Target Mendali Emas Indonesia di SEA Games Terlampaui

135

Who’s achieved the target?

Our Indonesian heroes in Cambodia.
Iya ih, bangga banget ya guys sama kontingen Timnas Indonesia di Kamboja. Mereka berhasil memborong medali emas di SEA Games 2023. Nggak tanggung-tanggung, dari target 69 medali emas yang disebut Presiden Jokowi, atlet Indonesia sejauh ini berhasil meraih 72 medali emas, gengs. Di atas targetnya Pak Jokowi. Yeyy overachieved tuh.

Tell me.
Sure. Jadi in case you’re not following, jadi sekarang tuh lagi happening Pesta Olahraga terbesar se-Asia Tenggara, which is Southeast Asian Games aka SEA Games, yang lagi berlangsung di Phnom Penh, Kamboja. Nah, SEA Games ini kan udah dimulai dari 5 Mei kemarin yah, di mana dari 36 cabang olahraga yang dipertandingkan mulai dari atletik, bulutangkis, tinju, sepakbola, renang, dll. Sebagian cabang olahraga tuh udah selesai tanding dan udah ketahuan siapa yang dapat medali emas, perak, dan perunggunya, guys. Makanya dari sini pun kita tahu klasemen medali di kejuaraan ini kayak gimana sejauh ini.

Catch Me Up!
Sure. Adapun beberapa cabang olahraga yang udah selesai tuh kayak sepaktakraw, tenis, angkat besi, fin swimming, dll. Nah dari tiga cabor ini aja, Indonesia berhasil borong medali emas, guys. In that sense, sampai berita ini ditulis, Indonesia udah berhasil mengumpulkan 72 emas, 60 perak, dan 80 perunggu, which udah berhasil melampaui target Presiden Joko Widodo yang waktu pelepasan kontingen tempo hari menyebut harus bisa meraih lebih dari 69 medali emas.

W tau banget kalo overachieved girangnya kayak apa….
We know, rite. Dan yang kalian harus tau adalah, perolehan 72 emas yang udah diraih, itu pun baru hasil sementara since SEA Games juga belum kelar kan. Yep, kita masih nunggu cabang olahraga pamungkas which is sepakbola, where Indonesia bakalan berhadapan sama Thailand di partai final malam ini. Iya, setelah berhasil menang lawan Vietnam dengan skor 3-2 di semifinal kemaren, our Garuda Muda are ready buat berhadapan sama Raja-nya sepakbola ASEAN, yaitu Thailand buat memperebutkan another medali emas. Ini jadi kali ketujuh Indonesia masuk di partai final, menang dua kali, dan terakhir di tahun 1991.

Namanya overachieve pasti dapet bonus dong…
Pastinya. Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyebut bahwa doi udah mengusulkan tambahan bonus buat atlet-atlet yang berhasil meraih medali emas. In his words, Mas Menteri Dito bilangnya, “Jika tembus target medali emas di atas 69 pasti kami akan memohon ke beliau, siapa tahu ada gerakan hati dari Pak Presiden,” katanya gitu. Nah sekarang kan udah di atas 69.

I see….
Tapi yang harus diinget adalah, target Presiden tuh bukan cuma soal perolehan medali, gengs tapi juga rank secara keseluruhan. Iya, target ini kan awalnya emang mengacu ke hasil performance atlet Indonesia di SEA Games 2021 Vietnam kemarin, di mana Indonesia berhasil 69 medali emas dan finish di rank ketiga. Nah sekarang, meskipun udah berhasil mengumpulkan sebanyak 72 medali emas, rank kita tuh ada di posisi ketiga juga sama kayak sebelumnya. Hal ini juga udah memenuhi targetnya Kementerian Pemuda dan Olahraga guys
Advertisement
since Mas Dito bilangnya target mereka tuh 60 medali emas dan bisa mempertahankan rank di posisi ketiga. Cuma kalau target versinya Pak Jokowi kan selain mendapatkan medali emas lebih dari 69, atlet Indonesia kudu bisa menduduki posisi pertama atau kedua. Lebih dari hasil kita di SEA Games 2021.

Masih bagus banget sih posisi ketiga tuh…
Banget! Apalagi posisi ketiga sekarang ini kita dapatin dengan perlahan tapi pasti gitu lo. Kayak yang beneran menanjak, dari yang awalnya posisi tiga besar tuh diisi sama Vietnam, Thailand, dan tuan rumah Kamboja, hari Minggu kemarin, karena udah ada perolehan medali lagi, maka Indonesia legit menggeser posisi tuan rumah deh. That being said, kalau digabung emas, perak, sama perunggu yang berhasil kita peroleh so far, Indonesia udah berhasil mengumpulkan 212 medali, di atas kita masih ada Thailand dengan 246 medali, dan Vietnam yang konsisten nangkring di posisi puncak dengan 294 medali.
 
Go go go. Anything else I should know? 
Btw SEA Games 2023 ini tuh emang jadi momen first time banget buat Kamboja jadi tuan rumah, guys. Dan di kali pertama ini juga, penyelenggaraannya penuh sama berbagai kontroversi dan drama di sepanjang acaranya. Mulai dari kursi plastik ala ala kondangan di ruang ganti timnas, terus lighting yang pakai lampu mobil, penaikan bendera negara peraih medali yang dinilai nggak proper, sampai kamar hotel yang bocor sampai banjir seisi kamar. Yang paling parah, waktu opening ceremony kemaren, tepatnya waktu parade 11 negara peserta SEA Games, masa bendera Indonesia terpasang terbalik? Makanya menyikapi hal ini Menpora-nya Kamboja, Hang Chuon Naron udah menyampaikan permantaan maafnya langsung waktu meet up sama Menpora RI, Dito Ariotedjo.

 
Dipikir-pikir sejak kapan Polandia gabung ASEAN yak….
Advertisement