Invasi Ukraina-Rusia Sejak Februari 2022

89

What’s gonna last longer?

Ukraine-Russia conflict.
Seperti yang kita tahu, sejak Februari 2022, Ukraina tuh diserang sama Rusia. Wilayahnya dicaplok, warganya diteror, pemerintahnya diburu, pokoknya suram banget deh. All of these adalah karena Ukraina, yang notabene adalah tetangganya Rusia mau bergabung dengan North Atlantic Treaty Organization aka NATO, dan Rusia ngga acc. Setelah lobi-lobi back and forth bertahun-tahun dan masih ngga ketemu juga solusinya, maka Rusia di bawah pemerintahan Putin memutuskan buat menginvasi Ukraina, and things have changed for Ukraine (and the world!) since then…
 
OK terusss…
Yang harus kamu tahu guys, invasi Rusia ini bener-bener bikin susah ngga cuma Ukraina, tapi juga Eropa dan masyarakat global in general. Hal ini karena Ukraina memainkan peran sentral dalam lalu lintas supply barang dan gas alam. Karenanya, invasi ini juga mau ngga mau menyebabkan gangguan dalam supply tersebut. Today, more than 62K death later, akhir dari invasi Rusia ke Ukraina ini masih belum kelihatan. Lebih jauh, Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg minggu lalu justru memprediksi bahwa perang antara Rusia dan Ukraina ini bisa berlangsung lama.
 
Kok bisa?
Well, dalam wawancaranya sama koran Jerman, Berliner Morgenpost namanya, Pak Jens bilang bahwa konflik ini bakal berlangsung lama karena serangan balik Ukraina ke Rusia tuh ga membawa kemenangan yang berarti. Padahal, bestie-bestienya Ukraina aka negara-negara Barat udah banyak melakukan campaign untuk membantu Ukraina, tapi ya itu, ngga ada perubahan apa-apa. Makanya kalo menurut Pak Jens, masyarakat dunia harus siap-siap aja menghadapi perang Rusia-Ukraina yang diprediksinya bakal berlangsung lama.
Advertisement
 
But no one likes war 🙁
True. Makanya menurut Pak Jens sih, ada kok caranya biar perangnya cepet selesai, guys. Yakni… Putin dan Rusia harus memutuskan untuk mengakhiri perang dan menarik tentaranya dari Ukraina. Yep, harus Putin yang sadar gitu lo, karena kalo Zelensky aka Ukraina yang nyerah, maka negara mereka bakal abis sama Rusia.

How about nuclear war?
Amit-amit deh ya kalau sampai perang nuklir. Soalnya nggak cuma Ukraina aja nih yang worried sama rudal nuklirnya Rusia, tapi seluruh dunia juga ofc ngga mau perang nuklir terjadi. Buat mengantisipasi hal itu, NATO juga sampai menyurati Rusia untuk nggak memprovokasi terjadinya perang nuklir. Nggak cuma itu, pihak NATO juga terus memonitor pergerakan tentara Rusia, dan so far sih aman.

Got it. Anything else?
Jadi guys, sebenernya waktu yang dimiliki Ukraina untuk bisa memukul mundur tentara Rusia tuh juga ngga banyak. Hal ini karena dalam beberapa bulan lagi, musim dingin bakal datang dan kondisi di medan perang bakal makin challenging. Makanya, negara-negara NATO terus mengumpulkan dukungan dan bantuan supaya tentara Ukraina bisa meraih kemenangan atas Rusia secara lebih signifikan.
Advertisement