Bendungan Nova Khakovka di Kherson Selatan Meledak

169

When things are getting worse….

In Ukraine.
Yep. Belom kelar sama urusan perangnya sama Rusia, Ukraina lagi-lagi jadi headline dan diomongin masyarakat dunia nih, guys. Kemaren banget nih, Bendungan Nova Khakovka di Kherson Selatan diketahui meledak hingga menyebabkan banjir besar.

Background pls.
Sure. Jadi as we all know,  salah satu trigger awal yang menyebabkan pecahnya invasi/perang yang terjadi di Ukraina-Rusia tuh kan karena Rusia yang melakukan pencaplokan wilayah di Ukraina yah. Adapun salah satu wilayah yang Rusia kuasai sekarang tuh wilayah Kherson. Kherson ini cantik banget karena berbatasan sama Sungai Dnipro di bagian selatannya.

Okay…
Nah the fact that wilayah Kherson ini berbatasan sama sungai, maka dibangunlah Pembangkit Listrik Tenaga Air alias bendungan, Nova Kakhovka namanya. Gede banget ini dibangunnya, guys. Dari titik paling utara di Ukraina, teruss sampai ke Laut Selatan. In that sense, kebayang dong berapa air yang ditampung di sini? Yep, hampir nyamain Great Salt Lake di Utah, AS bahkan.

Oke kebayang. Go on…
But the thing is, kemaren banget nih, Bendungan Nova Khakovka ini diketahui meledak. Temboknya jebol. Luber lah semua airnya di situ, sampai menyebabkan banjir di wilayah Kherson dan sekitarnya. Menurut laporan setempat, ada 22 ribu warga di 14 pemukiman yang terdampak dalam kejadian ini, guys. Warga pun sekarang udah diminta buat evakuasi.

Tapi kenapa bisa meledak gitu btw? 

Nah soal itu juga. Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab bendungan ini meledak tuh kenapa. Tapi yang pasti, sekarang both 

Advertisement
Ukraina dan Rusia tuh masih saling tuduh-tuduhan. So the situation kurang lebih kayak gini:

Ukraina: “Ini ulah lo kan? It’s you from the very beginning!”
Rusia: “Enak aja! Elo kali. Kita nggak tahu apa-apa yah!”

Lah….
Ya gitu deh. Jadi Ukraina tuh sekarang masih nuduh Rusia sengaja ledakin bendungan itu karena takut pihak Ukraina bakalan manfaatin bendungannya sebagai bagian dari serangan balasan mereka. Meanwhile, Rusia juga sampai sekarang masih kekeuh mengaku bahwa mereka nggak terlibat sama sekali dalam ledakan ini. Malahan, pihak Rusia ngeklaim kalau ledakan ini adalah tindakan sabotase. Ukraina sengaja ledakin bendungan itu dengan niatan menghilangkan Semenanjung Krimea, another wilayah Ukraina yang dikuasai Rusia since 2014 lalu.

Got it. Anything else I should know?
FYI Bendungan Nova Khakovka ini emang jadi salah satu saksi pergolakan antara Rusia-Ukraina, guys. Waktu pasukan Rusia menduduki Crimea 2014 lalu, pasukan Ukraina pun melakukan balasan dengan nge-block saluran air di bendungan itu. Ending-nya, krisis air pun terjadi di sekitaran situ. Makanya waktu Februari 2022 kemaren, ketika Rusia melancarkan invasinya, saluran air itu dibuka lagi sama pihak Rusia.
Advertisement