AI Bisa Memprediksi ‘Death Time’ Manusia

53

When AI is becoming more frightening…

Because it (possibly) can predict your death time.
Artificial Intelligence aka AI makin lama makin ngeri aja nih, guys. Lah gimana nggak? Setelah bisa membantu berbagai pekerjaan kita, AI juga dikabarkan bisa memprediksi death time manusia. Yes, kamu nggak salah denger. Sebuah studi yang pake teknologi AI dalam bentuk model transformator baru-baru ini dikembangin sama profesor jaringan dan sistem kompleks dari Technical University of Denmark bernama Sune Lehmann dan rekannya. Algoritma bernama ‘Life2vec’ yang mereka kembangkan diklaim bisa memprediksi hampir segala hal, including kapan seorang manusia meninggal.

Well, 
studi ini nggak main-main nih. Lehmann dan timnya udah mengambil sampel dari 2,3 juta orang di Denmark dengan jenis kelamin dan usia yang bervariasi selama 2008 sampe 2015. Dari jutaan sampel ini, dimasukin juga tuh data-data kayak riwayat penyakit, jenis pekerjaan, sampe jumlah gaji tiap individu. Nah kemudian, Life2vec ini akan memprediksi siapa-siapa aja yang meninggal setelah tahun 2016. Hasilnya, algoritma ini mempunyai keberhasilan memprediksi dengan akurasi hingga 78 persen, guys
Advertisement
. Akurasi ini diklaim juga jadi yang paling tinggi dibanding alat serupa lainnya yang biasanya dipakai oleh perusahaan-perusahaan asuransi.
Advertisement