Kecelakaan Truk & Kereta di Semarang

123

Now some updates from Semarang…

On the train crash.
Yep, kamu pastinya udah tahu kan soal video viral, di mana sebuah truk tronton yang berhenti di tengah-tengah rel tiba-tiba ditabrak kereta sampe ngeluarin ledakan api yang gedeee banget? Nah, hal itu baru aja kejadian di Semarang guys, and it’s all reaaaal…

WHAT tell me.
Yep, hal ini terjadi Selasa kemarin sekitar pukul tujuh malam di Jalan Madukoro Raya, Semarang. Awalnya ya lalu lintas berjalan seperti biasa aja selayaknya jalan di area pemukiman dan perkantoran gitu. Sampe sekitar pukul 19.20 WIB, ada truk tronton yang tiba-tiba mogok di perlintasan rel kereta api. Karena mesin truk nggak kunjung bisa dinyalain, supir dan kernet truk akhirnya turun buat minta tolong petugas jaga di palang pintu.

Ok terus?
But sayangnya, nggak selang lama ada Kereta Api Brantas relasi Blitar-Pasar Senen yang melintas di rel itu. Tabrakan antara kereta api dengan truk tronton pun nggak bisa dihindari lagi, guys. Lewat rekaman video yang tersebar, terlihat tuh bahwa truk sempet terseret kereta ke arah jembatan dulu sebelum akhirnya ngeluarin api yang membumbung tinggi banget. Masyarakat yang ada di sekitar sana juga terlihat panik sambil berlari menjauh dari api.

OMG…
Meskipun segitu parahnya efek ledakan pada tabrakan kereta api dan truk tronton ini, syukurnya nggak ada korban jiwa sih. Terus masih di hari yang sama, Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Semarang, Pak Irwan Anwar mengkonfirmasi cuma ada satu penumpang yang terluka lantaran melompat dari gerbong saat kecelakaan berlangsung. Korban kemudian ke rumah sakit setempat setelah mengalami dislokasi pada bagian kaki. Selebihnya, baik penumpang dan masinis nggak ada luka fisik. Thank God…

Kepo deh POV penumpangnya kek apa?
Nah kebetulan salah satu penumpang udah mengisahkan point of view dirinya di dalem kereta. Ini dikisahkan sama Pak Suharyono kepada wartawan di hari yang sama saat kejadian berlangsung. Pas itu, Pak Suharyono duduk di gerbong Ekonomi 1. Awalnya dia dan para penumpang yang lain kaget, kok kereta tiba-tiba mengerem mendadak. Nggak lama setelah itu, Pak Suharyono ngerasain getaran yang kuat banget dan ngeliat beberapa penumpang lain terpental ke kursi
Advertisement
 depan. Setelah diberi kabar kereta menabrak truk dan timbul kobaran api, seluruh penumpang akhirnya disuruh keluar dari gerbong kereta.

Terus kalo masinisnya gimana?
Secara fisik sih, masinis Kereta Api Brantas dikabarkan baik-baik aja. Hal ini dikonfirmasi sama Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Pak Irfan Hendri yang bilang masinis kereta langsung melakukan pengecekan kesehatan. Hasilnya nggak ada luka secara fisik yang dialami masinis. Tapi, secara psikologis masinis perlu beristirahat terlebih dahulu sebelum keesokan harinya harus memberikan keterangan terkait tabrakan ini secara lengkap.

Kalo sopir truknya apa kabar?
Nah selepas kejadian, sopir dan kernet yang sempet nyariin petugas jaga di palang pintu malah kabur, guys. Mereka sepertinya panik dan takut sehingga memilih meninggalkan lokasi kejadian. Mengetahui hal ini, polisi kemudian melakukan pendekatan melalui keluarga dan perusahaan pemilik truk. Alhasil pendekatan ini berhasil pada hari Rabu kemarin, sopir dan kernet telah menyerahkan diri. Polisi masih mengambil keterangan dari sopir dan kernet truk yang masih berstatus sebagai saksi.

Got it, anything else I should know?
Penumpang Kereta Api Brantas relasi Blitar-Pasar Senen yang sempat mengalami penundaan akibat kecelakaan ini akhirnya bisa diberangkatkan kembali pukul 22.31 WIB. Kecelakaan ini juga berimbas pada sepuluh keterlambatan kereta yang terjadi kemarin. Meskipun gitu, PT KAI terus berusaha normalisasi jadwal keberangkatan kereta pasca insiden kecelakaan Kereta Api Brantas.
Advertisement