Friday Pause: Silver strand ūüíĄ

61

Good morning

Welcome to Friday again, people. We know it’s your favorite day, so to make it even cooler, enjoy our podcast¬†here. Down below we got you some more memes, tips, recs, and all the recipe for the weekend. Have a good one!

For the love of meme: Even getting angry is hard…


When you spend too much time on dating apps…

Be aware, be aware.
Calling out all people yang udah pernah atau sampai sekarang masih aktif banget main dating apps like Tinder, Bumble, Tantan, etc. Well, dari main aplikasi ini, kalian udah dapet apa aja nih? Pacar? Temen deket? Atau dapet hikmah doang gara-gara masih terlalu trust issue sama orang asing?
 
Nah, apa pun yang kamu dapet, ga bisa dipungkiri bahwa¬†dating apps¬†emang jadi salah satu opsi kesukaan kita semua dalam mencari apa yang dicari (wkwkwkw). Terus juga diketahui bahwa di Amerika Serikat, tiga dari sepuluh orang dewasa tuh udah pernah main¬†dating apps, meaning,¬†emang secandu itu¬†dating apps¬†tuh. Nah tapi ya¬†guys, namanya perkembangan teknologi, pasti ada pro dan kontranya juga. Beberapa ahli kesehatan mental udah ngingetin bahayanya kalo kita kebanyakan main dating apps, di antaranya kita jadi ketergantungan, rawan sakit hati, hingga¬†lowering your self worth.¬†Selain itu, beberapa¬†issues¬†lain yang paling sering muncul gara-gara¬†dating apps¬†di antaranya…
  • Body image issue.¬†Well,¬†ternyata menurut survei tahun 2017 lalu, pengguna aplikasi Tinder tuh lebih banyak merasa kurang puas sama bentuk muka dan tubuhnya dari pada orang-orang yang nggak main Tinder. Mereka yang sering main Tinder tuh juga lebih sering bandingin penampilan satu sama lain, gitu. Survei ini juga didukung sama survei lanjutan di tahun 2019 yang bilang bahwa orang yang sering main¬†dating apps¬†juga cenderung pakai obat-obatan penurun berat badan yang nggak sehat juga,¬†guys.
  • Overall mental health concern.¬†Survei di tahun 2020 juga bilang ternyata¬†dating apps¬†yang biasa kita¬†‚Äėswipe right‚Äô or ‚Äėswipe left‚Äô¬†tuh bikin tingkat depresi,¬†anxiety, dan stres yang tinggi. Hal ini karena kadang kita ketemu seseorang yang ekspektasinya beda, ga cocok, sampe yang¬†stuck¬†di¬†talking stage¬†aja. Jadinya cape kan. Survei ini bisa dibilang valid nih soalnya dilakuin ke 400 pengguna dating apps.
Yep sekarang ini emang penting banget buat ngejaga mental health diri sendiri. Ya gimana ya, masak niatnya mau cari temen lewat dating apps, eh malah dapetnya kena mental lagi kena mental lagi. Pastinya kita nggak mau dong. Makanya nih, ada beberapa hal yang perlu kamu ingat sebelum kamu mulai nge-swipe lagi di dating apps. Without further ado, ini dia cara-cara yang bisa kamu lakukan pas main dating app, biar tetep waras:
  • Consider your state of mind.¬†First of all, sebelum masuk ke¬†dating apps,¬†kamu harus sadar kalau kamu udah sembuh sepenuhnya. Sembuh di sini bisa dalam segala hal. Sembuh dari¬†mental issue, sembuh dari masa lalu, sembuh dari ingatan mantan, dan sembuh-sembuh yang lain deh. Soalnya akan jadi riskan banget kalau kamu masuk ke aplikasi ini di kondisi belum sembuh sepenuhnya. Bayangin nih ketika kamu belum totally sembuh dari masa lalu dan malah dapat penolakan dari gebetan kamu di aplikasi itu. Bisa jadi luka lama kamu bakal terbuka lagi dan berpikir, ‚ÄúSemua cowo/cewe tuh sama aja!‚ÄĚ
  • Don‚Äôt take it personally.¬†Yep, ini penting. Kalau kamu dapet penolakan di¬†dating apps, misalnya kamu¬†swipe right¬†orang tapi ngga di-swipe right¬†balik, ya jangan terus¬†overthinking¬†dan nyalahin diri sendiri. Sadarlah ada delapan miliar orang di planet ini,¬†guysss. Nggak semua orang tuh harus cocok sama kamu.¬†And you only need to find one “the one.”
  • Treat profiles like real people. Sometimes begitu udah kecanduan main aplikasi ini, kita kadang lupa yang sedang kita ajak interaksi itu orang beneran. Mereka bukan bot apalagi artificial intelligence aka¬†AI,¬†guys.¬†So, show your respect. Ada baiknya kamu beneran lihat keseluruhan profil yang mereka cantumkan alih-alih cuma lihat dari satu atau dua faktor aja. Terus pas ngobrol juga¬†remember to always be kind, respectful dan gausah tiba-tiba ngirim foto apaaa gitu. Serem tauk.
  • Limit your time.¬†Apa pun yang berlebihan emang nggak bagus,¬†guys. Termasuk¬†screen time¬†kamu di¬†dating apps. Jangan nafsu banget nge-swipe¬†sampai berjam-jam gitu. Menurut para pakar kesehatan mental, kalo mau swiping tuh cukup 15 menit aja max. Lagi-lagi ini biar kamu nggak ngerasa cepet bosen dan menjadikan pengalaman nge-swipe kamu jadi jauh lebih menyenangkan.
  • Be authentic.¬†Last but not least, nggak usah terlalu kaku buat nulis profil di akun kamu sendiri. Nggak usah juga terlalu ngikutin algoritma¬†dating apps¬†atau nulis¬†something trending¬†buat berharap¬†someone swipe right¬†kamu.¬†Be yourself aja, guys. Tulis apa yang emang diri kamu sendiri suka di profil akun kamu. Pasti ada kok orang yang ngerasa sefrekuensi yang akhirnya match sama kamu.


Now, here’s some recs for your weekend…

If you decided to stay in today, we got you all the things you can do/read/enjoy to spice up your weekend. Let’s go!¬†
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Tiba-tiba ke stop waktu lagi nonton K-Series¬†Summer Strike¬†dan beberapa hari ini lagi terusin. Series ini¬†calming¬†banget, dari¬†tone, latar tempat, dan narasi yang nenangin untuk orang-orang yang mungkin saat ini lagi engga mau punya tujuan hidup dimasa depan dan pengen menikmati hidup dengan tenang dan ga buru-buru karena semua pasti ada alasannya yang engga semua harus dituntut jadi yang sempurna. Cocok banget ditonton untuk nemenin waktu santai di kala cape dan¬†weekend¬†kalian.¬†You can watch on Netflix¬†;). (Anon)
  • Just finished¬†nonton¬†19/20¬†di Netflix, bocil sii tapi gemes jugaa, baru gede tapi problematik banget asmaranya. Boleh banget di tonton buat hiburan apalagi yg sebelumnya ngikutin¬†Single Inferno.¬†(rn)
  • Mau rekomendasiin bacaan di wattpad berjudul¬†My Julia.¬†Nagih banget baca ini. (Anon)
  • Buat kalian yang punya¬†plan¬†buat¬†weekend trip¬†bareng temen-temen, harus banget dengerin lagu “Remember When” dari Wallows pas lagi di perjalanan. Lagunya asik banget buat vibing di jalan sambil nyanyi-nyanyi, terus lagu Wallows yang lainnya juga enak-enak semua buat di dengerin sambil ngeliat pemandangan di jalan. @mkharis30
  • To fellows Marvel fans that like to try something different: Meet¬†Rumah Editor.¬†Di sini bagi kalian yang¬†into Marvel or other movie in general, bisa dengerin gimana satu¬†reviewer film ngebedah suatu film dengan cara yang totally different. Let’s say, in a scientific way¬†(waduch ūüėÖ).¬†So, bagi kalian yg emang telinganya lagi menggabut,¬†need something to hear about and don’t mind to hear something hard like¬†fisika kuantum,¬†I highly recommend you to check this out. Trust me, it’s worth it.¬†ūüėČ (Anon)
  • Wanna feel something blue on your weekend night? Coba deh dengerin “Slip out of the planet” by Yuji Kurokawa. Musiknya sendu, liriknya bagus banget, cocok buat ngodein doi di Instagram story (jk, unless..). Karena inget “Even if you slip out from the planet someday, I’ll go and find you.” (Anon)
  • Mau rekom satu lagu dari penyanyi favorit aku, Alina Baraz, judul lagunya “To Me.” Menurut aku lagu ini¬†deep¬†banget maknanya, tentang menciptakan versi terbaik dari diri kita, ngga ngebiarin hal” yg kurang penting ngerusak kebahagiaan diri kita, dan memaknai segala hal baik yang kita lalui dalam hidup. –imt
  • Our¬†podcast!¬†We’re talking¬†about¬†Potongan hukuman Ferdy Sambo, deforestasi Amazon, dan kembalinya anak Raja Thailand. Leggooo…

Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!


Quote of the day

“Hurt people hurt people.”
 
-Anonymous-

Thank you note

Thanks to Erta and Ghiel for buying us coffee today!
 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here.¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)