Kunjungan Presiden Iran ke Indonesia, Timnas Argentina Akan Melakukan FIFA Matchday Dengan Timnas Indonesia, LRT Segera Resmi di Juli-Agustus, Negara Dengan Penduduk Terkaya Dunia

380

Hi

Welcome to Thursday, fighters and lovers! It’s that time of the month again when you feel empowered, energized, and excited because oh well, it’s the 25th! Gajian time! Enjoy your rich moment, plan your fun weekend, and let’s catch up!

Who’s just had a visit?

Presiden Iran, Seyyed Ebrahim Raisi, ke Indonesia.
Yoi guys. Abis balik dari Jepang dalam rangka KTT G7 kemarin, Presiden Joko Widodo langsung disibukkan sama berbagai agenda, salah satunya menerima kunjungan pemimpin negara lain. Nah dua harian kemarin, ada salah seorang pemimpin negara yang berkunjung ke Indonesia dan meeting sama Pak Jokowi serta menyepakati beberapa hal. Beliau adalah Presiden Iran, Seyyed Ebrahim Raisi.

Wait, Iran??
Iya Iran, negara yang sekarang masih agak chaos karena masyarakatnya pada unjuk rasa dan protes menentang rezim pemerintah. Adapun penyebab utama dari krisis dalam negeri mereka tuh adalah karena kematian seorang remaja perempuan Mahsa Amini waktu ditahan sama polisi moral sana. Beliau ditahan gara-gara dinilai nggak pakai hijab dengan proper. Hal ini kemudian bikin warga kzl sama pemerintahnya, kayak, kok bisa urusan jilbab aja orang harus meninggallll? Dan hal inilah yang menyulut protes berkepanjangan di Iran. Warga jadi pada turun ke jalan, sampai puluhan orang meninggal dan ditahan. FYI, situasi panas ini udah berjalan sampe tiga bulan.

Terus terus?

Dalam tuntutannya, para demonstran juga menyatakan kemarahan mereka kepada Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Soalnya, emang Ayatollah Ali Khamenei inilah yang membentuk sistem pemerintahan konservatif ini dan hingga saat ini dipertahankan sama Presidennya Seyyed Ebrahim Raisi. Nah, lagi rame huru-hara dan gonjang-ganjing di negaranya, Presiden Ebrahim Raisi justru away dulu nih dari office dan berkunjung ke Indonesia.

Udah dateng?
Udah, dan udah ketemu juga sama Presiden Jokowi di Istana Bogor hari Selasa kemarin. Agenda Pak Raisi di Jakarta ini mayan padet juga sih, gengs. Setibanya di Bandara Soetta, Raisi yang didampingi sama istrinya, Jamileh Alamaholda dan sejumlah menterinya disambut sama Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan. Dari bandara, rombongan dari Iran  langsung pergi ke Taman Makam Pahlawan Kalibata buat meletakkan bunga sebagai bentuk penghormatan bagi para pahlawan. Baru deh dari situ, Raisi langsung cusssss OTW ke Bogor buat ketemu Pak Jokowi dan melakukan bilateral meeting.

Ngomongin apa aja tuuu?
A lot. Tapi in a nutshell, kedua pemimpin membahas soal peningkatan kerja sama di berbagai bidang. Mulai dari kerja sama di bidang teknologi, bioteknologi nanoteknologi untuk kesehatan, energi, pertahanan dan lingkungan. Terus, ada yang seru juga nih soal kerja sama yang bakal dilakuin sama Iran dan Indonesia, specifically di bidang kesehatan. Jadi dari pertemuan kemarin, kedua negara ngebahas soal pilot project buat robotic surgery dan proyek percontohan alat telemedicine di 11 puskesmas yang udah berjalan. Lebih jauh lagi, Pak Jokowi juga berharap bahwa Iran sama Indonesia bisa kerja sama dalam melakukan riset bersama di bidang sinyal perkeretaapian.

I see….
Nggak cuma itu, kedua negara juga menandatangani MoU buat kerja sama perdagangan, pemberantasan peredaran narkoba, ilmu pengetahuan, jaminan produk halal, dan pengembangan sektor energi. Terus, keduanya juga ngebahas kerja sama soal regulasi produk farmasi, biologi, obat tradisional, kosmetik, pembebasan visa bagi pemegang paspor diplomatik dan dinas sampe soal program pertukaran kebudayaan. Yhaa mumpung Raisi lagi di sini juga, Pak Jokowi nggak ketinggalan dong buat nawarin Raisi buat melakukan investasi pembangunan di IKN alias calon ibu kota baru.

Is that it?
Belum selesai, beb. Mereka juga ngomongin soal isu Palestina dan Afghanistan. Isu ini emang nggak ketinggalan dibahas sama negara-negara Islam kalo lagi ketemuan.  Soalnya kan Iran sama Indonesia jelas merupakan negara dengan mayoritas populasinya Muslim, maka kedua negara bilang bahwa mereka sepakat mendukung perjuangan rakyat Palestina dan mengatasi krisis kemanusiaan di Afghanistan.

WOW. That’s a lot.
True. Terus nggak sampe situ aja agenda Presiden Raisi. Selain ketemu Presiden Jokowi, Raisi juga lanjut cusss ke Gedung DPR/MPR RI di Senayan untuk meeting sama Ketua DPR RI, Puan Maharani dan Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo. Terus yang dibahas sih sama aja guys, di mana Mbak Puan mendorong penguatan hubungan bilateral di bidang ekonomi, perdagangan sama investasi. Meanwhile, di meeting bareng Pak Bamsoet, Pak Bamsoet ngajak Presiden Raisi buat meningkatkan kerja sama di bidang kesehatan, minyak dan gas, kelapa sawit, pariwisata, IPTEK sampe energi hijau.
 
Anything interesting?
Nah, ada yang menarik nih dari pertemuan Presiden Raisi sama Pak Bamsoet. Jadi dalam kesempatan itu, Pak Raisi sempat curhat kalau sekarang Iran tuh lagi dapet banyak tekanan dari negara-negara Barat. Bahkan, beberapa waktu lalu pemerintah Iran sempet bilang bahwa tekanan dari negara Barat terhadap ekonominya merupakan suatu bentuk tindakan terorisme. Tapi beliau juga menegaskan bahwa gara-gara tekanan tersebut, Iran justru mengalami banyak kemajuan. To be more specific, Presiden Raisi juga dengan bangganya cerita bahwa Iran udah mampu mencapai pemanfaatan teknologi nuklir di berbagai bidang termasuk kesehatan, transportasi hingga pertanian.

Lah, Iran mainan nuklir juga?
HMM, bukan lagi. Iran nih bisa dibilang jadi negara yang cukup maju dalam pengembangan nuklir. Walaupun mendapat berbagai tekanan Barat yang meminta Iran untuk membatasi pengembangan nuklirnya, Iran ga gitu aja nurut, guys. Instead, menurut laporan AP news, diketahui bahwa Iran tuh saat ini sedang menggali terowongan di gunung dekat situs nuklir Natanz, di Iran Tengah. Kalau menurut para ahli, fasilitas bawah tanah itu bisa bikin Iran makin memperkaya uranium sebagai bahan baku nuklirnya. Pihak Iran sih nge-claim kalo fasilitas ini jauuuuh dari jangkauan serangan bom AS.

I believe there’s something to say from the West….
Yep, contohnya Amerika Serikat. Keduanya emang ngga pernah on the same page kalo bahas soal nuklir. Makanya, ketika denger soal upaya pengembangan nuklir terbaru Iran tadi, militer AS langsung nge-upload sejumlah foto bom dahsyat bernama GBU-57. Bom ini katanya sih dirancang khusus dan bisa menembus jauh ke dalam perut Bumi aka ya ngehancurin fasilitas bawah tanah milik Iran tadi.

Got it. Now wrap it up….
Balik lagi ke kunjungan Presiden Ebrahim Raisi di Indonesia. Agendanya ditutup dengan kunjungan ke Masjid Istiqlal, Jakarta. Setibanya di sana, Raisi langsung disambut sama lantunan selawat dan para jemaah masjid yang udah nunggu-nunggu kedatangan rombongan itu. Kali ini Pak Jokowi nggak ikut nemenin Raisi ke Istiqlal, meanwhile Raisi melaksanakan salat zuhur berjemaah dengan diimami oleh H Ahmad Muzakkir Abdurrahman.

When you’ve been dreaming of meeting Lionel Messi IRL…

Dream no more. 
Karena Juara World Cup Qatar tahun lalu, Timnas Argentina, bakalan datang ke Indonesia dan tanding sama Timnas Indonesia bulan depan. Yuuuuuuw Babang Messi here we comeeeee….

Hold on, I need some background. 
OK. Jadi gini, guys. Setelah belakangan ini dihantam badai di mana Indonesia gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20, hari-hari setelahnya kayak muncul pelangi gitu loh, buat sepak bola nasional kita. Secara, setelah lebih dari tiga puluh tahun nunggu, akhirnya di SEA Games kemaren Timnas Indonesia berhasil bawa pulang medali emas. Terus kabar gembiranya masih berlanjut, di mana baru aja dikonfirmasi oleh Ketua Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia aka PSSI, Erick Thohir, bahwa Timnas Argentina dipastikan bakal mampir ke Indonesia dan melakukan FIFA Matchday melawan Timnas Indonesia.

Kok bisa???
Nah soal itu, of course nggak terlepas dari sosok yang satu ini. It’s none other thanJavier Zanetti, pemain legend klub Inter Milan dan eks Timnas Argentina. Yang harus kamu tahu adalah, Erick Thohir dan Javier Zanetti ini tuh pernah kerja bareng di Inter Milan since Mas Erick juga pernah jadi owner Inter Milan di tahun 2013 lalu. Dalam kedatangan Timnas Argentina ini, Javier tuh kayak ‘pihak ketiga’ gitu yang menghubungkan PSSI dengan Timnas Argentina. Awalnya Mas Erick bahkan ngomong langsung sama pihak Argentina waktu Kongres FIFA di Rwanda Maret kemaren. Abis itu langsung di-fu lagi yang dibantu sama Javier. Tembus deh…

I see….
Jadi ya gitu, dalam konferensi persnya di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta kemarin banget nih, Mas Erick mengkonfirmasi bahwa fix jadi nih Indonesia VS Argentina. In his words, beliau bilangnya, “Saya bisa jawab hari ini setelah punya surat persetujuan dari FIFA, dari AFA (Asosiasi sepakbolanya Argentina), jadi ini serius nggak kaleng-kaleng,” katanya gitu. Match tersebut dijadwalkan bakalan berlangsung di SU GBK, tanggal 19 Juni 2023.

Tapi kayak, jomplang banget gasi.
Understand your concerns. Jadi the fact that Argentina tuh levelnya udah juara dunia sedangkan Indonesia juara AFF aja belum pernah jadi bikin netizen mikir, “Buat apa sebenarnya ini tuh?” Jangan salah, guysMatch antara Timnas Indonesia dengan pemain-pemain kelas dunia tuh emang jadi salah satu programnya PSSI di bawah kepemimpinan Mas Erick Thohir. Jadi doi pengen bawa Timnas Indonesia bangun dari tidur, dan event
Advertisement
 kayak gini justru bisa jadi pengalaman yang mengangkat harkat sepakbola tanah air. “Kalau Argentina percaya sama kita, masa kita tidak percaya? Ini paling tidak kita dorong setidaknya setahun sekali ada tim besar yang main lawan Timnas Indonesia,” kata Mas Erick gitu.

Mahal ga si datengin Babang Messi dkk?
Ya mahal. Adapun biaya yang dikeluarkan PSSI untuk menggelar match ini adalah sekitar Rp70 miliar, gengs. Menanggapi hal ini, Mas Erick bilangnya, “Lu pada negative thinking mulu sama PSSI,” wkwkwk kurang lebih kayak gitu. In his words, Ketua PSSI yang juga Menteri BUMN itu menyebut ga usah peduliin berapa biaya yang dikeluarkan. “Ga usah bicara seakan-akan PSSI tuh miskin. Ini yang di depan (Re: Pengurus PSSI) ini bukan kaleng-kalengan,” lanjut Mas Erick. Toh ini sejarah buat Argentina, buat Indonesia. Buat PSSI yang transparan dan mental pemain yang kebangun. “Harganya nggak bisa dinilai dengan uang,” katanya lagi.

So, what can we do? 
Ya support. Penuhin tuh GBK 19 Juni ntar. Masih dari keterangan Mas Erick, supporters tuh jangan taunya cuma minta menang doang. Nggak tahu Timnas udah capek, PSSI udah maksimal. Eh yang datang cuma tiga ribu. Kan kureng yahh. Makanya Mas Erick berharap masyarakat tuh bisa membantu PSSI, guys. Biar bisa buktiin kalau kepercayaan masyarakat terhadap sepakbola tuh juga masih terjaga, ceunah.

Got it. Now wrap it up…
FYI guys, PSSI emang berencana untuk terus mempertemukan Asnawi dkk dengan pemain-pemain dunia. Iya, rencananya setelah ngelawan Argentina, bakalan ada match sama Timnas Brazil dan Portugal, di mana Erick Thohir menyebut keduanya udah kasih respons positif. Nggak cuma itu, coming up next ada Maroko, bahkan Rusia, yang juga udah kasih respons positif. Targetnya sih, dengan adanya pertandingan kayak gini, pemain kita bisa belajar, dan hopefully bisa lolos kualifikasi piala dunia 2025 yang akan digelar di tiga negara: AS, Kanada, dan Meksiko.

Now, let’s get you up to speed on: LRT Jabodebek….

Yang mulai beroperasi Juli mendatang.
Yoi guys. Kamu yang tinggal di pinggiran Jakarta tapi kerjanya di Jaksel, ada alternatif transportasi umum baru yang bisa kamu jadiin pilihan. Jadi nggak melulu ngandelin KRL dan auto survival mode di Stasiun Manggarai deh. Iya, Light Rail Transit aka LRT mulai Juli- Agustus nanti most likely bakal diresmikan dan beroperasi melayani orang-orang di Jabodebek, guys.

Yaelah LRT mah nggak baru lagi…
We know, we know. LRT emang bukan something new lagi di Ibu Kota. Tapi kamu pastinya juga tau kalau selama ini LRT yang udah beroperasi sejak akhir 2019 itu rutenya terbatas banget, cuma lewat di enam stasiun dari Kelapa Gading sampai Velodrome kan. Sementara volume warga Jakarta dan sekitarnya juga terus membludak, terutama kalangan pekerja pinggiran Jakarta yang tiap hari mengandalkan transportasi umum buat pergi ke kantor. Makanya nggak heran kalau KRL jadi transportasi yang paling efisien buat mereka. Cuma ya gitu, desek-desekannya itu loh…..

Tapi seru sambil baca berita Catch Me Up! Soalnya…
Aw, thank you! Nah, makanya, LRT ini kudu jadi moda transportasi yang lebih accessible buat masyarakat, biar masyarakat juga ada pilihan lain yekan. Maka PT KAI akhirnya membangun si LRT ini yang bisa nge-cover daerah di Jabodebek, guys. Cuma ya gitu, Proses pembangunannya lamaaaa banget, dan emang molor. Target awalnya di HUT RI ke-77 tahun lalu kelar, tapi karena aspek kesiapan yang harus matang, makanya molor deh. But the wait is over now. LRT Jabodebek diprediksi bakal mulai beroperasi per Juli tahun ini dan diresmikan bulan depannya, di bulan Agustus. Tepatnya 17 Agustus 2023

Hari Kemerdekaan nggak tuh…
What a birthday present. Well, kayak yang tadi kita bahas, LRT Jabodebek ini bakal nge-cover daerah-daerah lain yang sebelumnya nggak ke-cover di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, dan Bekasi. Mulai dari Cibubur – Cawang, Cawang – Dukuh Atas, dan Lintas Bekasi Timur ke Cawang semuanya bakal dilewati sama LRT ini. Adapun stasiun yang disiapkan tuh ada sebanyak 17 stasiun, guys, yang salah satunya bakalan connect langsung ke Kereta Cepat Jakarta-Bandung..

Sounds nice….
Nah sampai sekarang sih  belum di-spill yha tarif sekali pergi naik LRT Jabodebek tuh berapa. Cuma kalau mengacu tarif LRT Jakarta kan, setiap orang dikenakan 5.000. In that sense, PT KAI pun suggest kalau tarif LRT di Jabodebek ini kalau jarak dekat tetap 5.000 rupiah, kalau jarak jauh di range 24-25 ribu rupiah. Jadi rata-ratanya sekitar 15 ribuan lah tarifnya. Bahkan, angka ini disebut bisa lebih murah lagi considering Kementerian Perhubungan disebut juga bakal kasih subsidi.

Tapi bukannya gratis sebulan yah? 
Nggak dong. Dikonfirmasi langsung oleh PT KAI, nggak ada tuh ceritanya gratis naik LRT sebulan. Yang ada tuh semacam joy trip gitu buat uji coba dan diperuntukkan ke kalangan tertentu termasuk masyarakat yang tertarik buat test drive naik ini LRT. Jadi kayak pemuka masyarakat, civitas akademika, sampai pemerhati transportasi bakalan nyobain LRT Jabodebek mulai 12 Juli nanti. Lebih jauh, PT KAI juga bilangnya bakalan ada kesempatan juga buat masyarakat biasa kayak kita-kita ini. Ntar bakal diumumin lebih lanjut lewat media sosialnya. Joy trip ini terbatas ya.

Got it. Anything else I should know? 
Btw dari tadi ngomongin LRT Jabodebek, yang harus kamu tau adalah, pembangunan LRT Jakarta tahap selanjutnya juga bakal mulai dikerjain tahun ini, guys. Yep, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bilangnya perpanjangan rute LRT Jakarta bakalan berlanjut sepanjang 6,4 km, dari Velodrome sampai ke Manggarai, guys. Bakalan ada lima stasiun tambahan nantinya, Mulai dari Stasiun Pemuda Barat, Pramuka BPKP, Pasar Pramuka, Matraman, dan Manggarai. Nah, dengan perpanjangan ini, diprediksi bakalan ada 180 ribu penumpang tiap harinya yang naik LRT Jakarta.

When you keep asking yourself, “Kapan aku kaya dan sejahtera ya?

Irish can’t relate.
 
Secara, Irlandia tercatat sebagai negara dengan penduduk terkaya di dunia, guys. Yep, kalau ngeliat dari produk domestik bruto (PDB) aja, negara yang punya PDB terbesar emang negara-negara dengan ekonomi besar juga kaya AS, China, Jepang dan Jerman. Tapi, berdasarkan analisis Global Finance Magazine, to consider sebuah negara itu paling kaya atau enggak, ada banyak banget indikatornya. Ini termasuk pendapatan per kapita pednuduk, daya beli masyarakat, PDB sama ketahanan negara tersebut dalam menghadapi krisis selama pandemi. Nah, kalo ngeliat dari berbagai indikator tersebut, Irlandia lah yang ada di first position sedangkan AS berada di urutan ke-9.
 
Ini daftar 10 negara dengan penduduk paling sejahtera di dunia pada tahun 2023:
1.Irlandia
2.Luxembourg
3.Singapura
4.Qatar
5.Makau
6.Uni Emirat Arab
7.Swiss
8.Norwegia
9.Amerika Serikat
10.San Marino

“Saya bersyukur kemarin kejadian, kemarin mungkin bagi orang lain itu aib atau apa, saya bersyukur.”

Wowww agak anti-mainstream ya guys statementnya Menteri Sosial kita Bu Tri Rismaharini pas ditanya soal penggeledahan kantor Kemensos oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Selasa lalu. Kalo menteri lain biasanya dag-dig-dug der kalo ada penggeledahan, Bu Risma justru bersyukur dan bilang penggeledahan itu ya OK aja, bukan aib.

When you’re always chill…

Announcement


Thanks to Hamba Allah, someone, and Dimitrij for buying us coffee today! 

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

If you hate tomatoes, try reading this.
Advertisement