Tingkat Kriminal di LA Meningkat

259

When you always think about The American Dream…

Wakey wakey, everyone.
Karena bisa jadi, Amerika Serikat tuh ngga seindah itu. Yep, baru aja nih, perwakilan Indonesia di Los Angeles aka KJRI LA memberikan imbauan keamanan buat para WNI supaya mereka selalu berhati-hati, gegara tingkat kriminal di LA yang makin meningkat.

HA?!? Gimana gimana?
Iya, guys. Salah sih kalo kamu liat LA seindah thriller-nya Barbie atau setting di film LaLa Land. Karena realitanya, angka kejahatan di sana tuh lagi on the rise gila-gilaan dan bikin warga literally takut. To give you some context, di tahun 2023 aja, kasus penembakan massal yang terjadi di LA tuh bisa dibilang cukup sering, kira-kira seminggu sekali lah. Dari jumlah kasus yang tercatat, ada 17 pembunuhan massal yang terjadi dan merenggut 88 nyawa. And most of the time, pelakunya menggunakan senjata api.
 
NJIR.
Makanya kan serem banget. Beberapa contohnya mulai dari kasus petani yang ditembak di California Utara, penembakan di studio dansa saat ngerayain Imlek, atau yang terbaru, ada empat orang yang ditemukan tertembak di kompleks apartemen pusat kota, Westlake pada 20 Mei lalu. FYI guys, emang jumlah kasus penembakan di tahun 2023 ini lebih menonjol kalau dibandingkan dalam penghitungan total selama setahun penuh. To be specific, kasus penembakan di Los Angeles over the last three years emang meningkat 37 persen jika dibandingkan dengan tiga tahun sebelumnya. Itu baru kasus penembakan. Belum kejahatan lainnya kayak pembunuhan, pemerkosaan, pencurian, sampe yang kecil-kecil kayak nyolong paket Amazon :)).
 
Gotham vibe banget…
Makanya kan. Ngeliat kasus kejahatan dan penembakan yang nggak udah-udah, masyarakat LA be like, “Ni pemerintah kemane aje sih.” Kalau menurut polisi yang bertugas di wilayah setempat, Elaine Morales, penyebab meningkatnya angka kriminalitas di sana tuh merupakan kombinasi dari berbagai masalah sosial, kayak penyakit mental, penggunaan narkotika, dan banyaknya tunawisma yang membawa senjata. Yaaa, that’s why tingkat kejahatan di LA terus meningkat.

Atut…
Yep. On the other side, penduduk di Los Angeles itu juga padat banget. Banyak dari mereka yang merupakan pendatang baru dari berbagai tempat dengan latar belakang yang berbeda-beda. Bahkan menurut itung-itungan negara bagian California, sekitar 14,2 persen penduduk di sana hidup di bawah garis kemiskinan. Terus yang harus kamu tahu guys
Advertisement
, populasi orang homeless di LA juga adalah yang paling besar di seluruh negara. Salah satu alasannya karena emang udaranya di sana hangat kan, jadi kalo lagi musim dingin para homeless ini masih bisa pada survive. Beda ceritanya kalo mereka stay di kota-kota yang dingin kayak Boston atau New York, udah pasti ga survive. Karena alasan ini pula lah, makin tahun tuh makin banyak homeless dari seantaro negeri yang relocate ke LA. More homeless means more people with economic and mental struggle, dan kalo udah ke-pressure sama kebutuhan hidup, tingkat kriminalitas pun melonjak deh.

Takut banget, lho..
That’s why pihak KJRI LA akhirnya menerbitkan imbauan pada 24 Mei lalu lewat media sosial mereka terkait situasi keamanan yang makin membahayakan belakangan ini. Dalam keterangannya, KJRI LA mengimbau WNI yang berada di wilayah KJRI which is Arizona, California Selatan, Colorado, Hawaii, Nevada Selatan, Utah, dan Kepulauan Pasifik di teritori AS buat berhati-hati di manapun mereka berada.

Anything else?
KJRI Los Angeles juga ngasih tau beberapa poin penting yang harus jadi perhatian para WNI. Mulai dari menyimpan barang dan dokumen berharga di tempat yang aman, tetap waspada atas perkembangan situasi keamanan setempat, dan kalau bepergian, para WNI juga diminta buat menjaga barang berharga kaya paspor, dompet, dan handphone as safe as possible. Lebih jauh, bila ada WNI yang mengalami kehilangan paspor atau ada dalam keadaan bahaya dapat menghubungi 911 atau hotline KJRI.
Advertisement