Pemilu Flash 12 Juni 2023

147

Now, let’s start the week with: Pemilu Flash!

Your updates on pemilu for the whole week is here. 
Yep, look no further, everybody. Semingguan terakhir ada banyak banget update soal Pemilu 2024: Siapa deket sama siapa, ketemuannya sama siapa, siapa dukung siapa, you name it. We got everything covered here. And as always, all you need to do is.. Scroll down. 
  • Tokoh nasional kirimkan amicus curiae. Bukan nama Latin-nya padi ya guys, tapi amicus curiae ini adalah pandangan hukum yang disampaikan pihak ketiga atas satu kasus yang sekarang lagi bergulir di pengadilan. Nah di case-nya pemilu, amicus curiae ini disampaikan ke Mahkamah Konstitusi oleh sejumlah tomas (Tokoh Masyarakat) pada Jumat kemarin. Isinya adalah mendukung sistem pemilu proporsional terbuka supaya tetap dilaksanakan. Dalam pandangannya, para tomas ini menyebut bahwa 73% pendukung PDI Perjuangan yang pengen banget pemilu tertutup aja juga sebenernya mendukung pemilu diadakan dengan sistem proporsional terbuka. Jadi ya plz lah jangan tertutup. Gitu kira-kira, guys.
  • Logistik KPU mulai didistribusikan ke daerah. Masih di hari Jumat lalu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat menyampaikan bahwa sebagian besar perintilan logistik buat pemilu bakal mulai didistribusikan ke KPU di masing-masing provinsi dan kota/kabupaten setempat. Dalam prosesnya, KPU bakal ngirimin panduan teknis termasuk e-katalog, dan segala pencatatan, monitoring, sampai pemeliharaan yang semuanya diatur dalam Sistem Logistik aka Silog-nya KPU ke daerah-daerah di seluruh Indonesia.

Now, specific to Pilpres stuff…..

  • Perindo gabung PDI Perjuangan. Sebelumnya, Sekjen PDI Perjuangan Pak Hasto Kristiyanto kan sempat menyebut bakal ada another partai politik yang gabung untuk dukung Mas Ganjar, kan? Nah rupanya, yang dimaksud tuh Partai Perindo pimpinan Hary Tanoesoedibjo, guys. Jadi Jumat kemarin, Pak HT udah ketemuan sama Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP di Menteng, Jakarta Pusat. Terus ada Mas Ganjar Pranowo juga di situ. Ga lama, Perindo pun mengumumkan bahwa mereka bakal gabung koalisinya PDIP dengan mengusung Mas Ganjar sebagai presiden.
  • Alasan Perindo Berkoalisi dengan PDI Perjuangan. Pada penasaran nggak kenapa akhirnya Perindo memilih koalisi sama partai berlambang banteng itu? Nah disampaikan langsung oleh Pak HT, PDI Perjuangan tuh dinilai sebagai partai yang paling siap dan Mas Ganjar juga merupakan figur yang kuat. Last but not least, Perindo juga ngeliat Mas Ganjar ini bisa melanjutkan program yang udah dilakukan Presiden Jokowi, termasuk project Ibu Kota Negara baru aka IKN.
  • Siapa cawapres Mas Ganjar? Well, ini masih jadi pertanyaan kita semua rakyat Indonesia yah, guys. Tapi yang pasti, menurut Mba Puan Maharani sih, ada beberapa nama yang masuk bursa bakal cawapres, termasuk Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono.
  • Tapi Pak Bas bilangnya…. ”Thank you, next.” Iya, Pak Bas nggak tertarik buat diusung jadi cawapres. Karena katanya dia udah sepuh, udah mau umur 70 tahun tahun depan. Selain itu, PDI Perjuangan juga diketahui belum ada komunikasi apa-apa sama beliau. Tapi kalaupun ada, Pak Bas udah menegaskan, “Saya lebih baik memilih yang lain,” katanya dalam satu kesempatan minggu lalu.
  • Dari Pak Bas ke AHY. Bakal banyak plot twist nih bursa cawapres, guys. Selain Pak Bas, ada satu nama lagi yang masuk bursa bakal cawapres Mas Ganjar and it’s none other than…. jeng jeng…. Ketua Umum Partai Demokrat Mas Agus Harimurti Yudhoyono. MASALAHNYAAAA…. Saat ini Demokrat dan Mas AHY ada di koalisi sebelah, yang dukung Pak Anies Rasyid Baswedan. Nah, meski rada bikin kita mikir: Gimana si… tapi politisi PDI Perjuangan, Masinton Pasaribu udah menegaskan bahwa wacana itu bukan gimmick
    Advertisement
    semata. Menurutnya, PDI Perjuangan tuh partai yang terbuka, bisa bekerja sama partai manapun, katanya gitu.
  • AHY bakal ketemuan dulu sama Mbak Puan Maharani. Nah menyikapi statement-nya Mbak Puan di atas, Mas AHY sih nanggepinnya santaiIn his words, Mas AHY bilangnya, “Bagi saya, demokrasi adalah ruang yang bebas. Ruang yang luas untuk hadirnya gagasan-gagasan semacam itu. Dan saya sendiri bisa merasionalisasi apapun yang disimulasikan para entitas politik hari ini.” Nah, masih ga paham guys sama udang di balik statement-nya Mas AHY ini? Sama. Makanya, doi katanya bakal meeting dulu sama Mbak Puan dalam waktu dekat dengan tetap mengedapankan etika politik, termasuk the fact that Partai Demokrat sekarang udah berkoalisi sama Partai NasDem dan PKS.
  • Koalisi Perubahan otw tinggal kenangan? Well well well, Partai Demokrat tuh sekarang emang lagi dilema. Wacana mereka untuk out dari Koalisi Perubahan (Gengannya Nasdem-PKS-Demokrat) dan menarik dukungannya ke Anies Baswedan makin obvious aja nih belakangan ini. Apalagi Mas AHY masuk bursa cawapresnya Mas Ganjar segala. Nah menanggapi isu ini, Jubir DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra  justru kemarin bilangnya Koalisi Perubahan sampai sekarang masih solidguys. Pak Herzaky bilangnya, “Kita tetap stay bersama Mas Anies memperjuangkan perubahan dan perbaikan.”
  • Siapa cawapres Pak Anies? Kayak yang kita bahas kemarin, salah satu yang bikin Partai Demokrat bete tuh kan karena nama bakal cawapres-nya Pak Anies lamaaaaa banget diumuminnya. Jadi sampai sekarang publik masih tebak-tebakan buah manggis antara Mas AHY, Puan Maharani, atau Menko Polhukam Mahfud MD, yang bakal jadi cawapresnya Pak Anies. Pak Mahfud sendiri udah confirmed menolak tawaran cawapres ini. Dan sekarang, bakal cawapres Pak AB kuat mengerucut ke Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. HMMMMM
  • How about Prabowo Subianto? Nah kalau bakal cawapresnya Pak Prabowo, ada satu orang yang disebut punya Golden Ticket’ nih, gengs. Yep, the one and only, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar. Tapi ya balik lagi sampai sekarang nama cawapres Pak Prabowo masih terus di-discuss dan dikonsultasikan. Dan keputusannya, ada di Pak Prabowo Subianto dan Cak Imin sendiri. Hmmm….
  • Meeting Megawati x Cak Imin x Airlangga HartartoLast but not least, mari kita tutup Pemilu Flash! Minggu ini dengan partai-partai lintas koalisi yang bakal segera meeting “untuk kepentingan rakyat, bangsa, dan negara”. Yep, selain meeting Mbak Puan-Mas AHY, Bu Mega selaku Ketua Umum PDI-Perjuangan dalam waktu dekat juga bakal ketemuan sama Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketum PKB, Muhaimin Iskandar. Sejauh ini belum ada update apa aja yang bakal dibahas dalam meeting-nya mereka, guys, tapi yhaa makasih ajaloh udah repot-repot mikirin kita Pak, Bu…
Advertisement