Calon Wakil Presiden Untuk Anies Baswedan, Efek Zombie Overdosis Narkoba di Amerika, Kapal Selam Ekspedisi Pariwisata Hilang di Lepas Pantai Kanada, Begadang Memiliki Banyak Efek Buruk

155

Bonjour!

Welcome to Thursday, everyone. It’s finally the time when we already feel the pre-weekend excitement again. On today’s newsletter we will get you informed on Tim 8, the disappearance of Titanic submarine, to… why you should catch the zzzz much earlier. Let’s go!

When you keep questioning who’s gonna be the cawapres….

Of Anies Baswedan.
Selain penasaran banget soal siapa yang jadi jodohmu, kamu juga pasti bertanya-tanya, siapa sih yang bakal jadi cawapresnya Pak Anies Baswedan? Secara, beliau adalah capres yang pertama kali diumumin, tapi sampe sekarang belum ada tanda-tandanya doi bakal berpasangan sama siapa. Nah sekarang, Pak Anies disebut udah fix sama satu nama ini. Tinggal diumumin setelah beliau pulang ibadah haji ntar.

Tell me. 
Sure. Jadi as we all know, capres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan aka KPP (koalisinya Nasdem, Demokrat dan PKS) Anies Rasyid Baswedan tuh sampai sekarang masih berkutat sama pembahasan soal siapa bakal cawapresnya. Beberapa nama yang muncul di antaranya adalah Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, Menko Polhukam Mahfud MD, sampai Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Namanya itu-itu mulu…
.
We know rite. Terus, dari kemaren ngomongnya juga, “Namanya udah mengerucut ke satu orang. Udah dikonsultasikan ke tiga ketua umum partai. Tinggal tunggu waktu kapan akan diumumkan.” Tapi nggak pernah di-announce juga sampai sekarang, alias masih misteri. Makanya warga juga masih nunggu-nunggu nih siapa nama yang bakal jadi pendampingnya Pak Anies. Nah sekarang, the wait is closer to the end, gengs.

Lama banget masalah cawapres yah….
Ehehehe ya gitu deh. Nah, yang harus kamu tahu adalah, Pak Anies tuh punya tim khusus buat nanganin masalah pencawapresan ini, guys. Tim Delapan namanya. Basically ini tim isinya yha orang-orang dari tiga partai dalam koalisi ini aja. Cuma secara spesifik, mereka punya tugas buat nyari dan kasih masukan soal sosok bakal cawapres yang nantinya mendampingi Pak Anies.
 
Ok. Any updates from them?
Updates terbaru dari mereka–yang disampaikan oleh Tim Delapan Koalisi Perubahan untuk Persatuan–adalah bahwa pembahasan soal bakal cawapres tuh udah kelar, guys. Yep, salah satu anggota Tim Delapan, Sugeng Suparwoto namanya, menyebut nama-nama yang diusulkan koalisi dan masukan dari masyarakat udah kelar dikaji mendalam. Terus satu nama udah fix ada di tangannya Pak Anies, dan bakal diumumkan di momen terbaik setelah Pak Anies pulang haji nanti.

I see….
Iya, Pak Anies Baswedan dan istri tuh diketahui saat ini lagi menunaikan ibadah haji. Nah jadi sebelum on leave, Pak Anies rapat dulu tuh Selasa kemarin sama timnya di Sekretariat Koalisi Perubahan di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Nah di rapat itu, anggota Tim Delapan yang lain, yakni Pak Sudirman Said, bilangnya pembahasan rapat tuh udah masuk ke pembahasan soal strategi dan hal-hal teknis gitu, gengs. Kayak pembentukan Tim Pemenangan Nasional, kegiatan tiga koalisi, terus yha… opsi tanggal deklarasi nama bakal Cawapres.

Ya udah biarin doi ibadah dulu aja nggak sih….
Makanya. Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya bilangnya juga nggak mau terburu-buru ngumumin nama bakal cawapres ini. Tapi yha tetep ada deadline-nya juga. Yep, kayak yang pernah kita bahas kemarin, Partai Demokrat tuh kan beberapa waktu lalu kasih deadline ke Pak Anies untuk declare nama pendampingnya by the latest Juni ini kan. Tapi since Pak Anies-nya juga lagi naik haji nih, maka Bang Willy bilangnya pengumuman bakal cawapres ini diumumkan paling lambat 16 Juli 2023 nanti, guys. Jadi mari ditunggu saja bulan depan yah.

Got it. Anything else I should know?
Well, while we’re here, now let’s talk about Erick Thohir, Menteri BUMN yang dari kemaren kenceng banget diusulkan Partai Amanat Nasional (PAN) untuk jadi bakal cawapres pendamping… Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto. Yang harus kamu tahu adalah, Presiden Joko Widodo tuh disebut mau jodohin Mas ET sama Prabowo Subiantoguys. Pak Jokowi dan Mas ET bahkan keliatan nggak berhenti ngobrol waktu Matchday Indonesia vs Argentina lalu. Sementara untuk Ganjar Pranowo, PPP udah ngusulin our papa online alias Sandiaga Uno untuk jadi bakal cawapresnya. Let’s see kelanjutannya kayak apa yah.

When you’re terrified of zombie in rl….

US citizens can relate.
Yoi guys, serem banget deh. Bukan lagi di film, tapi beberapa warga negara Amerika Serikat tuh udah ada yang turned out beneran jadi kayak zombie. Yep, ini karena efek dari overdosis satu jenis narkoba baru namanya Xylazine aka Tranq. Nggak cuma jadi kayak zombie, xylazine ini bahkan sampai bisa merenggut nyawa lo, guys. Alias metonggg…..

Hold on, I need some background.
You got it. Gini gini, as we all know masalah penyalahgunaan narkotika tuh kan emang udah jadi masalah yang mendarah daging di sebagian besar negara di dunia yah. Kayak di negara kita ini contohnya. But the thing is, masalah narkoboy ini juga nggak cuma jadi masalahnya negara berkembang aja, guys. Negara maju kayak Amerika Serikat juga menghadapi masalah yang sama.

Okay….
Dealing with masalah ini selama berpuluh-puluh tahun, Negeri Paman Sam itu sekarang juga lagi puyeng gara-gara temuan narkoba jenis baru yang lagi hype digunakan para pecandu di sana. Yha gimana nggak kecanduan, jenis narkoba yang satu ini tuh adalah campuran dari beberapa zat gitu, guys. Nah karena merupakan campuran, maka it gives better kick, better high dong. Dan yang terpenting, jenis narkoba yang satu ini murah, guysSo, everybody meet: Xylazine aka Tranq.

Tell me about this Tranq thing…
Olrait. Jadi Tranq ini adalah jenis obat bius yang udah di-approve oleh Food and Drug Administration (FDA) di mana kegunaannya dipakai buat ngebius… hewan. Nah berdasarkan keterangan FDA, kalau dipakai buat manusia, Tranq ini bisa banget menekan pernapasan, tekanan darah, detak jantung, dan suhu tubuh ke level yang benar-benar kritis, guys.

Ihhhh….
Nggak cuma itu, Tranq ini diketahui juga ngefek ke bagian luar tubuh kamu. Iya, di bagian tubuh kamu jadi bisa timbul luka gitu, kayak luka busuk, menggerogot gitu lo sampai ke kaki-kaki atau di bagian tubuh lainnya. Makanya banyak orang OD di sana yang jalannya jadi sempoyongan kayak zombie, guys.

Serem amat…
Wait until you hear the fact that Xylazine ini juga bisa bikin pemakainya meninggal. Iya, remember orang-orang tuh pakai Tranq ini dicampur dengan zat lain kayak kokain atau fentanyl gitu kan. Nah efek dari fentanyl ini tuh bisa bikin pernafasanmu jadi terhambat banget, guys. Fungsi otakmu untuk dapat oksigen juga udah keganggu. Makanya di AS sendiri, kematian gara-gara overdosis jadi meningkat secara drastis. Bahkan di AS bagian selatan kayak Virginia, Tennesse, Kentucky, dll, persentase angka kematiannya meningkat sampai di atas 1000%.

Busettt….
Terus selain di US, xylazine alias Tranq ini juga udah menyebar sampai ke Inggris. Mei kemarin, seorang pria berusia 43 tahun diketahui juga udah meninggal gara-gara OD. Nah yang jadi masalah adalah, Tranq tuh belum dikategorikan sebagai jenis narkoba di Inggris. That being said, nggak ada yang tahu pasti apakah sebelumnya ada juga korban OD yang tewas gara-gara Tranq ini apa nggak. Peredarannya di Eropa kayak apa juga nggak ada yang tahu. Jadi masih perlu penelitian lebih jaug gitu.

Got it, anything else? 
Btw in case you’re wondering, at home, Kepala Badan Narkotika Nasional RI, Komjen Petrus Reinhard Golose bilangnya sejauh ini jenis narkotika Tranq ini belum ditemukan di Indonesia. Tapi ya waspada aja guys, karena kalau kata Komjen Petrus, jenis narkotika yang satu ini tuh menyasar masyarakat menengah ke bawah. Hiiiii!!

When people are realllly hoping for some good news…

About a tourist submarine.
Iya guys, saat ini masyarakat dunia lagi deg-degan banget, holding their breath, karena baru aja, sebuah kapal selam ekspedisi pariwisata dilaporkan hilang di lepas pantai Kanada Tenggara, specifically di Samudera Atlantik. Kapal selam ini merupakan kapal selam pariwisata untuk menjelajahi bangkai Kapal Titanic, dan per hari minggu kemarin, kapal ini dinyatakan hilang.

Hah? Tell me what happened.
Jadi semuanya bermula dari perusahaan swasta OceanGate Expeditions
Advertisement
 yang menawarkan jasa tur untuk ngeliat bangkai Kapal Titanic yang tenggelam pada tahun 1912. Nah namanya tenggelam, maka turnya pun dilakukan dengan menggunakan kapal selam, menuju lautan dalam di mana bangkai Kapal Titanic berada. Dengan mengangkut lima orang penumpang, kapal selam mulai berangkat pada hari Minggu pagi. Namun kurang dari dua jam kemudian, kapal selam tersebut diketahui udah nggak bisa dihubungi lagi.

Waduh terus gimana?
Of course pemerintah Kanada dan Amerika dengan cepat mengerahkan kapal hingga pesawatnya untuk mencari kapal selam tersebut. Beragam metode dilakukan untuk segera menemukan kapal selam ini, salah satunya lewat pelampung sonar yang bisa memantau sejauh 3.962 meter di bawah permukaan air laut. Nggak cuma itu, kapal-kapal komersil di sekitar Kanada juga ikut dikerahin membantu pencarian.

Ada kemajuan?
Sayangnya hingga berita ini ditulis, kapal selam tersebut masih belum ditemukan, guys. Tapi selama pencarian, para relawan sering banget denger suara dentuman gitu. Meskipun belum jelas sih, dentuman ini ada hubungannya nggak sama kapal selam yang lagi dicari, tapi pengakuan para relawan bilang kalo dentuman ini sempat terdengar tiap 30 menit sekali.

Berarti belum tahu ya apa penyebab hilang kontak?
Not yet. Sampe sekarang, lembaga-lembaga terkait di sana masih fokus banget buat nyari di mana letak kapal selam itu. Meskipun belum ada titik terang dari kejadian ini, tapi teori-teori hilangnya kontak kapal selam milik OceanGate Expeditions tadi mulai muncul ke permukaan. Beragam teori dari korsleting listrik, kebakaran, kebocoran, hingga badan kapal selam yang nyangkut di reruntuhan kapal Titanic mulai menyeruak. Tapi ya of course ini semua baru sebatas teori yaa, belum ada bukti konkritnya.

I heard
, di kapal selam ada batas oksigen ya?
You heard it right. Fakta yang nunjukin kalo sampe sekarang kapal selam ini belum muncul ke permukaan mengindikasikan adanya masalah. Diperkirakan batas oksigen yang tersedia di kapal selam tersebut cuma cukup untuk 40 jam aja. Meskipun upaya pencarian masih terus dilakuin, tapi dengan adanya batas oksigen ini menandakan semakin lama upaya pencarian berlangsung, maka semakin kecil pula kemungkinan kapalnya selamat :(.
 
Now tell me who’s on board.
Well, meskipun pihak berwenang belum ngumumin siapa aja yang ada di kapal selam, tapi beberapa media luar justru udah merilis siapa aja penumpang yang ada di kapal selam tersebut. Ternyata, dua orang milyader beserta CEO OceanGate Expeditions ada di kapal selam ini. Dua orang milyader ini bernama Hamish Harding yang memiliki perusahaan penerbangan Action Aviation dan Shahzada Dawood wakil presiden Engro Corporation yang ikut ke kapal selam bersama anaknya. Selanjutnya, ada juga CEO OceanGate Expeditions, Stockton Rush bersama penjelajah asal Perancis, Paul-Henri Nargeolet yang juga on board.
 
Realllllly hope they are all safe and sound…
We all hope so. Meskipun kemungkinannya makin lama makin kecil, tapi selalu masih ada harapan yakan. Harapan ini juga sempat di-publish putra tiri Harmish Harding melalui Facebooknya. Pada lamannya ia mengonfirmasi bahwa ayahnya ada pada kapal selam yang hilang dan meminta doa agar sang ayah segera ditemukan. Tapi ntah kenapa, selang beberapa waktu ia menghapus unggahan tersebut.

Anything else?
Seperti yang kita tahu, story di balik tenggelamnya kapal Titanic masih melegenda sampai sekarang. Kisahnya banyak dikembangkan menjadi novel, lagu, sampe film yang laku banget di pasaran. Makanya saking lakunya segala hal yang berhubungan dengan Titanic, dibuatlah juga ekspedisi pariwisata untuk melihat bangkai kapal Titanic menggunakan kapal selam ini. Nggak tanggung-tanggung, buat ikut di kapal selam ini, pengunjung harus bayar US$250.000 per orang.

Rhoma Irama was right..

Begadang jangan begadang~
Absolutely yes. Bang Rhoma aja udah ngingetin ini dari kapan tahu, supaya kita-kita ini jangan terlalu sering begadang lah, karena emang efek buruknya buat tubuh tuh banyak banget, guys. Yang terbaru, hasil penelitian yang dirilis dalam Jurnal Chronobiology International pada Jumat lalu menemukan bahwa begadang bisa memicu mati muda. Nah lhooo….
 
Jadi dalam melakukan penelitiannya, para researchers menguji 24.000 anak kembar dari tahun 1981 – 2018. Anak-anak ini kemudian diminta memilih menggambarkan dirinya sebagai orang yang hobi begadang atau cenderung morning person. Hasilnya lebih dari 40% anak-anak cenderung suka begadang. Dari hasil ini, penelitian lebih lanjut dilakukan dengan melihat catatan kematian mereka. Setelah menyesuaikan data dengan variabel lain seperti tingkat pendidikan, konsumsi alkohol, dan lain-lain, disimpulkan bahwa mereka yang hobi begadang meningkatkan risiko mati muda sebanyak 9% dibanding mereka yang morning person. Hal ini karena ditemukan juga bahwa mereka yang sering begadang cenderung lebih sering juga berhubungan dengan alkohol, tembakau, dan pola makan yang nggak sehat.
 
Terus, ditemukan juga bahwa pola tidur ini dipengaruhi oleh orang tua. Mereka yang terlahir dari orang tua dengan pola tidur baik akan cenderung punya pola tidur baik pula, dan begitu pun sebaliknya.
 
Nah terus, the next question would be: Bisa nggak sih habit ini diubah? Jawabannya ya bisa banget, guys. Contoh paling gampangnya sih bisa dengan pasang alarm pagi dan ketika bangun langsung deh berjemur di matahari pagi. Cara lainnya bisa dengan mematikan segala sumber cahaya di malam hari, supaya tubuh bisa memproduksi melatonin yang bikin kamu tidur. Tertarik untuk mencoba? Daripada mati muda ya, guys..

“Saya bermimpi, di suatu hari Pak Jokowi datang ke rumah saya di Cikeas untuk kemudian bersama-sama menjemput Ibu Megawati di kediamannya. Selanjutnya kami bertiga menuju Stasiun Gambir.” 

Gitu guys, bunyi twit pertama dari Presiden RI keenam Pak Susilo Bambang Yudhoyono beberapa hari lalu, yang bercerita soal mimpinya ketemu Pak Jokowi, terus bareng-bareng ketemuan sama Bu Mega. Dalam mimpinya itu, Pepo bilang bahwa ketiganya kemudian ngopi sebelum berpisah ke tempat tujuannya masing-masing. Nah guys, secara lagi rame soal capres cawapres, twit ini mengundang banyak reaksi, khususnya karena kita tahu Pak SBY sama Bu Mega tuh emang hubungannya agak renggang kan. Makanya banyak yang kayak, “Maksudnya apa ni, pepppoooo?”
 
When you can’t even remember your dream from last night…

Announcement


Thanks to nuchan and gagat for buying us coffee today! 

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

What is that one thing that’s guaranteed to always lighten up your day? This.
Advertisement