Covid-19 di Indonesia Akan Masuk ke Fase Endemi

111

Who’s flipping the page?

Indonesia, on Covid-19
Yep, karena kemarin banget nih, Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan bahwa Covid-19 di Indonesia as soon as possible bakal masuk ke fase endemi. Yep, udah ngga pandemi lagi, guyssss

REALLY??? Tell me tell me tell me. 
OK. Jadi emang yang namanya memasuki tahap baru tuh emang full of excitement gitu ya, guysWhether itu masuk dunia kerja, masuk kehidupan rumah tangga, atau kehidupan sebagai orang tua baru (Aw! Congratulations!). Tapi di antara itu semua, sekarang negara kita juga bakal masuk ke tahapan baru. Iya, secara spesifik, covid-19 di Indonesia bakal masuk ke fase endemi. And that means status pandemi yang selama ini disematkan ke Covid-19 pun bakalan dicabut deh.

OMG so good to hear…
Rite. So pat your back karena kamu bisa nyampe ke titik ini dengan ngga cuma surviving, tapi thriving juga *clap-clap*. Nah guys, a little reminder, jadi sejak Maret 2020 lalu, kita tuh ada di status pandemi covid-19 yang literally, literally has changed our lives. Mulai dari munculnya aturan stay at home, sampai sekolah dan kerja pun juga di rumah, terus kegiatan rame-ramean juga nggakk boleh sampai ada kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat aka PPKM berlevel-level, and so forth and so on, deh.

:((((
But the good news is, after everything, we’re finally back on track, guys. Pelan-pelan kasus Covid-19 di Indonesia udah banyak berkurang, terus angka kematian juga makin menurun. Not to mention masyarakat Indonesia juga udah rame-rame divaksin bahkan sampai dosis keempat sekarang. PPKM juga semakin dilonggarkan, sampai akhirnya kita bisa work from office, kuliah offline, sampai bisa nonton konser segala hehehe. Nah makanya, ngeliat keadaan ini, Presiden Jokowi dan jajarannya pun akhirnya bilang, “This is the time.”

For what? 
Ya itu tadi. Untuk mencabut status pandemi Covid-19 di Indonesia dan beralih ke endemi. Adapun dalam mengambil keputusan ini, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan tuh sebelumnya juga udah konsultasi sama World Health Organizations aka WHO. Terus udah ngeliat juga kondisi Covid-19 di negara-negara lain kayak apa, terutama di negara G20 dan ASEAN. Nah karena dirasa udah aman dan tepat nih, maka they go with the decision deh.

Gimme all the details…
Sure. dalam keterangannya kemarin, Presiden Jokowi menyebut pihaknya udah rapat secara intensif dan memutuskan bahwa Indonesia bakal masuk ke fase endemi. Belom fix sih kapan pastinya hal ini bakal official, tapi Pak Jokowi bilangnya dalam seminggu dua minggu ini semuanya bakal dimatangkan dulu. Kalau semuanya udah set, baru deh bisa official. “Insya Allah akhir bulan ini,” kata Pak Jokowi.

Wow it’s really happening…
Yang kita tunggu-tunggu banget kan ini, guys ehehehe. Tapi ya gitu, dalam keterangannya kemarin juga, Pak Jokowi bilang bahwa pemerintah masih harus ngeliat dulu detail kasus covid-19 di Indonesia kayak apa, dan capaian vaksinnya sejauh mana. To give you more context, per kemarin, Indonesia masih menemukan 182 kasus baru, guys. But at the same time, kasus aktifnya juga udah menurun sebanyak 16 kasus. Meaning, yang sembuh juga udah banyak, naik 196 orang per kemarin. Karena berbagai progres inilah, akhirnya status endemi bisa ada di depan mata kayak sekarang.
 
Terus kalau endemi, so what?
Ya kalau udah endemi, meaning segala ketentuan yang berlaku selama pandemi tuh bakalan nggak berlaku lagi, or at least nggak lagi diharuskan. Ini termasuk berbagai prokes yang selama ini diterapkan. Nggak cuma itu, Menko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy juga bilangnya anggaran vaksinasi tuh nggak lagi ditanggung APBN, tapi udah masuk ke skema BPJS Kesehatan.

Jadi bayar gitu? 
Yep. Pak Muhadjir bilangnya mulai dari vaksin sampai obat Covid-19 tuh dibebankannya ke BPJS Kesehatan yang tiap bulan kamu bayar. Meanwhile, buat orang nggak mampu, yha most likely juga sama. Ntar dimasukin ke skema Penerima Bantuan Iuran aka PBI.

I see…
Perubahan status ini tentunya jadi berita baik banget terutama buat sektor ekonomi, di mana berbagai industri diprediksi bakalan bangkit. Iya, menurut Direktur Eksekutif Center for Economic and Law Studies aka Celios, Bhima Yudhistira, sejumlah industri kayak kafe dan restoran, industri MICE termasuk segala venue buat acara-acara, bakal makin bangkit pasca erubahan status ini.

Bagus dong…
But at the same time, ada juga sektor industri yang dinilai bakal menurun. Yep, we’re talking about industri farmasi. Karena kondisi Covid-19 yang makin berprogres positif sampai mau jadi endemi, maka permintaan masyarakat terhadap masker dan obat-obatan jadi berkurang. Makanya harga saham beberapa perusahaan farmasi kayak PT Kalbe Farma Tbkk, PT Kimia Farma Tbk, dan PT Indofarma Tbk juga diketahui menurun.


I see. Anything else I should know? 
Well, balik lagi ke Indonesia yang mau masuk status endemi bentar lagi, meaning Pak Jokowi juga bakal segera mencabut status pandemi pada Covid-19 ini. Tapi yang harus selalu diingat adalah, Covid-nya tetap nggak ilang. Yep, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin bilangnya begitu. In that sense, sekarang udah saatnya kita kudu hidup berdampingan sama virus ini. Tau apa aja gejalanya, ngerti ngenalin gejalanya, tahu apa antivirusnya, dan last but not least, vaksin! Sip?
Advertisement