Pelatihan dari Google & Youtube Untuk UKM

143

When your dream is to become Seo Dalmi working at Sandbox….

Here, here. We got you.
Karena kemaren banget nih, dalam rangkaian Hari UKM Nasional, Kementerian Koperasi dan UKM, barengan sama Google dan YouTube ngumumin bakalan kasih pelatihan buat sejumlah usaha kecil dan menengah biar makin uplift lagi, guys. Nggak cuma itu, Google dan YouTube juga bakal kasih lebih dari Rp2 miliar buat UKM berbagai industri yang bisa dipakai buat nge-fulfill beragam alat pemasaran digital.

FOR REAL????
Yep, for real. To give you some context, kamu tahu sendiri kan kalau di zaman sekarang, transformasi digital tuh udah gila-gilaan banget, rite? Nah transformasi digital itu most likely juga berpengaruh sama gaya hidup masyarakat, guys. Termasuk gimana orang dapetin cuan dari berbagai usaha yang mereka jalankan. Kayak, beneran cuan banget heyy. Dan hal ini nggak cuma berdampak sama pertumbuhan bisnis mereka aja, tetapi juga pertumbuhan ekonomi negara yang terus bergerak naik. Cuma ya gitu, di tengah gempuran era digitalisasi, ternyata masih banyak UKM yang belum didigitalkan.

Okay….
Hal ini yang kemudian jadi concern-nya pemerintah, guys. Iya, pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM tuh pengennya UMKM pada masuk ke ekosistem digital. Secara, dari jutaan UMKM yang udah exist di Indonesia, baru 22 juta-nya aja yang sekarang udah digitized. In that sense, UKM yang lain kudu ngikut dong masuk ke ekosistem digital juga. Makanya dibantu sama Google dan YouTube. Iya, dalam Hari UMKM Nasional kemarin, di Istana Mangkunegaraan, Solo, Google dan YouTube ngumumin bahwa mereka bakal bantu UKM Indonesia buat bergerak secara digital, guys.

Gimme all the details….
Sure. Dalam keterangannya, Managing Director Google Indonesia, Randy Jusuf menyebut pihaknya emang udah bertahun-tahun kasih pelatihan ke lebih dari dua juta pemilik usaha di seluruh negeri lewat program-program kayak Gapura Digital, Women Will. you name it deh. Lebih jauh, Mas Randy juga bilangnya hal ini sejalan sama komitmen mereka mendukung program pemerintah in terms of ekonomi berkelanjutan, guys. Jadi bisa kasih akses dan peluang yang sama buat para owner UKM kan. Ending-nya, UKM itu bisa kebantu deh, usahanya berkembang secara online dan akhirnya nemu pelanggan baru.

Sounds reallyyyy good. 
We know, rite?? Nah setelah sukses dengan program-program di atas, sekarang pertanyaannya Google dan YouTube: “Apalagi nih yang bisa kita bantu buat ngembangin UKM di Indonesia?” Nah atas hasil diskusi bareng pejuang UKM, ternyata banyak nih pejuang UKM yang butuh dana buat masuk ke industri digital, secara emang nggak sedikit kan modal yang dibutuhkan di situ. That being said,
Advertisement
 Google dan YouTube pun committed bakal kasih dana lebih dari Rp2 miliar buat UKM di seluruh Indonesia, guys.

WOW dikasih modal dong…
Nggak cuma itu. Wait until you hear about: Pejuang UKM yang dapat modal ini juga bakal dikasih pelatihan dari Google dan YouTube, guys. Iya, disampaikan langsung oleh Head of Brand and Reputation Marketing Google Indonesia, Muriel Makarim, pelatihan ini penting supaya orang-orang yang dapat modal ini beneran paham and got the whole ideas gimana cara mengoptimalkan usahanya dari modal yang mereka punya. Biar nggak bingung gitu lo duitnya mau dipake buat apa. Biar dana yang dikasih juga bermanfaat dan at the end of the day, usaha yang mereka jalankan juga bisa sustainable alias berkelanjutan. Pelatihannya sendiri bakal berlangsung sampai akhir tahun nanti. Mayan kan….


I believe the government has a say…
Of course. Menyikapi hal ini, Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyebut pihaknya sangat mengapresiasi langkah Google dan YouTube ini, guys. Secara, langkah ini emang aligned sama program pemerintah yang mau mempersiapkan UMKM masuk ke ekosistem digital. That being said, Pak Teten juga berharap semoga dengan adanya program ini, target pemerintah supaya 30 juta UMKM masuk ke ekosistem digital bisa tercapai.

Got it. Anything else I should know? 
Btw, yang harus kamu ketahui adalah, program kali ini tuh bakal berfokus ke empat industri, which is pariwisata, gaya hidup, termasuk F&B dan fashion, terus media dan juga entertainment, sampai pengembang game dan aplikasi. Semuanya legit didukung Google dan YouTube dalam campaign #FlexingLokal #BarengGoogledanYouTube untuk satu tujuan: Transformasi UMKM untuk Masa Depan .
Advertisement