Pemilu Flash 10 Juli 2023

128

As always. Another Monday, another….

Pemilu Flash!

Yoi, Monday means more news on Pemilihan Umum 2024, Catch Me Up! style. Kamu gausah buka banyak-banyak tabs dan website berita buat cari tahu apa aja yang terjadi sepanjang minggu lalu, karena mimin udah rangkum semuanya di sini. Cause we never go out of style….

  • PDI Perjuangan makin lengket sama Partai Demokrat. Ada yang sekarang temenan lagi tapi bukan kamu sama mantanmu. Yep, we’re talking about Partai Demokrat dan PDI Perjuangan. Udah jadi rahasia umum yah kalau selama 20 tahun terakhir ini, hubungan Partai Demokrat dan PDI Perjuangan tuh emang kurang bagus, guys, seiring dengan beef antara kedua pemimpinnya, Bu Mega dan Pak SBY. Nah, tapiii hubungan kedua partai ini beberapa waktu ke belakang disorot mulu gara-gara keliatan makin akrabYep, we’re talking about pertemuan nepo babies, Mas AHY dan Mba Puan yang berlangsung beberapa minggu lalu. Makanya banyak yang berspekulasi nih, apakah Demokrat yang udah ada di koalisi bareng Nasdem dan PKS untuk dukung Pak Anies Baswedan, bakal pindah ke koalisinya PDIP dan dukung Mas Ganjar Pranowo?
  • Mungkinkah Demokrat nyebrang ke koalisi PDIP? Everything is possible in politics, beb. Tapi sih kata Sekjen PDI Perjuangan Mas Hasto Kristiyanto, pertemuan partai politik itu diselenggarakan dengan mengedepankan etika politik. Selanjutnya menanggapi kedekatan kedua partai tadi, Ketua DPP Partai NasDem Effendie Choirie bilang, ”Kalau tujuannya buat mengganggu, ya haram,” gitu.
  • Dukungan terhadap Pak Anies tetap nggak berubah. Yep, Partai Demokrat juga menyebut bahwa meskipun ketemuan sama PDI Perjuangan, tapi dukungan mereka terhadap Pak Anies Baswedan tetap nggak bakal goyah. Politisi Demokrat, Kamhar Lakumani bahkan bilang pertemuan intens ini bukan buat Pemilu, tapi sebagai bentuk kedewasaan politik buat meningkatkan kualitas demokrasi negeri.
  • Now everybody’s confused… Sama sikapnya Pak Jokowi. Pasalnya meskipun merupakan kader PDIP, tapi beliau tuh makin terang benderang aja nunjukkin dukungannya terhadap Bakal Capres dari Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Ya padahal kan PDIP dukung Mas Ganjar ya… Terkait sikapnya Pak Jokowi ini, pengamat politik dari Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno bilang bahwa sampai saat ini sikap politiknya Presiden Jokowi tuh belum sepenuhnya dukung Pak GP, guys
    Advertisement
    Instead, Pak Jokowi bahkan disebut mengarahkan pilihannya ke Pak Prabowo. Nah kalau begini terus keadaannya sampai Februari ntar, yang ada Pak Ganjar dan PDI Perjuangan bisa rugi. Secara, kehilangan suara dari Pak Jokowi dan pendukungnya.
  • Pak Jokowi might not be the only one…  Selain Presiden Joko Widodo, ada satu lagi kader PDI Perjuangan yang menunjukkan dukungannya ke Pak Prabowo. Now everybody meet: Anggota Komisi I DPR RI, Effendi Simbolon. Adapun dukungan ini disampaikannya pada hari Jumat kemarin, waktu Rakernas Marga Simbolon (Rakernas Marga banget gatu) di Menteng, Jakarta Pusat. In his words, Pak Effendie bilangnya, “Saya pribadi secara jujur berharap Indonesia dinahkodai pemimpin yang punya keandalan, yang bisa berkompetisi di dunia internasional, dan menjalin keharmonisan dari Aceh sampai Papua. Dan, figur itu saya lihat ada di Prabowo Subianto.” Atas statement ini, people belike.. “Gak bahaya tah?”
  • Effendi segera dipanggil PDI Perjuangan. Ya gitu, guys. Atas statement pinggir jurang ini, PDI Perjuangan dalam waktu dekat bakal mengundang Pak Effendie buat melakukan klarifikasi. Adapun menurut Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto, semua kader tuh harus tegak lurus sama keputusan partai yang udah mengusung Ganjar Pranowo. Sebagai bagian dari disiplin partai juga ceunah. Hmmm….
  • Tiga nama bakal calon pendamping Ganjar. Nah di tengah rame-rame soal dukungan terhadap Pak Ganjar, sampai saat ini cawapresnya masih belum keliatan hilalnya, guys. Sejauh ini, ada tiga nama yang kenceng banget diisukan akan mendampingi Pak Ganjar. Ada Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif aka our Papa online, Sandiaga Uno. Menyikapi hal ini, Pak Ganjar sih kemarin bilangnya, “Nggak papa, milih yo bebas. Nanti nama-namanya diundi,” wkwkwk.
Advertisement