Kebijakan Paris Untuk Subsidi Perbaikan Pakaian

129

When you can get discount…

To fix your clothes in France.
Ngomongin soal Prancis tentu nggak afdol kalo kita nggak ngomongin fashion-nya. Yep kamu tau lah ya, kalo Prancis begitu iconic dengan hal-hal terkait fashion, terlebih salah satu event-nya yaitu Paris Fashion Week yang udah pasti jadi tontonan. Nah tapi kita lagi nggak bahas Paris Fashion Week (udah lewat sebulan yang lalu juga soalnya) guys. Kita lagi mau bahas soal kebijakan baru Prancis soal fashion, di mana negara bakal ngasih subsidi atas perbaikan pakaian yang dilakukan masyarakatnya.
 
Kebijakan ini diumumin langsung sama menteri untuk ekologi dan lingkungan, namanya Madame Bérangère Couillard Selasa kemarin. Nggak tanggung-tanggung Pemerintah Prancis bakal kasih subsidi mulai dari US$7 buat perbaikan ringan sampe US$28 untuk perbaikan yang paling rumit. Rencana sih, Prancis bakal kerja sama dengan organisasi swasta bernama Refashion untuk mencoba skema ini pada bulan Oktober besok.
Advertisement
 
Sounds a little bit weird, but honestly tujuannya bagus lho. Kebijakan ini diambil pemerintah Prancis untuk berusaha menekan limbah tekstil di negaranya yang mencapai 700.000 ton setiap tahunnya. Harapannya sih masyarakat Prancis akan lebih memilih memperbaiki barang fashion yang sudah rusak ketimbang membuangnya, sehingga limbah tekstil bisa berkurang. Bu Menteri juga bilang ada misi menumbuhkan ekonomi sirkular dari kebijakan ini yang membuat produk fashion bisa bertahan lebih lama. Untuk melancarkan kebijakan ini, pemerintah Prancis juga bakal menggandeng penjahit dan brand pakaian untuk sama-sama mendorong komsumennya untuk memperbaiki pakaian instead of membuangnya.
Advertisement