Yunani Jadi Negara Paling Parah Terlalap Api

102

When it’s a cruel summer in Greece…

Because of the wildfire. 
Yep, saking panasnya cuaca belakangan ini di Eropa, banyak negara yang akhirnya mengalami kebakaran hutan. Adapun negara paling parah terlalap api saat ini adalah Yunani.

Hiks 🙁 tell me. 
Jadi for starter, kamu tentu udah tahu bahwa gara-gara climate crisis, suhu bumi tuh juga meningkat dan end up bikin cuaca panas ekstrim aka hareudang puoll. Nah, cuaca panas ini yang juga terjadi di Rhodes Island, Yunani, di mana udah daerah itu mengalami cuaca panas sampai 45 derajat Celsius dalam seminggu terakhir. Cuaca panas ini kemudian bikin disaster yang lebih besar, which is kebakaran hutan dan lahan.

Ya ampun….
Parah banget kondisinya, guys. Saking parahnya nih, belasan ribu orang sampai harus dievakuasi. Otoritas kepolisian di sana bahkan bilangnya evakuasi kali ini adalah the biggest fire evacuation EVER in Greece. To be specific, polisi setempat tuh mengevakuasi 16.000 orang lewat jalur darat, 3.000 orang lewat jalur laut. Terus ada juga ribuan orang yang meninggalkan tempat tinggal mereka menggunakan transportasi mereka sendiri.

Parah banget emangnya? 
Banget. Masih dari keterangan otoritas setempat, area kebakaran yang harus mereka taklukkan tuh emang beneran luas, karena titik apinya tersebar di 79 wilayah di seantaro Yunani. Kondisi juga makin parah karena angin kencang yang bikin apinya makin cepat menjalar dan makin sulit dijinakkan.
Advertisement

Terus gimana dong? 
Saat ini, upaya pemadaman api masih on going, tapi emang rada suram sih, kalo kata BMKG-nya Yunani. Hal ini karena heatwave aka gelombang panas diprediksi masih bakal terus terjadi hingga 11-12 hari mendatang.
 
Sad 🙁
Iya, makanya negara-negara tetangga Yunani kayak Prancis, Kroasia, Slovakia, sampai Turki tuh udah ngirimin bantuan, guys. Udah ada 260 petugas dan 18 pesawat dari luar Yunani yang turun langsung buat membantu memadamkan apinya. Terus, pesawat komersil juga stand by buat memberangkatkan warga dan turis untuk keluar dari Rhodes Island.

Anything else I should know? 
Sejauh ini, upaya pemadaman api udah memakan korban, guys. Ada dua orang pilot yang meninggal gara-gara pesawat yang mereka kendarai untuk memadamkan api dari udara mengalami kecelakaan. Menurut keterangan resmi dari pemerintah, pesawat yang mereka tumpangi jatuh ke jurang karena visibility yang sangat rendah. Hiks…
Advertisement