Friday Pause: Dive bar on the East Side ūüćł

22

Happy Friday 

Yeay for Friday! Woah, the news-week has been crazy: From the election drama, karhutla, kasus hukum, to disasters. Now, time to take a break and just enjoy some down time with our meme, tips, recs, and podcast. Have a great weekend, you!

For the love of meme: You and your friend, all the time.


When millennials work too many jobs…To buy a house.

Yep, rasanya milenial bisa beli rumah sendiri tuh udah masuk salah satu wonders of the world ga sih? Di satu sisi, kita sering banget nih, di-push para boomers aka ortu, om, tante, bahkan pemerintah biar bisa punya rumah sendiri. Di sisi lain, biaya hidup kan tinggi yah. Boro-boro kepikiran beli rumah, bayar langganan Netflix aja pake paylater :(. Nah guys, kalo kamu ngerasa beli rumah tuh a faraway dream, kamu ngga sendirian kok. Di berbagai belahan dunia, emang tengah terjadi krisis perumahan yang sampe memunculkan istilah Millennial Generation Homeless atau para anak muda yang nggak mampu beli rumah karena harganya yang selangit.
 
Tapi nih tapi, in a weird, rare case that kamu tiba-tiba ada duit buat beli rumah, ada beberapa pertimbangan nih yang harus kamu sadari lebih dulu. Soalnya beli rumah tuh nggak sesimpel beli cilok, guys. Secara cuan aja udah jauh lebih fantastis wkwkwk. Makanya kamu bisa ikutin nih beberapa tips sebelum mutusin buat beli rumah.

Your choices are your own.
¬†Tiap orang pasti punya selera masing-masing,¬†rite? Nah begitu juga buat rumah. Ada baiknya kamu beli rumah yang bener-bener sesuai sama selera kamu sendiri. Misal kamu punya temen banyak dan kepingin rumah kamu jadi basecamp tongkrongan, yha cari aja rumah yang punya halaman atau ruang tengah yang luas. But,¬†kalau kamu beli rumah bareng pasangan, yha minimal diobrolin lah preferensi rumah idaman masing-masing. Di sisi lain, iya sih, minta saran temen-temen dan keluarga penting, tapi pastikan keputusannya tuh udah bener-bener kamu pertimbangkan ya! Karena ngga kayak barang-barang lain, rumah kan gabisa ujug-ujug pindah gitu gengs. ūüôĀ

Pertimbangkan soal lokasi.
 Kamu pasti udah tau lah kalau ada beberapa tempat yang jadi area elit. Kek yang tinggal di sana tuh ya otomatis orang-orang yang emang tajir melintir. Makanya, better kamu sesuaikan dulu budget yang kamu punya dan tentuin lokasi rumah yang menurutmu paling strategis. Jangan lupa pertimbangkan jarak rumah kamu ke kantor, rumah ibadah, atau fasilitas umum lain seperti rumah sakit, kantor polisi, dan sekolah.

Take time finding KPR. 
Assuming kamu beli rumah dengan skema KPR, kamu harus bener-bener melakukan riset atas pilihan KPR yang mau kamu ambil, guys. Jangan dengerin kata marketing karena pasti banyak kembang-kembangnya. Instead, do your own research, ask everything compare, compare, compare! Berbagai pertimbangan yang bisa kamu pikirin adalah soal persyaratan, suku bunga, sampai angsuran bulanannya berapa.

Budget for everything.
 Beli rumah emang nggak sesimpel beli cilok tuh bener, guys. Soalnya selain kamu harus ngeluarin duit buat beli rumah, kamu masih harus keluar duit lagi buat pajak, listrik, pemeliharaan, isi rumah, dan lain-lain. Makanya penting nih buat kamu buat punya anggaran lain-lain buat elemen-elemen tadi. Karena ga mungkin kan kamu punya rumah tapi kosongan aja, misalnya. Nah terus kalo bisa sih, lebih bagus lagi kalau budget beli rumah kamu tuh udah meng-cover keseluruhan transaksinya. Jadi nggak mengganggu budget kesehatan, dana darurat, dan lain-lain.

Jangan kemakan iklan.
 Ini penting nih, soalnya yang namanya promosi udah tentu pakai kata-kata manis untuk merayu calon customer dong. Kamu kudu bijak nih men-filter tiap iklan perumahan. Mana yang possible untuk dicapai dan mana yang cuma janji palsu doang. Soalnya kamu tentu aja nggak mau dong kemakan iklan dan nerima rumah yang nggak sesuai sama ekspektasi kamu. Terlebih kalau ada tawaran bonus liburan mewah sampai mobil kalau kamu beli properti ini. Ada baiknya sih kamu bijak aja membeli apa yang benar-benar kamu butuhkan dan nggak tergiur hal lain.

Consider buying an income producing property.
 Well, kamu perlu tahu dulu nih kalau pembelian rumah atau properti tuh bisa untuk investasi juga. Makanya sebelum beli rumah untuk menunjang gaya hidup, bisa dipertimbangkan dulu untuk membeli rumah yang bisa menambah income kamu. Misalnya membeli rumah buat disewakan atau kos-kosan juga bisa. Intinya kamu bisa menambah income kamu lebih dulu sebelum bener-bener beli your dream home.

Kamu nggak harus ngelakuin semuanya sendirian.
 Yep, that’s right. Beli rumah pribadi nggak berarti kamu harus ngelakuinnya sendirian. Soalnya selain emang butuh cuan yang banyak, beli rumah rumah tuh juga cape banget secara mental, guys. If you have a friend or family yang bisa bantu kamu ke sana-sini buat cari-cari rumah ya better diajak aja. At least mereka bisa support kamu dan kasih pertimbangan yang kamu butuhin.


Now, all you need to have a perfect weekend…

Is our weekly recs!
Yep, weekend could be boring sometimes. Jadi buat nemenin waktu rebahan kamu, yuk cek recs kita guys! We got you everything, from podcasts to tv shows. Only all the fun things! 
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Guyss,¬†aku mau rekomendasiin satu akun Instagram yang bisa¬†improve your English language¬†namanya¬†Englishinsights_¬†Di sana tuh kamu bisa¬†learning English¬†lewat cuplikan-cuplikan film gitu. Ya lumayan lah buat nambah kosa kata Inggris kita. (Fadia)
  • Mumpung film¬†Sleep Call¬†masih ada di bioskop,¬†better¬†kalian ikutan nonton juga deh. Soalnya ini tuh bisa ku bilang salah satu film Indonesia yang keluar dari zona nyaman¬†plus¬†berhasil banget. Dengan bergenre thriller dan dimainkan sama¬†top actresses and actors.¬†I think¬†Fajar Nugros berhasil banget di film ini. Congratulations! (Anon)
  • UEFA Champions League¬†is back, guys! Yep pekan depan bakal UCL bakal mulai digelar lagi dan menyajikan banyak banget¬†big matches¬†nih. Salah satu yang gue tunggu yha Manchester United vs Bayern Munchen.¬†As a Bayern fans, jelas gue dukung penuh FC Hollywood buat menang lawan MU. –Pips
  • Buruan deh cobain Escape Room di Mall of Indonesia lantai G, deh. Escape Room ini tuh dinamain “Haunted Palazzo Experience” yang¬†inspired by¬†A Haunting in Venice.¬†Kalian bisa cobain ini¬†FREE¬†dari hari ini sampai 1 Oktober besok. Jangan lupa tonton juga filmnya¬†ygy! (Anon)
  • The Comfort Book¬†by Matt Haig.¬†I think this book really helped me to see another side of a problem or something that happened in my life.¬†Dari kata-kata yang mudah dipahami, juga menenangkan, bagaimana kita menghadapi situasi yang belum pernah terjadi. The pages are not that many, so it’s really good to read enjoy in your free time.¬†(Anon)
  • Selasa kemarin¬†Manchester City¬†baru aja ngumumin bakal bawa keempat piala¬†treble-nya ke Jakarta,¬†guys! Nggak cuma itu, mereka juga bakal ngadain nobar nih antara Man. City vs Wolverhampton. Gas banget ga sih? –Wonderkid
  • Our¬†podcast! We‚Äôre talking about¬†Karhutla di mana-mana, Pertemuan Kim Jong-un-Vladimir Putin, dan iPhone 15 baru dirilis di AS.¬†Leggooo‚Ķ
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

‚ÄúThe darkest places in hell are reserved for those who maintain their neutrality in times of moral crisis.‚ÄĚ
-Dante Alighieri-

Thank you note


Thanks to Daffa and Sylvia for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here.¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)