Kebakaran Hutan di Kanada

123

When the sky is no longer blue…

In Canada.
Things are sooo concerning in Canada atm karena ada jutaan hektar hutan dan lahan yang sampai sekarang masih terbakar. Saking gedenya karhutla kali ini, asap dari Kanada itu sampe nyampe ke Amerika Serikat, Greenland, Iceland, bahkan Norway. Parah deh, parah.

Tell me what happened??
Jadi sejak Rabu minggu lalu, hutan dan lahan di Quebec, Kanada tuh terbakar, guys. Terus, as the time goes by, instead of makin mengecil, kebakarannya malah makin parah dari yang semula ada di 230-an titik, sekarang terus meningkat sampai ada 426 titik api per Sabtu minggu lalu. Nah yang perlu kamu tahu, sebenarnya karhutla kayak gini tuh bukan hal baru lagi di Kanada.
 
Maksudnya??
Iya, walaupun nggak separah yang sekarang, tapi di tahun 2016-2017 lalu tuh Kanada juga dealing with karhutla. Nah dari peristiwa waktu itu, pemerintah pun didesak untuk memperketat peraturan pengelolaan hutan mereka, termasuk anggaran pengeluarannya juga harus ditingkatkan. Cuma ya gitu, sampai udah ada ratusan titik api, jutaan hektar yang kebakar, dan lebih dari 100.000 penduduk yang dievakuasi kayak yang sekarang kejadian nih, pengetatan aturannya disebut masih belum maksimal.

Tapi pasti pemerintahnya ada komentar nih…
Of course. Kalo kata Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, kebakaran hutan yang sekarang terjadi tuh bukan karena pengelolaan hutan mereka yang nggak bagus, tapi gara-gara climate crisis yang sekarang makin parah dampaknya.  Hal ini legit dia sampaikan di Twitter, “We’re seeing more and more of these fires because of climate crisis,” katanya gitu. Hal ini kemudian bikin masyarakat Kanada bete sama Justin, secara doi dinilai gagal dalam menangani climate crisis di negaranya. Salah satu alasannya adalah karena JT disebut masih nge-support perusahaan yang bergerak pakai bahan bakar fosil.
 
Ya lagian…
Well, nasi udah jadi bubur. Karhutla ini udah bikin langit Ottawa full jadi orange gitu. Serem banget deh pokoknya. Nggak sampai di situ, kepulan asapnya juga udah sampai ke New York di AS, Greenland, Iceland,
Advertisement
 bahkan Norway. Terus di AS sendiri, asap Karhutla ini udah bikin polusi udara di New York City jadi yang paling buruk saat ini. You read it right: The worst in the world, dengan indeks lebih dari 200 kalau dari standarnya iQair. Makanya panik dah tuh orang-orang AS dan sekitarnya.

Terus gimana dong tuh? 
Menteri Kehutanan Quebec, Maite Blanchette Vezina menyebut sekarang pemerintah sana tuh ada fase maraton, guys. Mereka lagi melakukan apa yang mereka bisa lakukan selama beberapa hari dan minggu ke depan sampai api karhutla ini bisa ke-handle, dan akhirnya bisa completely padam. Terus, bersamaan dengan itu, bantuan internasional juga mulai berdatangan kan.
 
Dari mana aja?
Contohnya ya tetangga mereka, Amerika Serikat. Yep, Presiden Joe Biden diketahui udah ngirimin sebanyak 600 orang firefighters ke Kanada. Nggak cuma itu, negara lain kayak Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, sampai negara-negara Eropa kayak Perancis, Portugal, dan Spanyol juga udah berangkatin firefighters mereka buat memadamkan ratusan api di Kanada.

Got it. Anything else I should know?
Fyi selain ngandelin firefighters, karhutla di Kanada ini sekarang tuh juga lagi nunggu semesta mendukung upaya mereka, guys. Iya, mereka lagi pada nungguin hujan. Kemarin sih sempet ada hujan gerimis gitu, mayan lah. Tapi considering apinya lebih kuat daripada air, maka sekarang yang dibutuhkan adalah hujan gede yang kalau kata BMKG sana nih, nggak bakal datang at least sampai Selasa besok.
Advertisement