Beberapa Negara Bagian India Diterjang Banjir

133

When banjir is not only our problem…..

Tapi India juga.
Di mana-mana banjir, guys. Nggak di Indonesia, nggak di negara lain, semuanya banjir. Termasuk India. Iya, hari Minggu kemarin beberapa negara bagian India juga diterjang banjir yang parah banget, sampai memakan korban jiwa!

OMG tell me. 
Well, kamu pastinya tahu dong kalau salah satu dampak climate crisis yang sekarang lagi happening itu adalah curah hujan yang semakin meningkat, even waktu summer. Adapun di negara-negara Asia Selatan kayak India, Pakistan, dan tetangga-tetangganya, curah hujan di sana tuh meningkat tajam sampai 70-80% dari rata-rata per tahunnya, guys. Nah akibat curah hujan yang tinggi inilah, maka Minggu kemarin, beberapa negara bagian India mengalami banjir yang parah banget deh.

Parah banget emang?
Banget. Saking parahnya, disebutkan kali ini jadi curah hujan tertinggi di bulan Juli dalam 40 tahun terakhir. Terus, gara-gara hujan ini, di bagian India utara, termasuk New Delhi, banjirnya tuh tinggi banget sampai selutut, guys. Nah kalau udah banjir, another disaster yang ditakutin kejadian juga terjadi di sini. Yak, tanah longsor! Tanah longsornya ini yang bikin sejumlah jalan di sana jadi ke-block dan akhirnya menimbulkan korban jiwa.

:((((
Sampai berita ini ditulis, dari laporan pejabat dan otoritas setempat, udah ada 22 orang yang tewas karena banjir dan tanah longsor di sana. Lebih jauh, korban ini nyebar di enam negara bagian di India kayak Himachal Pradesh, Punjab, Uttarakhand, dan Haryana. Tanah longsor yang paling parah dan makan korban paling banyak itu diketahui adanya di Himachal Pradesh.

Terus gimana dong? 
Warga yang terdampak pun langsung dievakuasi ke tempat yang lebih aman. Sekolah dan kampus
Advertisement
 juga udah ditutup until at least minggu depan. Yep, menurut BMKG-nya India nih, hujan lebat tuh masih bakal terjadi di sejumlah titik sampai beberapa hari ke depan kan. Jadi biar semuanya safe, makanya semua warga diminta untuk berlindung dan mengurangi aktivitas di luar, termasuk kegiatan sekolah.

I believe the government has a say….
Of course. Perdana Menteri India, Narendra Modi, sekarang udah menggerakkan seluruh elemen pemerintahannya buat membantu penanganan banjir kali ini. Jadi mulai dari menteri, pemerintah daerah, Pasukan Tanggap Bencana Nasional, sampai Pasukan Tanggap Bencana Negara semuanya udah dilibatkan buat membantu warga di setiap negara bagian. Pemerintah India juga udah kasih berbagai barang bantuan yang bisa dipakai sama warga.

Got it. anything else I should know? 
FYI India tuh emang jadi salah satu negara yang kena dampak climate crisis paling parah. Kalau hujan yha banjir, kalau panas yha heatwave. Bulan lalu bagian timur lautnya India juga diterjang hujan gede sampai menimbulkan banjir. Keadaan itu bahkan diperparah dengan angin topan yang ended up bikin jalanan jadi full sama air dan banyak orang di sana dinyatakan tewas. Masih di bulan lalu juga, India juga mengalami heatwave parah sampai 45 derajat celcius suhunya.
 
Now repeat after us: Climate crisis. Is. Real.
Advertisement