LRT Segera Resmi di Juli-Agustus

173

Now, let’s get you up to speed on: LRT Jabodebek….

Yang mulai beroperasi Juli mendatang.
Yoi guys. Kamu yang tinggal di pinggiran Jakarta tapi kerjanya di Jaksel, ada alternatif transportasi umum baru yang bisa kamu jadiin pilihan. Jadi nggak melulu ngandelin KRL dan auto survival mode di Stasiun Manggarai deh. Iya, Light Rail Transit aka LRT mulai Juli- Agustus nanti most likely bakal diresmikan dan beroperasi melayani orang-orang di Jabodebek, guys.

Yaelah LRT mah nggak baru lagi…
We know, we know. LRT emang bukan something new lagi di Ibu Kota. Tapi kamu pastinya juga tau kalau selama ini LRT yang udah beroperasi sejak akhir 2019 itu rutenya terbatas banget, cuma lewat di enam stasiun dari Kelapa Gading sampai Velodrome kan. Sementara volume warga Jakarta dan sekitarnya juga terus membludak, terutama kalangan pekerja pinggiran Jakarta yang tiap hari mengandalkan transportasi umum buat pergi ke kantor. Makanya nggak heran kalau KRL jadi transportasi yang paling efisien buat mereka. Cuma ya gitu, desek-desekannya itu loh…..

Tapi seru sambil baca berita Catch Me Up! Soalnya…
Aw, thank you! Nah, makanya, LRT ini kudu jadi moda transportasi yang lebih accessible buat masyarakat, biar masyarakat juga ada pilihan lain yekan. Maka PT KAI akhirnya membangun si LRT ini yang bisa nge-cover daerah di Jabodebek, guys. Cuma ya gitu, Proses pembangunannya lamaaaa banget, dan emang molor. Target awalnya di HUT RI ke-77 tahun lalu kelar, tapi karena aspek kesiapan yang harus matang, makanya molor deh. But the wait is over now. LRT Jabodebek diprediksi bakal mulai beroperasi per Juli tahun ini dan diresmikan bulan depannya, di bulan Agustus. Tepatnya 17 Agustus 2023

Hari Kemerdekaan nggak tuh…
What a birthday present. Well, kayak yang tadi kita bahas, LRT Jabodebek ini bakal nge-cover daerah-daerah lain yang sebelumnya nggak ke-cover di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. Mulai dari Cibubur – Cawang, Cawang – Dukuh Atas, dan Lintas Bekasi Timur ke Cawang semuanya bakal dilewati sama LRT ini. Adapun stasiun yang disiapkan tuh ada sebanyak 17 stasiun, guys, yang salah satunya bakalan connect
Advertisement
 langsung ke Kereta Cepat Jakarta-Bandung..

Sounds nice….
Nah sampai sekarang sih  belum di-spill yha tarif sekali pergi naik LRT Jabodebek tuh berapa. Cuma kalau mengacu tarif LRT Jakarta kan, setiap orang dikenakan 5.000. In that sense, PT KAI pun suggest kalau tarif LRT di Jabodebek ini kalau jarak dekat tetap 5.000 rupiah, kalau jarak jauh di range 24-25 ribu rupiah. Jadi rata-ratanya sekitar 15 ribuan lah tarifnya. Bahkan, angka ini disebut bisa lebih murah lagi considering Kementerian Perhubungan disebut juga bakal kasih subsidi.

Tapi bukannya gratis sebulan yah? 
Nggak dong. Dikonfirmasi langsung oleh PT KAI, nggak ada tuh ceritanya gratis naik LRT sebulan. Yang ada tuh semacam joy trip gitu buat uji coba dan diperuntukkan ke kalangan tertentu termasuk masyarakat yang tertarik buat test drive naik ini LRT. Jadi kayak pemuka masyarakat, civitas akademika, sampai pemerhati transportasi bakalan nyobain LRT Jabodebek mulai 12 Juli nanti. Lebih jauh, PT KAI juga bilangnya bakalan ada kesempatan juga buat masyarakat biasa kayak kita-kita ini. Ntar bakal diumumin lebih lanjut lewat media sosialnya. Joy trip ini terbatas ya.

Got it. Anything else I should know? 
Btw dari tadi ngomongin LRT Jabodebek, yang harus kamu tau adalah, pembangunan LRT Jakarta tahap selanjutnya juga bakal mulai dikerjain tahun ini, guys. Yep, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bilangnya perpanjangan rute LRT Jakarta bakalan berlanjut sepanjang 6,4 km, dari Velodrome sampai ke Manggarai, guys. Bakalan ada lima stasiun tambahan nantinya, Mulai dari Stasiun Pemuda Barat, Pramuka BPKP, Pasar Pramuka, Matraman, dan Manggarai. Nah, dengan perpanjangan ini, diprediksi bakalan ada 180 ribu penumpang tiap harinya yang naik LRT Jakarta.
Advertisement