Friday Pause: you’re not looking at me, boy ūüíė

33

Happy Friday 

Finally, the weekend is almost here. What a week, right? Time to unwind with our¬†podcast, meme, tips and recs. Yep, let’s put away those pemilu and office drama, and just enjoy what’s fun. You deserve it.

For the love of meme: Brb hide¬†IG si bos……


When you’ve been always thinking “Buset tidur pun ribet amat“….

Gara-gara stress.
Kadang suka bingung deh sama diri sendiri. Seharian udah sibuk aktivitas, beban kehidupan dar der dor datang dari segala sisi, pulang ke rumah mau istirahat. LAH KOK NGGAK BISA TIDUR??? Ngerti nggak sih, kaya, ‚ÄúTidur loh ini. Sebuah aktivitas yang seharusnya paling gampang dilakukan. Tapi ya kenapa susah banget?‚ÄĚ Terus, kalau pun udah tidur nih, sejam melek lagi. Tidur lagi, 15 menit kemudian melek lagi. Ampunnn‚Ķ. Nah kalau kamu lagi ada di situasi ini, mungkin itu tandanya kamu lagi¬†stres,¬†guys. Dan saking stresnya kamu nih, stres pun bisa tetap muncul¬†even¬†ketika sedang tidur.¬†
 
Yep, be careful. Kalau udah ada di fase tertentu, stres nggak akan hilang hanya dengan kamu escape tidur, guys. Dia akan terus ada di situ, dan mengganggu pola tidurmu.
 
But the question is, ‚ÄúHow come????‚ÄĚ
Ya bisa, guys. Dikonfirmasi oleh para pakar kesehatan, ada beberapa penyebab kenapa stres bisa muncul even in your sleep. Di antaranya:

  • Insomnia.¬†Yep,¬†calling¬† kamu-kamu anggota¬†insomnia club?? Udah nggak bisa dipungkiri lah ya. Kalau kita lagi stres tuh, tidurnya pasti malemmmm banget. Subuh bahkan! Terus kalaupun bisa tidur malem nih, ya kemungkinan bakal kebangun juga sebelum pagi. Nah¬†guys, hati-hati kalo kamu mulai insomnia karena bisa jadi, kamu tuh sebenernya lagi stres. Jadi coba deh, kalo kamu ga bisa tidur for no reasons in a long run, try to get some help from professionals.
  • Nightmares.¬†Hiiii. Jujur ini mah. Mimin tuh penakut¬†guys¬†orangnya. Kalau nonton film horror apapun itu, bisa dipastikan kalau tidur kena mimpi buruk aka¬†nightmares. Nah ternyata,¬†nightmares¬†juga bisa muncul kalau kamu lagi mengalami stres,¬†guys. Contoh, kamu lagi stres masalah kerjaan terus pas tidur, tiba-tiba kamu mimpi bos kamu marahin kamu. Kayak nyata banget. Kamu jadi kebangun dong, (persis kayak yang di film-film itu lo). Hal ini¬†of course bikin tidurmu jadi ngga menyenangkan kan…
  • Parasomnia. Kalau istilah insomnia udah nggak asing buat kamu,¬†everybody meet: Parasomnia. Parasomnia ini juga sama-sama masalah tidur,¬†guys. Ciri-cirinya adalah ketika kamu jalan sambil tidur, ngomong sambil tidur, atau bahkan makan saat tidur (Serius ada!). Nah para ahli mengatakan, parasomnia ini bisa terjadi kalau kamu lagi stres,¬†guys. Makanya, penting banget buat ada yang mengawasi kamu waktu tidur kalau kamu mengidap parasomnia. Sungguh, ngigo tuh nggak bisa dianggap sepele :((
  • Kurang tidur dengan nyenyak.¬†Coba kapan terakhir kali kamu dapat tertidur tenang? (Ps. Di tengah gempuran ‚ÄėCincin‚Äô, mimin masih ada di era ‚ÄėSecukupnya‚Äô hehehehe).¬†On a serious note,¬†kayak yang tadi dibahas, kalau kamu lagi stres, pola tidur tuh jadi keganggu banget kan. Dikit-dikit kebangun, terus susah tidur lagi. Nah kalau gini keadaannya, itu artinya stress udah¬†taken over yourself, guys.¬†Kamu jadi nggak bisa tidur dengan nyenyak lagi. Istirahat yang seharusnya kamu dapat dari tidur juga nggak maksimal deh. Hmmm‚Ķ

Well, setelah tahu apa penyebabnya nih, sekarang pertanyaannya: Gimana caranya mengurangi stres biar tidurnya aman tentram dan nyaman ya, bapak ibu?
Easy, guys. Gini gini:

  • Meditasi dan relaksasi. Yep, biar tidurnya aman nyenyak sentosa nih, kamu bisa melakukan meditasi dan relaksasi dulu nih sebelum tidur. Tenangkan dulu pikirannya. Amankan dulu perasaannya. Teduhkan dulu jiwanya. Dinginkan dulu kamarnya. Lupain dulu mantannya. Kalau udah, baru lanjut tarik selimut deh.
  • Baca dan tulis.¬†Siapa yang suka baca sebelum tidur cung??!! Iya, membaca tuh membantu banget loh biar kamu lebih mudah tidurnya. ¬†Apalagi kalau yang dibaca buku-buku non fiksi kayak yang sering kita rekomendasiin di bawah (ehehehe). Secara, kalau yang dibaca tuh buku fiksi kayak novel misalnya, yang aada malah nggak tidur-tidur karena keburu penasaran sama¬†ending-nya wkwkwk. Kamu gitu juga nggak? Atau kalau kamu nggak suka baca, kamu bisa banget nulis,¬†guys. Tulis aja what‚Äôs bothering you, apa keluh kesahmu, ‚ÄúDear Diary‚Ķ‚ÄĚ. Hal ini bisa banget lo bikin pikiranmu jadi jernih dan tidur pun jadi nggak keganggu.
  • Kasih spare waktu. Nah ini yang nggak kalah penting, guys. We know¬†segala perkara duniawi ini emang berat banget.¬†We got you. Rasanya pas nyampe rumah langsung mau tidur aja yekan. Nah tapi, ada baiknya kamu kasih buffer time sekitar 30 menit-1 jam buat santai sebentar. Bisa dengerin musik, pake¬†sheet¬†mask, menghirup lilin aroma terapi, sampe minum teh chamomile. Tujuannya, ya biar fisik dan mental kita siap untuk tidur,¬†guys. Tidur pun jadi lebih nyenyak deh.
  • Ask for help.¬†Last but not least,¬†kalau cara-cara di atas udah nggak mempan buat kamu,¬†pls do not hesitate to reach out¬†yah.¬†Ask for help¬†ke tenaga profesional kayak psikolog atau psikiater. Mereka pasti punya cara buat menyelesaikan masalahmu. Atau juga bisa bantu kamu buat evaluasi gitu lo. Kamu tidur nggak? Seberapa lama kamu tidur? Nyenyak nggak tidurnya? Kebangun berapa kali sebelum pagi? dll. Biar mereka juga bisa tahu treatment apa yang cocok buat kamu.
Yuk tidur. Wkwkwkwk.


It’s finally our weekly recs!¬†

All the fun things are here! Scroll down and check it out yourself!
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Sebagai tim yang doyan ngemil, terbantu banget sama videonya Kak Yulia Baltschun yg satu ini. Tentang “Top 5 snack minimarket yg rendah kalori“. Ada kategori asin, manis, es krim, dan minuman kemasan. Buat yang mau ngemil¬†no worries, sabii nonton deh. (Anon)
  • Annyeong chinguya!!!¬†Buat kamu yang lagi belajar bahasa Korea atau yang tertarik dan mau¬†improve¬†bahasa Korea kamu, aku mau rekomendasiin buat belajar lewat akun IG¬†@hoonkorean¬†and¬†@pronouncekorean¬†dan juga apps Drops & Duolingo (ofc)! Hihihi Good luck!!! (Anonymous)
  • Listening to “School of Greatness” podcast!¬†Especially if you’re really into to sports.¬†They broke down the minds of top athletes in the States and¬†of course you can pick up their minds¬†untuk di implementasikan di idup kita! –daffaafifakbar¬†
  • Warga Jogja!! Gagi kalian yang minggu paginya gabutt, aku mau ngerekomendasiin kegiatan baca buku dari @sunmorbookclub yuk baca buku bareng ‚ô° (anon)
  • Ditinggal orang tersayang,¬†at the end just live by yourself. Go to office – work – go home – sleep and repeat even¬†engga punya temen ngobrol.¬†Suddenly¬†ada surat dari¬†lunch box¬†tempat langganan biasa makan siang, yang akhirnya jadi percakapan memanjang. Siapa engga seneng punya temen ngobrol?? Tapi berakhir jadi¬†stranger¬†lagi karena suatu hal.¬†The Lunchbox,¬†film India festival yang bagus banget¬†so inspiring, you can watch on¬†MUBI! ūüôā (Anonymous)
  • Hola¬†guys, buat kalian yang mungkin lagi kesulitan atau ngerasa capek ketika belajar suatu hal, sabi banget baca buku dari Felix Siauw yang judulnya¬†How to Master Your Habits. Buku ini benar-benar ngasih pemahaman bahwa suatu hal yang awalnya keliatan sulit dan sangat luar biasa untuk dilakukan tapi kalo kita mau benar-benar menguasai dan belajar terus menerus (dijadikan sebagai kebiasaan atau habit) maka pada akhirnya hal luar biasa tersebut akan jadi bisa aja. Ya pada intinya sih semua perlu proses dan konsisten, pokonya cuss dibaca yaaa. – Instagram :¬†@agustiannj_¬†
  • Our¬†podcast! We‚Äôre talking about KTT ASEAN ke-43 di Jakarta, Prediksi United Nations soal Peningkatan Kebakaran Ekstrem Global, dan Bio-Hazard Issue yang Jadi Penyebab Pesawat Putar Balik. Leggooo‚Ķ

Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!


Quote of the day

‚ÄúRemember: things can be bad, and getting better.‚ÄĚ
 
– Hans Rosling-

Thank you note

Thanks to Risan, Someone, abk, Rini, Nanda, Someone, and Eriko for buying us coffee today!
 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here.¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)