Cawapres Untuk Kandidat Capres 2024, Yunani Jadi Negara Paling Parah Terlalap Api, Polemik Tembak Mati Begal di Medan, Greta Thunberg Aktivis Lingkungan Swedia Dijatuhi Hukuman

279

It’s Wednesday,

Today you can start the day by listening to our podcast here, and more on the news down below. But before you scroll down, we want to tell you that we are *really* grateful for those of you who open our email, read our news, and give us heartfelt feedback. Your supports mean the world for us. Thank you.

Who’s singing, “Pick me, pick me, pick me up”?

Our politicians.
Yuhuuu menjelang Pemilu Presiden 2024 yang makin dekat, agenda politisi tanah air tuh kayak full booked banget gitu, guys. Semuanya pada meeting, silaturahmi, pepet sana pepet sini, kode sana kode sini, all supaya bisa jadi orang nomor dua di tanah air aka wakil presiden. Secara kursinya udah tinggal tiga nih, setelah nama-nama bakal capres diumumin sama masing-masing partai pendukung, kini tinggal nama-nama bakal cawapres yang masih kosong…
 
Ya w juga kepo.
Nah, makanya hari ini kita mau zoom in on bursa cawapres aja, guys.
 
Bursa bukannya Bahasa Sundanya lontong bukan?
Itu buras plz :))) OK fokus, jadi ketiga bakal calon presiden yang udah diumumin, yakni Pak Anies Baswedan, Mas Ganjar Pranowo, dan Pak Prabowo Subianto juga udah keliatan udah nebar clue kemana-mana terkait siapa yang bakal jadi cawapres mereka nih, guysObvious dari aktivitas mereka beberapa waktu terakhir.

Gimme all the details….
You got it. Kita bahas dari capres Koalisi Perubahan (PKS-Nasdem-Demokrat), Pak Anies Baswedan. Kamu harus tahu nih guys, sejak diumumkan sebagai bakal capres Oktober tahun lalu nih, nama Bakal Cawapres-nya Pak Anies tuh masih misteri banget. Tapi ya semisteri-misterinya itu nama, tetap ada yang spill juga dong. Ehehehehe. Yep, disampaikan langsung oleh Ketua DPP Partai NasDem sebagai partai utama pengusung Pak Anies, Effendi Choiri aka Gus Choi, sejauh ini pihaknya udah in contact sama beberapa tokoh kan. Adapun yang mereka contact tuh ya tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama.

NU banget nih??
Iya. Dalam keterangannya minggu lalu, Gus Choi bilangnya tokoh NU tuh krusial banget perannya buat menambah dukungan dan kekuatan. Lebih jauh, Gus Choi bahkan bilangnya gini, “Kalau hanya mengandalkan pendukung NasDem, Demokrat, dan PKS ya kita perkirakan sulit untuk menang.” In that sense, NasDem came up with dua nama dengan hint: Tokoh NU dan perempuan. Ya kalo udah dua karakter ini, siapa lagi ga siii kalo bukan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, atau anaknya Presiden Abdurrachman Wahid aka Gus Dur, Yenny Wahid.

Iya ugha. 
Nah makanya masih dari keterangan Gus Choi,  pihaknya tuh udah coba reach out Bu Khofifah kan terkait hal ini. Tapi ya gitu, Gus Choi bilangnya Bu Khofifah nggak pernah ngasih kepastian apapun, nggak ada progres positif katanya. Jadi ya udah, “Berarti Bu Khofifah skip nih. Nggak mau beliau,” gitu kira-kira, guys. Nah Bu Khofifah nggak mau, pilihan selanjutnya jatuh ke anak Presiden Ke-4 RI, Mbak Yenny Wahid. Diketahui udah sempat ketemuan juga tuh beberapa kali pihak NasDem sama Mbak Yenny. Dan Gus Choi bilang responnya Mbak Yenny positif.

So Mbak Yenny it is?
Jujur belum tau. Karena again, final decision diserahkan koalisi ke Pak Anies kan. Tapi di samping itu, Koalisi ini juga masih buka opportunity lain terkait nama cawapres, guys. Termasuk buat kader dari partai politik partner-nya NasDem, Demokrat dan PKS. Yang harus kamu tahu adalah, di antara sederet nama yang masuk dalam bursa cawapres-nya Pak Anies, at this point Pak Anies tuh makin nempel sama Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono.

Of course they do….
Ehehehe we know, we know. Bayangin aja, dari pas Pak Anies pulang haji kemaren, yang jemput di bandara tuh Mas AHY. Terus nggak lama setelah itu keduanya nonton voli bareng di Kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat. Makanya ngeliat hubungan se-bestie ini, feeling orang-orang tuh makin kuat kalau emang Mas AHY yang bakal dipilih Pak Anies sebagai pendampingnya. Even PKS juga ngeliatnya gitu. Yep, Ketua DPP PKS, Mardani Ali Sera menyebut, “Kian akrab kian baik,” katanya.

Kian akrab kian baik. 
Iya. Lebih jauh, Mardani juga bilangnya Mas AHY tuh masih muda, prospektif, rendah hati, dan pekerja keras juga. Bisa banget dijadiin penarik suara para milenial. Tapi meskipun begitu, PKS tetap committed mendukung kader mereka, mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan aka Kang Aher untuk jadi cawapres. Ya balik lagi, pilihannya ada di Anies Baswedan kan. Pak Mardani sih bilangnya both AHY dan Aher sama-sama layak. Mbak Yenny juga menarik. “Semoga segera ketemu momen segera diumumkan,” katanya gitu.

Looking forward sih…
Same. Nah sambil nunggu momen itu datang, now let’s move on to the rest of Bakal Capres, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Sama kayak Pak Anies, bursa cawapres buat pendamping mereka juga sama-sama rame, guys. Bahkan yang menarik nih, dua bakal capres ini keliatan akrab. Buktinya Senin kemarin, Pak Ganjar dan Pak Prabowo bareng tokoh lainnya sarapan bareng di Solo, Jawa Tengah. Sempat foto bareng tuh bapak berdua yekan.

Interesting….
Wait until you hear about: Pak Prabowo dalam satu kesempatan beberapa waktu lalu bahkan sempat kasih statement pengen jadiin Ganjar Pranowo sebagai cawapresnya, guys. Ehehehehe. “Kan sekarang kayaknya nggak mungkin,” Kata Pak Prabowo gitu. Lebih jauh, Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani juga bilangnya kalau sampai Ganjar X Prabowo collab nih, yang ada bingung siapa yang jadi cawapres, katanya gitu. Makanya, Pak Muzani bilangnya sekarang bersaing, tapi tetap saling memuji satu sama lain. “Itu luar biasa, itu khas Indonesia,” kata Pak Muzani gitu.

Cawapres masing-masing aja nggak sih? 
Nah ini yang sekarang juga makin obvious, guys. Yep, sama kayak Pak Anies, clue terkait bakal cawapresnya Pak Ganjar dan Pak Prabowo tuh makin ke sini makin keliatan gitu lo. Keliatan dari what so called ‘chemistry’ yang disebut makin kuat belakangan ini. So now, let’s talk about: Ganjar Pranowo x Sandiaga Uno dan Prabowo Subianto x Erick Thohir.

WOW okay…..
Menarik banget bukan perpolitikan Tanah Air Beta ini? Ehehehehe. Iya, setelah resigned dari Gerindra dan lepas dari bayang-bayang Prabowo Subianto pasca-Pilpres 2019 lalu, Sandiaga Uno kan akhirnya hijrah ke PPP. Nah as we all know, PPP tuh udah resmi berkoalisi dengan PDI Perjuangan dan mendukung Ganjar Pranowo. In that sense, PPP pun langsung gercep mengusulkan “Papa online” sebagai bakal cawapres pendamping Pak Ganjar. PPP bahkan pede Bang Sandi bakal dipilih sebagai cawapres, guys.

Udah oke ya modalnya… Percaya diri.
We know, rite. Disampaikan oleh Ketua Majelis Pertimbangan PPP, Romahurmuziy, pihaknya yakin Pak Sandi yang bakal dipilih considering beberapa alasan, guys. Pertama, chemsitry antara Pak Ganjar dan Pak Sandi tuh dinilai makin kuat. Terus Pak Sandi juga punya track record yang OK, sebagai mantan cawapres di 2019, dan sekarang jadi menteri di kabinet. Last but not least, PPP juga ngeliat Pak Sandi tuh punya apa yang dibutuhkan Pak Ganjar, which is soal keterwakilan di mana Pak Ganjar asalnya dari Jawa, Bang Sandi dari luar Jawa.
 
Terus keputusan fix-nya kapan tuh? 
Nah soal itu juga. Kalau kata Politisi PDI Perjuangan, Deddy Sitorus, sampai saat ini pihaknya masih terus ngebahas soal cawapres ini, guys. Bang Deddy bilangnya sekarang PDI Perjuangan, Pak Ganjar, dan Presiden Jokowi  masih terus ngebahas dan mempertimbangkan nama-nama yang masuk. Termasuk Sandiaga Uno.

How about Prabowo Subianto?
You know, Pilpres will not be Pilpres without Prabowo Subianto yah. Sekarang, Pak Prabowo juga lagi nyari nih siapa sosok yang tepat buat jadi pendamping dia buat tahun depan setelah 2014 bareng Hatta Rajasa doi gagal, terus 2019 bareng Sandiaga Uno juga gagal. Nah 2024 mendatang, ada satu nama yang kencang diisukan bakal dipilih Prabowo, guysAnd it’s none other than: Menteri BUMN, Erick Thohir. Yep, at this point, Pak Prabowo tuh makin akrab dan makin sering ngabisin waktu bareng Mas ET, guys.

Oh yang fotonya suka ada di mesim ATM ya?
Correct. Nah beberapa waktu lalu, Mas ET dan Pak Prabowo makan siang bareng di Istana, dengan ada Pak Jokowi. Terus waktu kunjungan Pak Jokowi ke Solo kemaren, ada Pak Prabowo, ada Mas ET juga. Nah yang terbaru, Senin kemarin, dalam kunjungan Presiden Jokowi ke Malang, Jawa Timur, mereka bertiga bareng Ibu Iriana Jokowi bahkan keliling bareng pake kendaraan taktis Maung 4×4 yang disetirin Pak Prabowo. Kayak makin akrab gitu lo Pak Prabowo dan Mas ET tuh.

What’s that supposed to mean?
Kalau menurutmu gimana? Hehehehe. Tapi Pak Prabowo sih cuma ketawa-ketiwi aja guys sambil rangkul Mas Erick Thohir waktu ditanyain soal cawapres ini. Nggak bisa dipastikan apa arti gesture tersebut, dan nggak bisa dipastikan apakah emang Pak  ET yang dipilih Pak Prabowo. Tapi kalau ngeliat dua tokoh ini akrab begini, maka Partai Amanat Nasional disebut bakal ambil sikap, guys. Yep, PAN yang dari kemaren dukung banget ET maju sebagai cawapres itu disebut bakal segera menentukan arah koalisi mereka di 2024 mendatang, apakah bakal gabung Gerindra? Gitu.

Hold on
. Emang Gerindra-nya mau sama Erick Thohir? 
Good question. Balik lagi ke Sekjen Gerindra, Ahmad Muzani, sejauh ini Gerindra tuh katanya masih ngelirik partner mereka di Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya, PKB, guys. Yep, Senin kemaren, Pak Muzani bilang sampai saat ini Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar masih jadi calon terkuat untuk jadi cawapres-nya Pak Prabowo. Jadi kayak, bingung gasi Pak Prabowo antara milih Pak ET atau Cak Imin?

Semua orang juga bingung mba. Ga bingung nanti kalo udah di akhirat.
WKWKWKWK ok, Yaudah jadi intinya, yang bingung bukan cuma Pak Prabowo sama Aldi Taher. Tapi kita-kita juga pas ngeliat Pak Jokowi. Kayak, bingung Pak Presiden tuh stance-nya ke mana?? Secara, beliau disebut berkontribusi dalam pembahasan cawapres-nya Pak Ganjar (since Pak Jokowi Kader PDI Perjuanagan juga kan), tapi di satu lain beliau juga beberapa kali ngeliatin dukungannya terhadap Prabowo Subianto. Masih main bareng, makan bareng, kunjungan disetirin Prabowo, dll.

Tinggal nunggu Pak Jokowi nongkrong bareng Pak Anies nih…

When it’s a cruel summer in Greece…

Because of the wildfire. 
Yep, saking panasnya cuaca belakangan ini di Eropa, banyak negara yang akhirnya mengalami kebakaran hutan. Adapun negara paling parah terlalap api saat ini adalah Yunani
Advertisement
.

Hiks 🙁 tell me. 
Jadi for starter, kamu tentu udah tahu bahwa gara-gara climate crisis, suhu bumi tuh juga meningkat dan end up bikin cuaca panas ekstrim aka hareudang puoll. Nah, cuaca panas ini yang juga terjadi di Rhodes Island, Yunani, di mana udah daerah itu mengalami cuaca panas sampai 45 derajat Celsius dalam seminggu terakhir. Cuaca panas ini kemudian bikin disaster yang lebih besar, which is kebakaran hutan dan lahan.

Ya ampun….
Parah banget kondisinya, guys. Saking parahnya nih, belasan ribu orang sampai harus dievakuasi. Otoritas kepolisian di sana bahkan bilangnya evakuasi kali ini adalah the biggest fire evacuation EVER in Greece. To be specific, polisi setempat tuh mengevakuasi 16.000 orang lewat jalur darat, 3.000 orang lewat jalur laut. Terus ada juga ribuan orang yang meninggalkan tempat tinggal mereka menggunakan transportasi mereka sendiri.

Parah banget emangnya? 
Banget. Masih dari keterangan otoritas setempat, area kebakaran yang harus mereka taklukkan tuh emang beneran luas, karena titik apinya tersebar di 79 wilayah di seantaro Yunani. Kondisi juga makin parah karena angin kencang yang bikin apinya makin cepat menjalar dan makin sulit dijinakkan.

Terus gimana dong? 
Saat ini, upaya pemadaman api masih on going, tapi emang rada suram sih, kalo kata BMKG-nya Yunani. Hal ini karena heatwave aka gelombang panas diprediksi masih bakal terus terjadi hingga 11-12 hari mendatang.
 
Sad 🙁
Iya, makanya negara-negara tetangga Yunani kayak Prancis, Kroasia, Slovakia, sampai Turki tuh udah ngirimin bantuan, guys. Udah ada 260 petugas dan 18 pesawat dari luar Yunani yang turun langsung buat membantu memadamkan apinya. Terus, pesawat komersil juga stand by buat memberangkatkan warga dan turis untuk keluar dari Rhodes Island.

Anything else I should know? 
Sejauh ini, upaya pemadaman api udah memakan korban, guys. Ada dua orang pilot yang meninggal gara-gara pesawat yang mereka kendarai untuk memadamkan api dari udara mengalami kecelakaan. Menurut keterangan resmi dari pemerintah, pesawat yang mereka tumpangi jatuh ke jurang karena visibility yang sangat rendah. Hiks…

Who’s declared a war to begal dan kejahatan jalanan lainnya…

Pak Bobby dan segenap TNI/Polri.
Udah pada tau kan polemik tembak mati begal yang lagi rame banget di Medan belakangan ini? Yep karena udah gedeg sama aksi begal yang makin merajalela, Walikota Medan sekaligus menantu Presiden Jokowi, Bobby Nasution bilang bahwa doi dukung aja kalo polisi mau menembak mati begal ketika mereka tertangkap tengah menjalankan aksinya. Statement ini kemudian menuai pro dan kontra, karena ada yang setuju, ada juga yang engga dan bilang ini adalah pelanggaran HAM. Jadi, kek gini kronologi lengkapnya…

Ok, tell me.
You got it. Ini semua tuh bermula dari penangkapan enam orang perampok yang beraksi di salon kecantikan di Medan pada tanggal 11 Juli kemarin. Pada proses penangkapan itu, tersangka melakukan perlawanan, sampe akhirnya petugas mengambil langkah tembak di tempat yang berujung menewaskan satu orang tersangka. Mendapati laporan ini, keesokan harinya Pak Bobby langsung nge-twit tuh, bilang kalo dirinya mengapresiasi penuh polisi yang udah menembak mati pelaku kejahatan sekaligus begal yang udah meresahkan masyarakat Medan banget.

Go on.
Nah dari twit-nya Pak Bobby ini, beberapa pihak justru balik mengkritik Pak Bobby, guys. Salah satunya datang dari Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS). Lewat press release yang diunggah masih di hari yang sama dengan twit Pak Bobby, KontraS mengecam pernyataan Pak Bobby yang dinilai abai terhadap HAM. Menurut KontraS, begal juga warga negara yang punya hak untuk memperoleh proses hukum secara adil dan diatur undang-undang. Nggak cuma itu, KontraS juga mendesak Pak Bobby buat minta maaf.

Nahloh, terus gimana?
Di luar perkiraan ‘BMKG’ nih, pada tanggal 12 Juli kemarin (which is keesokan harinya), Pak Bobby justru mengucapkan terima kasih kepada KontraS dan pihak-pihak yang udah mengkritik statement-nya. Ucapan terima kasih ini Pak Bobby keluarkan untuk mewakili para begal yang menurutnya udah dapat pembelaan. Pak Bobby kemudian justru balik menyerahkan ke masyarakat tuh, apakah begal yang ada di Medan ini perlu sampe ditembak mati atau enggak.

Cem mana…
Ya gitu deh, guys. Perdebatan ini terus jadi bola panas di masyarakat dalam beberapa minggu terakhir. Melihat hal ini, kriminolog Universitas Indonesia, Adrianus Meliala menyampaikan pandangannya. Menurut Pak Adri, pernyataan Bobby soal tembak di tempat itu salah dari segala hal karena aturan soal penggunaan senjata api tuh udah tertuang di konvensi PBB. Tapi Pak Adrianus juga paham sama kekesalan Walikota Medan itu terhadap tingginya kriminalitas begal di wilayahnya. Menurutnya, twit dari Pak Bobby nggak bisa diartikan sebagai perintah, melainkan cuma respon emosional aja (selayaknya kita kalo nge-twit juga gitu kan wkwk).

Sebanyak apa sih begal di sana btw?
Banyak banget, guys. Tahun 2023 ini aja, udah ada 399 kasus begal yang dilaporkan ke Polrestabes Medan. Dari ratusan kasus begal di sana, baru 93 kasus yang bisa terungkap. Sedangkan 306 kasus sisanya masih berproses sampe sekarang. Data ini disampein langsung sama Kabid Humas Polda Sumut, Pak Hadi Wahyudi, kemarin Selasa. Katanya, dari 93 kasus begal ini aja, udah ada 144 tersangka yang ditangkap. Apa nggak serem tuh?

Ya makanya polisi kerja dong, tangkep-tangkepin tu begal…
Polisi be like: On it! Ehehehe iya guys, karena baru aja nih, Polda Sumut menyiapkan 12 mobil patroli bersenjata lengkap buat menangkap begal. Nggak kaleng-kaleng, tiap mobil patroli dilengkapi kamera Hi-Res, koneksi satelit, sampe teknologi AI. Seluruh mobil patroli ini udah diluncurin Senin kemarin dan siap beroperasi 24 jam. Dalam pernyataannya, Kapolda Sumut, Pak Agung Setya bilang mobil patroli ini bakal disebar ke masing-masing titik dan akan tiba dalam waktu 10-12 menit menuju lokasi aduan masyarakat. Pak Agung juga lagi berupaya untuk meningkatkan kecepatan kedatangan mobil patroli, karena emang pada kondisi darurat begal tuh waktu jadi penting banget.

Got it, anything else I should know?
Upaya pemberantasan begal di Sumatera Utara ini emang lagi ditangani secara serius. Nggak cukup polisi aja nih yang dikerahin untuk berpatroli di daerah-daerah rawan, tapi sampe tentara juga ikutan. Ini dilakuin sama Kodam I Bukit Barisan yang bikin tim khusus untuk membantu polisi memberantas begal.

Stay safe kamu-kamu pembaca CMU! di Medan!


When being an activist is too risky…

Kayak yang dialami aktivis lingkungan asal Swedia, Greta Thunberg.
Kamu tentunya udah ngga asing lagi sama Greta, seorang aktivis lingkungan asal Swedia yang keras banget menyuarakan tentang bahaya climate crisis. Greta yang masih berusia 20 tahun ini juga ga ragu-ragu nge-call out para pemimpin dunia yang dinilainya kurang maksimal dalam upaya mereka menanggulangi krisis iklim dalam berbagai kesempatan.
 
Nah yang terbaru, gara-gara aktivisme ini, Greta baru aja dinyatakan bersalah dan ngga mematuhi hukum oleh Pengadilan Swedia. Greta kemudian dijatuhi hukuman denda sebesar US$ 144 atau sekitar dua juta. Hukuman ini dijatuhkan setelah aksinya bersama kelompok aktivis Ta Tillbaka Framtiden di bulan Juni kemarin yang memblokir truk minyak di kawasan pelabuhan Malmo, Swedia. Karena Greta nggak mau nurut sama perintah polisi untuk segera pergi, dirinya kemudian dijatuhi hukuman denda tadi, guys.
 
Padahal nih, Greta menilai dirinya nggak bersalah di dalam pengadilan. Dia mengaku tindakannya merupakan sebuah keharusan dalam konteks darurat iklim yang sedang terjadi sekarang. Hal ini juga diamini oleh juru bicara Ta Tillbaka Framtiden, Irma Kjellström yang bilang rasanya aneh, ketika Greta dituduh melakukan kejahatan setelah dirinya berusaha memblokir industri yang membakar masa depannya.

“Would I play a Ken in Barbie 2? Sure.”

Ihihihiyyy gitu guys kata aktor pemeran utama di film Oppenheimer, Cillian Murphy pas ditanya apakah doi mau berperan sebagai Ken di sekuel film Barbie mendatang. Jadi kayak yang kamu udah tahu, saat ini kan pemeran Ken adalah Ryan Gosling, tapi seiring dengan sukses bangetnya launching film Barbie yang digelar minggu lalu, banyak pihak yang berspekulasi bahwa sekuel dari film ini cuma tinggal menunggu waktu aja. 
 
Well, we don’t mind at all, Ken.

Announcement


Thanks to Mandy and Someone for buying us coffee today! 

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

If your momma tells you to get some nap during the day, do it.
Advertisement