Isu Walikota Solo Jadi Cawapres Prabowo, Panic Buying Air Mineral di Malaysia, Pemimpin Negara-negara G7 Rapat di Jepang, Byakuya Es Krim Termahal Dunia

163

Moin moin,

It’s Tuesday, and just like any other day, we would like to remind you that it’s another blank page. Start your morning with meditation, gratitude, journaling, and a simple jog. Remember, a little sun light early in the morning works wonders. Now, let’s catch up!

When it’s still Tuesday but oh, the drama…

About politics.
Menjelang Pemilu 2024, emang tensi politik tuh makin ke sini makin ‘membara’ ya, guys. Apalagi buat kalangan politisi dan pejabat publik, setiap langkahnya tuh sering dikait-kaitin sebagai dukungan terhadap bakal Capres-Cawapres tertentu. Terus baru aja nih, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka disebut-sebut mendukung bakal Capres Prabowo Subianto. Isu ini muncul setelah kemarin keduanya sempat ketemuan dan makan angkringan bareng di Solo. So people be like, “Nggak papa tah ini?”

Lah emang kenapa?
Jadi kan kayak yang kamu tahu, Mas Gibran ini kader PDIP, dan PDIP kan mengusungnya Mas Ganjar Pranowo. Tapi ya gitu, kok bisa malah kongko-kongko sama capresnya Gerindra yaitu Pak Prabowo tadi. Oh iya FYI selain Mas Ganjar yang diusung PDIP dan PPP, ada juga Pak Anies Baswedan yang diusung Partai Nasdem-Partai Demokrat-PKS, dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang diusung koalisi Gerindra-PKB. Jadi, most likely Pilpres tahun depan capres kita ada tiga nih.
 
Nice…
Nah, balik lagi ke soal Mas Gibran yang mam angkringan sama Pak Prabowo, di saat yang bersamaan, Relawan Jokowi-Gibran yang tergabung dalam 15 organisasi juga mendeklarasikan dukungan mereka terhadap Pak Prabowo untuk maju di Pilpres 2024 besok. Adapun disampaikan oleh koordinator mereka, Kuat Hermawan namanya, alasan Relawan Jokowi-Gibran yang berbasis di Jawa Tengah dan Jawa Timur ini mendukung Pak Prabowo ya karena mereka ngeliatnya selama jadi Menteri Pertahanan, Pak Prabowo udah nunjukin komitmen yang luar biasa terhadap Indonesia. Pak Prabowo juga dinilai sebagai the one yang bisa nerusin program-programnya Presiden Jokowi.

Okay….
Nah menyikapi hal ini, Partai Gerindra yha bersyukur banget dong. Secara, disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Habiburokhman, dalam Pemilu 2014 dan 2019 kemaren, partai mereka dan Pak Prabowo tuh  susahhh banget dapatin suara di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Tapi kini, dengan dukungan dari relawan Jokowi-Gibran, maka diharapkan bisa menutup ruang yang kosong. Terus Mas Habib juga bilang Jokowi dan Gibran tuh adalah tokoh ayah dan anak yang dihormati sama masyarakat Jawa. That being said, dukungan relawan ini mungkin banget dipatuhi dan diikuti sama masyarakat Jawa.

So the next question is: 
Jadi Mas Gibran dukung Pak Prabowo?
Nah soal itu juga. Apalagi sampai nongkrong bareng sambil makan angkringan segala yekan. Pikiran netizen jadi kemana-mana dong. Tapi ya gitu, dikonfirmasi langsung oleh yang bersangkutan, pertemuannya kemaren tuh cuma makan malam biasa, dan dalam kapasitas Mas Gibran sebagai Wali Kota dan Pak Prabowo sebagai Menteri Pertahanan. Jadi yhaa tamu negara yang berkunjung ke daerahnya harus dijamu dong. It has nothing to do with Capres stuff deh pokoknya. In his words, Mas Gibran bilan, ”Bahkan Pak Anies pun saya dampingi. Tuan rumah harus mendampingi tamu. Urusan pencapresan kan kemarin saya minggir. Aku kan tidak ikut-ikut ketika beliau (Re: Prabowo Subianto) orasi dan lain-lain kan saya minggir. Tidak ikut-ikut,” katanya gitu.

Tapi gini lo Mas…..
Balik lagi the fact that Mas Gibran Rakabuming Raka ini adalah kader PDI-Perjuangan yang malah ketemuan dan ‘makan malam biasa’ sama Prabowo Subianto dinilai seolah bertentangan sama cita-cita partai yang udah membesarkan namanya itu. Apalagi kalau ditarik ke belakang, ayahnya Presiden Jokowi sampai kakak iparnya Wali Kota Medan  Bobby Nasution juga bisa jadi kayak di posisi sekarang yha nggak terlepas dari dukungan PDI-Perjuangan kan. That being said, langkahnya kali ini tuh dinilai membingungkan, guys.

I believe PDI-Perjuangan has a say….
Of course. Atas ribut-ribut kejadian ini, Sekjen PDI-Perjuangan Hasto Kristiyanto akhirnya kasih imbauan ke kepala daerah buat menerima tamu ya di kantor aja. Menjamu tamu juga perlu katanya, biar bisa menghasilkan kebijakan yang berorientasi ke masyarakat. Cuma karena udah ribut banget nih, PDIP akhirnya mengundang Mas Gibran untuk datang ke Jakarta dan menghadap Pak Sekjen dan Ketua DPP Komarudin Watabun untuk menyampaikan klarifikasi. Yha Mas Gibran sih datang-datang aja, guys. Bahkan, dia siap kalau harus dihukum. In his words, Wali Kota Solo itu bilangnya gini nih, “Saya ini cuma kader baru. Kader muda. Dipanggil, ditegur, dihukum monggo silakan. Saya ikut.”

Any updates
? Beneran dihukum tuh? 
Ya nggak sampai dihukum juga sih. Dalam pertemuannya kemarin, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto bilangnya udah mendengar semua penjelasan dari Mas Gibran dan di situ Pak Hasto juga menyampaikan pesan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri yang bilang hati-hati sama manuver politik menjelang Pemilu 2024. Harus waspada, karena berpolitik itu bergerak ke bawah, kata Pak Hasto menyambung pesan Bu Mega. In that sense, Mas Gibran pun menyatakan bakal tetap tegak lurus sesuai arahan Ibu Ketua Umum deh.

Okay….
Ini berarti, segala isu yang bilang Mas Gibran mau pindah partai dari PDI-Perjuangan ke Partai Gerindra pun jadi nggak ada lagi deh. Bahkan yang bersangkutan juga udah mengkonfirmasi nggak akan pindah partai. Termasuk nggak akan tergiur kalau diiming-imingi jadi bakal Cawapres mendampingi Prabowo Subianto. Iya, hal ini  disampaikan oleh Ketua Dewan Pengarah Musyawarah Rakyat yang kemarin dihadiri Jokowi atas nama Andi Gani Nena Wea di mana disebut Mas Gibran tuh cukup cerdas untuk nggak tergiur posisi Caawapres. Not to mention dia juga masih muda, masih punya banyak waktu buat menempa diri. Prosesnya juga bertahap dari wali kota terus ke gubernur, dll.

Got it. Anything else I should know? 
Btw balik lagi ke Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming, dan Bobby Nasution yang ‘Dibesarkan’ di PDI-Perjuangan, anak ketiga Pak Jokowi, Kaesang Pangarep disebut juga bakalan debut di kancah politik, guys. Tapi bukan dari PDI-Perjuangan. Iya, Kaesang Pangarep disebut bakalan debut sebagai Calon Wali Kota Depok dari Partai Solidaritas Indonesia aka PSI. Hal ini pun udah dikonfirmasi oleh Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPP PSI Kota Depok, Icuk Pramana Putra, yang bilang pihaknya siap mengusung Kaesang di Pilkada tahun depan. Dari perspektif PSI, warga Kota Depok tuh udah frustrasi sama kepemimpinan yang sekarang dan butuh perubahan, dan Kaesang dianggap bisa jadi pemimpin perubahan yang sangat dibutuhkan warga Depok. Nah, kita tunggu kata Mas Kaesangnya yaa…

Who’s been thinking about “water” lately?

Makcik and Pakcik in Malaysia. 
Terutama di wilayah Penang dan Kedah yang belakangan ini jadi headline di mana-mana gara-gara warganya pada panic buying air mineral di supermarket. Penyebabnya, gara-gara aliran air keran di rumah warga yang sempat mengering pada 16 Mei lalu.

Hah kok bisa?
Ya bisa. Jadi guys, masyarakat di sejumlah wilayah Malaysia lagi nggak bisa mandi byar byur byar byur karena terbatasnya pasokan air di beberapa wilayah. Penyebabnya, penurunan curah hujan hingga menyebabkan bendungan yang mengering. Hal ini terjadi di beberapa wilayah di Malaysia, misalnya Penang dan Kedah yang mulai mengalami gangguan air tidak terjadwal sejak 14 Mei lalu. Terus sikon di sana makin buruk ketika salah satu sumber air warga, yakni Sungai Muda mengalami gangguan sistem dan enggak bisa mengaliri beberapa bendungan secara optimal. Misalnya, Bendungan Ayer Itam yang hanya terisi 39,8 persen, Bendungan Teluk Bahang 46,2 persen dan Bendungan Mengkuang yang biasanya terisi lebih dari 90 persen turun jadi 88,2 persen. Alhasil, aliran air warga jadi terganggu dan ga tanggung-tanggung, yang terdampak tuh sampe satu juta orang.

OMG terus gimana dong?
YHAA, of course orang-orang di sana jadi khawatir dong kalau mereka bakal kekurangan air bersih. Akhirnya mereka buru-buru dah tuh ke supermarket dan rebutan buat beli air mineral. Nggak pake ba bi bu, stok air minum di rak-rak toko langsung ludes seketika. Adegan ini lumayan heboh di media sosial, misalnya TikTok, ketika ada salah satu akun yang nge-upload chaos-nya kondisi di sana ketika banyak orang lagi rebutan beli air. Emang sih, walaupun pasokan air pulih dalam waktu kurang dari 24 jam, banyak penjual makanan yang akhirnya memutuskan buat nggak jualan. Soalnya, mereka nggak bisa menyiapkan bahan makanan tanpa air sehari sebelumnya.

Oh wow…..
Terus, Presiden Penang Water Watch, namanya Chan Ngai Weng juga bilang kalo fenomena ini tuh jadi warning buat warga Penang. Soalnya menurut data, penggunaan air harian per kapita di Penang melonjak hingga di atas 300 liter pada tahun lalu, which is the highest in the country.
Advertisement
 Makanya kata doi, salah satu solusinya adalah dengan menaikkan tarif biar masyarakat tuh nggak pada boros air.

I see…
Nah tapi, selain soal boros air, ternyata masih ada masalah lain, guys. Pak Chan juga menjelaskan bahwa telah terjadi kerusakan pada sensor pintu air di beberapa bendungan, hingga membuat pasokan air nggak optimal. Gara-gara kerusakan sensor ini, gerbang bendungan terbuka sendiri dan nggak ada peringatan otomatis yang muncul. Makanya, pihaknya jadi nggak tahu kalo permukaan air Sungai Muda tiba-tiba udah turun ke level tertentu.

Alright, anything else?
Well, Ketua Menteri Penang Chow Kon Yeow langsung mengimbau warga setempat buat hemat-hemat air. Soalnya, walaupun kondisinya udah membaik, kata Pak Chow persediaan air di Bendungan Ayer Itam cuma cukup bagi penduduk setempat buat bertahan 120 hari lagi. Terus gara-gara insiden ini, banyak orang jadi nyalahin pihak pemerintah dan Penang Water WatchBut then, Pak Chan juga langsung klarifikasi dan bilang kalo, “Nggak mungkin dong kita nggak punya plan soal stok air di Penang.”

Who’s just had a “big boy” meeting?

Negara-negara G7.
Iya guys, pada 17-21 Mei kemarin, para pemimpin dari geng negara-negara tajir baru aja ngumpul di Hiroshima, Jepang. Mereka hadir buat meeting-meeting-meeting dan mencari solusi bersama atas berbagai masalah global.

Wait, Beda nih sama yang di Bali kemarin? 
Beda banget sih. Kalo yang di Bali kemarin itu tuh KTT G20, yang anggotanya kelompok negara-negara tajir dan otw tajir aka berkembang. Sementara G7 ini, anggotanya bener-bener negara yang udah tajir melintir aja ni dan industrinya juga udah maju. Adapun anggota negara G7 tuh ada AS, Inggris, Kanada, Jepang, Italia, Perancis, dan Jerman. Konsepnnya sebenernya kurang lebih sama aja, yaitu mencari solusi bersama. Iya guys, sama kayak relationship kamu, masalah dunia juga perlu dicari solusinya bareng-bareng.

OK tell me about the KTT.
You got it. Jadi di pertemuan kali ini, topik yang paling utama dibahas tentunya adalah perang antara Rusia dan Ukraina yang nggak kunjung usai. Dalam kesepakatannya, para pemimpin G7 setuju untuk menambah dukungan untuk Ukraina dan menjatuhkan saksi buat Rusia. Selain itu, para leaders juga ngebahas masalah antara China dan Taiwan, yang sama aja nggak ada habisnya. Finally, para pemimpin negara G7 juga membahas soal peningkatan kerja sama di bidang kesehatan, ketahanan pangan, dan infrastruktur.

Terus kok ada Pak Jokowi?
Well, walaupun bukan Indonesia bukan negara anggota, tapi beliau diundang secara khusus, guys. Iya, yang harus kamu tahu adalah, meskipun anggotanya cuma tujuh negara, dan cuma mewakili sepuluh persen dari populasi dunia, negara-negara G7 ini tajir dan kuat banget, hingga menguasai sebanyak 45% ekonomi global. Makanya biar bisa dapat perspektif lain, beberapa tahun terakhir mereka udah ngundangin negara-negara lain yang bukan anggota untuk ikut meeting rutin mereka biar hasil yang mereka diskusikan di KTT ini juga bisa lebih komprehensif. Adapun sejumlah negara non-member yang diundang tahun ini ada India, Brazil, Vietnam, Australia, Korea Selatan, Komoro, Pulau Cook dan Indonesia.

Dan ada Zelenskyy juga ya…
Oh, the Ukrainian president? Of course. Doi emang sebelumnya abis keliling-keliling Eropa buat menghimpun dukungan sebelum akhirnya bergabung dengan para world leaders yang lain di Jepang. Dalam kesempatan ini, Zelenskyy banyak memanfaatkan waktunya buat meraih dukungan diplomatik buat Ukraina dan juga dapet komitmen bantuan baru dari para sohib-sohibnya yang tajir itu.

Terus, berhasil?
Yoi. Zelenskyy disebut berhasil membawa pulang bantuan senjata, amunisi, dan dukungan diplomatik yang engga tergoyahkan dari negara-negara G7. Selain itu, momentumnya juga pas kan acaranya digelar di Hiroshima, which is known sebagai kota yang diserang pas Perang Dunia II. So, he kinda used the momentum untuk menegaskan bahwa yha walaupun Ukraina saat ini masih dalam kondisi perang, tapi kita juga someday bisa bangkit kayak Hiroshima sekarang. Gitu kira-kira.

Now on to Pak Jokowi…
Here we go. Jadi meskipun bukan member G7, Pak Jokowi ikut menyampaikan sejumlah poin penting di KTT ini. Pertama, soal upaya menghentikan perang. Pak Jokowi lumayan keras nih bilang ke para pemimpin negara buat berani dan melakukan revolusi demi menciptakan perdamaian dunia. Apalagi menurutnya, berbagai upaya yang dilakukan selama ini tuh belum menghasilkan perkembangan yang signifikan. Kedua, soal perubahan iklim. Selain perang, isu perubahan iklim emang jadi the hottest issue yang perlu ditangani secepatnya nih. Doi sampe bilang, “Bumi ini butuh aksi nyata, bukan talk the talk yang nggak konkret.” Ketiga, Pak Jokowi juga tegas bilang soal pentingnya kesetaraan, kolaborasi dan inklusivitas dalam bekerja sama secara global. “Working together means equality. Working together means inclusiveness, and we can only work together if we understand each other,” gitu ceunah.

I see.. Anything else I should know?
 
Di sela-sela pertemuan itu, Pak Jokowi juga melakukan beberapa pertemuan bilateral. Salah satunya ya sama Ukraina. Pak Jokowi mengucapkan belasungkawa buat para korban di tengah konflik berkepanjangan itu dan Zelenskyy pun mengucapkan terima kasih atas dukungan Indonesia selama ini.

Who’s singing “Ice cream, chillin’ chillin’ ice cream”?

Blackpink?
 
And also, your wallet. Karena baru aja nih, Guinness World Records mengumumkan es krim termahal di dunia yang jatuh pada… Byakuya. Yep, ini adalah es krim yang diproduksi oleh perusahaan asal Jepang, namanya Cellato, di mana Byakuya sendiri artinya adalah “white night“. Terus jangan kaget guys, karena harga es krimnya tuh mencapai 880.000 yen aka US$6.380 aka Rp8 juta dalam kurs kita. WHOOOOA!
 
Jadi Byakuya ini dibuat dari white truffle yang diambil langsung dari Alba, Italia. Nah emang Alba nih udah terkenal sama white truffle-nya yang disebut-sebut terbaik di dunia. Adapun dalam penyajiannya, Byakuya dihidangkan bersama daun emas yang bisa dimakan dan dua jenis keju. Terus es krimnya juga dilengkapi dengan krim terbuat dari sake bernama Sakekasu. Menurut perwakilan dari perusahaan yang bikin, emang pembuatan es krim ini melewati proses panjang, yaitu trial and error yang mencapai 1,5 tahun. Hal ini karena mereka pengen es krimnya tuh sukses menjadi perpaduan antara cita rasa Eropa dan Jepang.
 
Nah, kalo kamu abis gajian dan mau nyobain es krim ini, maka kamu tinggal order di website-nya dan es krim akan langsung diantarkan ke rumahmu. Tapi yhaa layanannya baru ada di Jepang doang gengs. So say good bye…

“Enggak ada yang saya tutup-tutupi.”

Gitu guys kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Timur (Jatim), Adhy Karyono yang menegaskan bahwa dirinya enggak ada menyembunyikan aset miliknya dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jadi sebelumnya, Adhy diperiksa KPK buat dimintai klarifikasi terkait LHKPN. Terus doi menegaskan bahwa dirinya udah menyampaikan semua aset kekayaan yang dimilikinya ke Direktorat Pusat Pelaporan (PP) Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Jadi emang ga ada yang ditutupi.
 
When you’re being vulnerable to your SO for the first time…

Announcement

Thanks to Nyanyaw, Jeanlucfajard, and Soy for buying us coffee today! 

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!) ggak

Catch Me Up! recommendations

Been avoiding carrots? Time to read this.
Advertisement