Friday Pause: He was sunshine ūüĆě

326

Good morning

Yeay it’s finally Friday! Time to have a little breather and hit the pause button from the news (OH how crazy the news has been lately???) so you always deserve to chill and enjoy some podcast, memes, tips and recs instead. Have a GREAT weekend!

For the love of Meme: For those who’ve been wondering….


When it’s always hot outside…Time to take care of your body.

Iya guys, nyadar kan ya kalo belakangan ini cuaca tuh lagi panaaas banget? Apalagi seminggu ini tuh emang lagi rame banget soal suhu rata-rata bumi yang mencapai angka tertinggi dalam 100.000 tahun terakhir. Yep, you read it right. Suhu rata-rata tertinggi dalam 100.000 tahun terakhir, which is 17,18 derajat Celcius. Parah banget kan?

Nah, ga mungkin banget kalo panas ekstrim ini ga ngaruh apa-apa sama tubuh kamu. Makanya today, let’s talk about it!
 
What happened to your body during the heat?
Of course cuaca panas apalagi yang ngga biasa tuh berpengaruh banget sama tubuh kamu. Hal paling simple adalah ketika kamu kepanasan, otak berusaha ngimbangin dengan mendinginkan tubuh kamu, guys. Caranya dengan ngeluarin keringat. Cara lainnya adalah dengan memperbesar pembuluh darah dan meningkatkan heart rate kamu, supaya darah dan panas dalam tubuh bisa teralirkan ke permukaan kulit. Tapi inget, kita ngga di-design buat ada di survival mode terus, meaning mereka ga bisa terus-terusan melakukan upaya-upaya mendinginkan diri sendiri tadi guys. Inilah yang kemudian bakal mulai berpengaruh ke kesehatan tubuh kamu, aka memunculkan banyak penyakit.
 
Now everybody meet, heat-related illness. 
Ini bahaya banget. Karena kalau suhu tubuhmu tinggi, berbagai kerusakan kayak kerusakan otak dan organ-organ vital lainnya rentan banget kejadian. Yep, mulai dari heat cramps alias kram panas, terus sekujur badanmu juga bisa iritasi, belum lagi jerawat dan ruam merah lainnya. Terus, kamu pernah nggak sih ngerasa pusing kepala keliyengan, mual, gitu-gitu pas kepanasan? Iya, itu karena saking panasnya suhu tubuhmu, guys. Jangan dianggap enteng nih yang begini. Karena kalau nggak, bisa berakibat fatal atau bahkan leading up to death :(((
 
Who’s mostly at risks?
Tentunya orang tua dan anak-anak ya guys, apalagi kalo orang tuanya punya penyakit bawaan. Kedua kelompok usia ini juga kesehatannya lebih rentan dibanding kita-kita yang lagi di usia produktif. Makanya pastikan kakek-nenek dan kalo ada bayi di rumahmu, itu mereka terlindungi dari panas ekstrim. Selain itu, tentunya hewan peliharaan juga. Jadi jangan pernah deh kamu ninggalin anabul kamu di dalam mobil misalnya, walaupun cuma satu menit.

How to stay safe?
Dalam cuaca lagi panas gini, tentunya tips kayak gini will always come in handy. Yuk guys, cek!
  • Kenali gejalanya.¬†First things first, penting banget buat kita aware¬†sama gejala terhadap serangan kesehatan akibat suhu panas ini. Kayak misalnya kamu atau temen kamu beraktivitas¬†outdoor¬†dalam jangka waktu yang lama terus mulai merasa pusing, mual-mual, mau muntah, nah bisa jadi itu karena¬†heat stroke. Cara paling cepet adalah kamu pergi dulu dari area panas itu dan buru-buru cari tempat dingin.
  • Cepet kasih air.¬†Ini¬†basic¬†banget tapi beneran¬†works. Kalau orang udah mulai kepanasan, pertolongan pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan kasih air. Biar bisa dingin lagi kan. Nah tapi kalau udah mulai muntah atau bahkan kehilangan kesadaran sampai pingsan gitu, cepet bawa ke fasilitas kesehatan terdekat yah.
  • Hindari aktivitas¬†outdoor.¬†Another basic tips¬†tapi¬†again, beneran¬†works. Ya logic aja kalau nggak mau kena panas yha diem aja di rumah atau tempat tertutup lainnya. Jangan paksain aktivitas di luar ruangan, terutama di jam-jam krusial mulai dari 11 siang sampai 3 sore (Sumpah itu mataharinya ga maen-maen). Tapi kalaupun harus ke luar nih, yha¬†make sure¬†kamu minum air yang cukup, pakai baju warna cerah, dan¬†cover bagian kepala kamu.
  • AC helps.¬†Yep, siapa di sini yang AC-nya nggak pernah mati 24/7?? Hehehehe. Ya gitu deh,¬†guys. Saking panasnya nih cuaca di luar, di dalam rumah pun kadang rasanya masih panas ya. Makanya AC¬†stand by¬†deh. Nah itu bagus tuh,¬†guys. Secara AC emang bikin tubuhmu tetap sejuk kan. Tapi yaa secara¬†climate crisis¬†juga udah makin darurat, kamu bisa beli AC-nya yang lebih ramah lingkungan dan hemat listrik. Terus,¬†what about¬†kipas angin then? Ya bagus sih. Tapi nggak bisa diandelin juga¬†tbh.¬†Bahkan menurut para pakar kesehatan, kipas angin nggak bisa mencegah penyakit akibat suhu panas.
  • Pls¬†check up on your surroundings.¬†Last but not least, pleaseee pls¬†banget ini mah,¬†check up on your surroundings¬†
    Advertisement
    ya, guys. Keluarga, tetangga, temen, orang tua, dll apalagi kalau mereka tinggal sendiri. Ya, kamu deh yang inisiatif taking care of them, yah.


When you think “weekend ngapain ya??”

Well, as always, we got all your weekend inspo here! From books to read to movie to binge, you’re entitled for a restful weekend. Lets go! 
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Aku mau kasih rekomendasi untuk baca novel “Meet Me in Bombay“. Penggambaran kota Bombay-nya detil banget dengan latar belakang World War I. Cerita¬†romance¬†yang dibalut deg-degan karena ada perang. Seru!-¬†@franatasya
  • Aku lagi baca beberapa buku,¬†well¬†bukan buku keluaran baru juga sih. Buku itu judulnya “Sesekali kita butuh sepi“. Buku ini tuh sebenernya buku¬†self-improvement, jadi bagus banget buat kamu yang lagi ngerasa¬†down.¬†Di situ¬†banyak kata kata yang bikin kita semangat dan bangkit lagi. Semoga bisa jadi salah satu rekomendasi buat para pembaca. Thank you! (@cinnamyon)
  • Shhtt, it’s summertime! I would like to recommend you guys¬†sama serial dari Prime Video judulnya “The Summer I Turned Pretty“.¬†And surprisingly the 2nd season¬†bakal dirilis tanggal 14 Juli ini,¬†¬†soo calling for everyone to enjoy summer with the beach guys!¬†(Anon)
  • Pagi-pagi baca buku sambil dengerin “Walking Back Home“-nya Vira Talisa atau “Swing it Bob“-Mocca bisa jadi salah satu cara santai untuk memulai¬†weekend-mu yang “semoga” indah xixi.-anon
  • Guys, aku mau ngasih rekomendasi lagu yang liriknya itu sedih, tapi musiknya itu bukan musik sedih. Yups, “Pretender“-nya Official Hige Dandism sama “Dust“-nya Seventeen. Bener-bener mantep buat diputer terus! Buat kalian yang tau lagu model gitu, boleh kasih rekomendasinya juga, ya! (Indri)
  • Untuk yang suka baca buku genre drama, aku rekomen “Lebih Senyap Dari Bisikan.” Buku ini definisi¬†bittersweet. Emosi kalian bakal naik turun baca kisah percintaan sepasang suami istri yang beda agama ini. Ga cuma itu permasalahan mereka, tapi banyak konflik lain yang pasti bikin nangis ūüôĀ (Anon)
  • Buat kalian yang tergila-gila sama “Tak Segampang Itu”-nya Anggi Marito. Kalian harus dengar lagu terbarunya Anggi setelah dia rilis “Taksi” ini. Judulnya “Tak Ingin Kau Terluka” ft. Mario G. Klau (FYI Mario ini songwriter yang nyiptain “Tak Segampang Itu”, “Tak Ingin Usai”-nya Keisya Levronka, dan¬†single hits¬†lainnya). Lagunya bagus banget cerita soal pasangan yang lagi berantem tapi kayak diingetin lagi, “Udahan kali ya marahnya. Ntar kita sama-sama sakit lo”. Cuss dengerin di DMP favorit kalian, guys.¬†-Anon
  • Our¬†podcast! We’re talking¬†Ribuan Mahasiswa RI pindah ke SG, Tumpukan Keju di Burger, dan Apa Kabar Pilot Susi Air?¬†Leggooo

Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!


Quote of the day

“Count your age by friends, not years. Count your life by smiles, not tears.”
 
-John Lennon-

Thank you note


Thanks to Someone and oki for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here.¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)
Advertisement