, under Presiden Moon Jae-in, mereka baikan lagi di mana Korut sampe ikut Winter Olympics di Korsel. Nah, adapun Presiden Yoon yang sekarang, doi tuh dari partai konservatif guys, jadi lumayan keras sama Korut. So, you can expect this kind of tension lanjut terus sampai beberapa waktu ke depan.
 
Understood. Where are we going from here?

Yaaaa ga main dulu deh. Oppa-oppa kamu di k-pop dan k-drama juga kayaknya beneran ga bisa menghindari wamil, karena November kemarin Korut juga udah menangguhkan perjanjian militer selama lima tahun dengan Korsel. Padahal, isi perjanjiannya tuh adalah untuk mencegah segala bentuk konflik militer antar kedua negara. Kim Jong-un juga bilang bahwa pihaknya bakal menutup tiga institusi yang ngurusin soal upaya reunifikasi kedua negara, and finally, mereka juga lagi rajin-rajinnya bikin Korsel bete karena suka meluncurkan satelit mata-mata ke udara dan menggelar latihan tembak militer Korut di dekat wilayah Korsel.


Haduh,
 anything else I should know? 
Well, memanasnya hubungan antara Korut dan Korsel juga masih dalam pantauan pihak AS nih. Eks pejabat Departemen Luar Negeri AS, Robert Carlin belum lama ini bilang kalo situasi yang terjadi antara Korut-Korsel sekarang ini tuh jauh berbahaya dari tahun-tahun sebelumnya. Robert juga memprediksi kalo suatu saat nanti, Kim Jong Un bakal kembali ngumumin perang ke Korsel. In his words, Robert bilang, “That may sound overly dramatic, but we believe that, like his grandfather in 1950, Kim Jong Un has made a strategic decision to go to war.”

Now, on to the disaster in China…

Landslides and earthquakes happened in just two days.
Now, sad news from China, yang awal pekan ini dilanda tanah longsor dan gempa bumi di dua tempat yang berbeda. Jadi Senin kemarin, tanah longsor tiba-tiba aja terjadi di pegunungan Liangshui yang ada di Yunnan, China. Terus sehari setelahnya, which is kemarin banget nih, giliran wilayah Xinjiang, China juga dilanda gempa hebat berkekuatan 7,1 skala richter, guys. Meskipun ada di dua tempat yang berbeda, tapi dua bencana alam ini sama-sama terjadi di wilayah pegunungan yang punya suhu dingin.

OMG tell me everything.
Sure. Jadi kita mulai bahas yang landslide dulu kali yah. Soalnya tanah longsor yang terjadi di Yunnan hari Senin kemarin tuh terjadi sebelum pukul enam pagi. Tepatnya terjadi sekitar pukul 05.51 waktu setempat di mana orang-orang masih pada tidur dan ngelakuin aktivitas di dalam rumah. Nah dari kejadian tanah longsor ini, seenggaknya udah ada 20 orang yang ditemukan tewas dan 24 orang lainnya masih dilaporkan hilang, guys.

Astaga banyak banget :((
Iyaa, guys. Terus yang perlu kamu tau, tanah longsor yang terjadi di pegunungan Liangshui sebagian juga ketutup salju. Jadi ya ofc kamu bisa bayangin dong begitu dinginnya wilayah itu apalagi buat korban yang sampe sekarang belum ditemukan dan diperkirakan masih terkubur tanah. Meanwhile, sekitar 500 korban yang selamat dari tanah longsor ini sekarang udah dievakuasi ke tempat yang lebih aman buat menghindari adanya tanah longsor susulan.

Tapi proses evakuasinya masih jalan,
 rite?
Ofc masih dong. Setelah mendengar kabar duka ini, Presiden China, Xi Jinping juga udah langsung memerintahkan upaya penyelamatan besar-besaran ke wilayah yang terdampak. Total, ada sekitar seribu relawan penyelamat yang dikerahkan ke lokasi kejadian. Mereka sekarang ini tengah berpacu dengan waktu dan suhu ekstrem di pegunungan Liangshui yang bisa mencapai di bawah nol derajat. Dari keterangan petugas setempat, operasi penyelamatan juga tetep dilangsungkan pada malam hari.

Terus yang gempa tadi gimana?
Nah, nggak ada 24 jam dari tanah longsor yang terjadi wilayah Yunnan yang ada di China selatan, another disaster terjadi lagi di wilayah Xinjiang yang ada di China barat. Yes, di sana terjadi gempa berkekuatan 7,1 skala richter di sekitar pukul 02.00 dini hari waktu setempat. Saking besarnya nih gempa sampe bisa dirasain juga sama negara tetangga China kayak Kyrgyzstan, Kazakhstan, dan Uzbekistan.

7,1 skala richter tuh kenceng loh…
Well, meskipun gempa ini terhitung relatif besar, tapi sampe berita ini ditulis belum ada laporan soal korban meninggal. Lima desa di China yang dilaporkan terdampak parah oleh gempa ini melaporkan ada sekitar enam orang yang luka-luka dengan dua diantaranya mengalami cedera serius. Malah justru di Kazakhstan nih yang melaporkan sebanyak 44 orang luka-luka akibat gempa yang terjadi kemarin. Terus sekolah-sekolah di Xinjiang dan Kazakhstan juga diliburkan dulu nih biar anak-anak di sana bisa recover dari shock akibat gempa.

Emang pusat gempanya di mana sih?
Jadi emang pusat gempa ini tuh terjadi di daerah terpencil gitu di wilayah pegunungan yang ada di Xinjiang. Lokasinya ada pada ketinggian di atas 3.000 meter dan nggak ada penduduk yang tinggal di sekitar sana. Penduduk paling deket dari pusat gempa jaraknya ada di radius 20 kilometer di mana sebagian besar masyarakat yang tinggal di sana merupakan warga Uighur dan para etnis Turki yang mayoritas beragama Islam. Meskipun sebelumnya etnis ini dapet diskriminasi dari pemerintah China, pemerintah China tetep mengerahkan sekitar 1.000 relawan untuk membantu para korban gempa.

Berarti kerusakannya lumayan parah dong?
Iyesss, bener banget. Di wilayah Xinjiang sendiri dilaporkan ada lebih dari 120 bangunan yang rusak gara-gara gempa kemarin. Jumlah ini termasuk 47 rumah yang ambruk dan 78 rumah lain yang rusak-rusak gitu. Terus gempa kemarin juga sempet bikin listrik di sana mati juga, meskipun sekarang udah balik normal lagi. Layanan kereta di Xinjiang juga sempet ditangguhkan tuh dan berdampak ke 23 kereta yang ada di sana.

Semoga cepet pulih ya,
 anything else?
FYI, wilayah China barat tuh emang sering banget terjadi gempa, guys. Sebelumnya, Desember kemarin wilayah ini juga ngalamin gempa berkekuatan 6,2 Skala Richter. Pas itu, gempa yang terjadi di wilayah Gansu, China menewaskan sampe 151 orang dan jadi gempa yang paling mematikan di China sejak sembilan tahun terakhir. Nggak jauh dari situ, tepatnya di wilayah Sichuan, China pernah terjadi gempa yang menewaskan hampir 90 ribu orang pada 2008 lalu, guys.

When there’s a new way to do sleep call with your bf….Through X.

Apa nggak makin cinta sama aplikasi yang satu ini, guys. Mau sambat bisa, mau liat yang trending bisa, mau berantem sama strangers bisa, mau ngehujat Sis Tsamara, juga bisa. Nah sekarang, aplikasi sosial medianya Om Elon Musk ini inovasi lagi dengan merilis fitur barunya, yakni telponan dan video call. Cocok banget bukan buat kamu yang udah bosen sleep call-an sama doi di WA, ehehehe.
 
Jadi konsepnya kayak, malem-malem scroll timeline, gabut, terus kepikiran kayak, “Ah telpon ayang deh.” Tapi kamu nggak perlu pindah-pindah aplikasi lagi. Kan udah sekalian di X, ehehehe.
Tapi ada catatannya nih. Kalau kamu mau start the call, pastiin akun X kamu udah premium, guys. Yang di seberang, no matter akun mereka premium atau nggak, tinggal jawab deh panggilannya. Oh iya, sama pastiin kamu udah mutualan sama orang itu yah. Or at least pernah DM-an sekali lah.
 
Terus sekarang kita tutorial. Simpel aja kok, gengs. Kamu tinggal buka aja itu aplikasi X, terus buka DM, cari akun yang mau kamu telpon, terus udah.. di kiri atas ada tuh icon telepon-nya. Mudah bukan? Dan tenang aja, Telponan di X aman kok. Perlindungan privasinya udah cakep itu. Tinggal diaktifin aja pas kamu buka X, ada kok notifnya muncul.
 
So the question is: siapa orang pertama yang mau kamu telpon di X?

“Mungkin kangen,”

Gitu guys komentar dari Capres nomor urut 01 Anies Baswedan pas ngomentarin soal sikapnya cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka yang beberapa kali menyebut nama Thomas Lembong dalam debat cawapres. FYI, Pak Tom Lembong yang beberapa waktu ini lagi viral di X emang ada di kubunya Pak Anies, makanya kayak, ngapain ni MG nyebut-nyebut nama doi terus??? Nah kalo kata Pak Anies sih, mungkin kangen…
 
When a guy who ghosted you suddenly texts…

Announcement


Thanks to Someone for buying us coffee today! 

Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!

Catch Me Up! recommendations

We’ve heard it before: sugar is bad for your health. But really?
Advertisement