Friday Pause: Shiny toy with a price ūüí•

37

Good morning

Welcome to Friday again! Yeay the weekend is finally here! Now, tell us a better combination of a perfect day than weekend and gajian? Nothing? Agreed. Now, to make it even better, let’s enjoy our podcast here and our cool content down here. Let’s go!

For the love of Meme:¬†Paling gabisa kalau udah kelas pagi…..


When your favorite hobby is scrolling through social media…Sampai nggak ingat waktu.

Calling out kalian semua yang hobinya scroll media sosial whether¬†itu Instagram, Twitter, atau TikTok sampai eneg. Yang kalau ditanya, ‚ÄúEmang nggak ada kerjaan lain atau¬†deadline¬†apa gitu?‚ÄĚ Pasti dijawab, ‚ÄúYa ada. ¬†Tapi kayaknya lebih seru baca¬†thread¬†di Twitter deh daripada liatin Excel‚ÄĚ. Heheheheh.
Nah yang harus kamu tahu adalah, sebuah studi di AS bilang bahwa scrolling sosial media yang berlebihan tuh menimbulkan banyak banget efek negatif, guys. Bayangin kamu tiga jam scroll fyp. Udah ada berapa banyak informasi yang kamu terima tuh di situ, termasuk hate speech, hoax, misleading information, bahkan sexual assaults. Belum lagi konten-konten isinya flexing dan end up bikin kita membandingkan diri sendiri sama orang lain. Of course hal begini nggak bagus kan buat mental kita kan. Kondisi tubuh juga terpengaruh karena keseringan nunduk ngeliat layar. Dua jam aja rasanya kepala udah keliyengan. Bener nggak?
 
Nah in that sense, since nggak ada ketentuan yang baku dan solid terkait berapa lama  waktu yang aman kita scrolling media sosial; maka para peneliti bilangnya dua jam sehari tuh udah maksimal banget, gengs. Kalau udah lebih dari itu, apalagi sampai seharian, itu tandanya kamu udah kecanduan. And you need to stop, seriously stop.
 

Susah? Nggak ah. Remember you’re at Catch Me Up! di mana yang susah kita bikin gampang. Dan yang gampang kita bikin lebih gampang. Scroll deh, kita kasih kamu tips gimana caranya biar nggak kecanduan lagi sama media sosial. Leggowww…..

  • Matiin notif.¬†This probably sounds simple and cliche,¬†ya. Kayak, ‚ÄúYaelah, itu mah gua juga tau.” Tapi kalau tahu kenapa nggak dilakuin? Hehehe. Percaya deh ama kita, matiin notif tuh¬†works¬†banget tau,¬†guys. Bahkan juga direkomendasikan sama karyawan yang kerja di¬†social media company.¬†Karena kalau kamu nggak matiin notif nih, sekalipun kamu udah hempas jauh-jauh itu handphone dari pandangan, waktu muncul notif pasti langsung nyariin kan. Terus buka notifnya, eh lanjut¬†scroll¬†yang lain sampai berjam-jam.¬†Guilty as chaaaarged‚Ķ
  • Pake¬†screen time.¬†Yep, di smartphone canggih zaman sekarang kan aplikasi tuh bisa kita set¬†yah untuk penggunaan maksimal berapa lama. Nah, untuk pelan-pelan mengurangi kecanduan, ya coba dipake deh fitur¬†screen time¬†untuk aplikasi sosial media tuh maksimal berapa jam dalam sehari.¬†Again, nggak ada waktu yang solid sih berapa lama harus kamu atur itu¬†screen time-nya. Yang penting ketika kamu udah atur dua jam sehari misalnya, stick to it. Kalau udah selesai udah, tutup aplikasinya. Jangan bandel dinonaktifin timer-nya terus lanjut scrolling. Ya sama aja boong dong‚Ķ
  • Filter apa yang ditampilin di media sosial.¬†Yang bisa nge-trigger¬†kamu untuk terus-terusan¬†scrolling. Contoh, kamu tiba-tiba liat mantanmu¬†upload story¬†bareng pacar barunya. Terus kamu langsung gercep¬†scrolling¬†media sosial berjam-jam cuma buat ngepoin pacar baru mantan. Nah, kenapa nggak langsung kamu¬†unfollow¬†aja atau mute itu mantan biar kamu nggak penasaran lagi sama dia, dan kehidupan barunya, dan akhirnya bikin kamu¬†scrolling¬†sosmed? Kamu yang kepo, kamu yang cape ūüôĀ

Oke sekarang kamu udah unfollow atau mute itu akun-akun nggak berfaedah. Now, we’re moving on to akun kayak apa sih yang seharusnya kamu follow. Nah, buat menjawab pertanyaan itu, kamu harus tahu dulu nih kamu tuh sukanya apa. Kamu tau nggak kamu sukanya apa? Hah, mimin?? Aw, we like you too. WE LOVE YOU! On a serious note, ada nih cara yang bisa kamu lakukan buat tahu kamu tuh sebenarnya sukanya apa sih. Caranya gini nih:

  • Explore. Di Instagram ada¬†Explore, di Twitter ada¬†For You, dan di TikTok ada¬†For You Page. Konten-konten di sini tuh¬†mostly¬†bakal nampilin apa yang kamu sering liat, apa yang kamu sering like, dll. Nah, akun-akun yang bikinnya konten kayak yang kamu suka bisa tuh di-follow.
  • Check yourself.¬†Coba kamu cek sendiri deh postingan-postingan kayak apa sih yang sering kamu¬†like. Apakah itu akun-akun berita (kayak Catch Me Up! Ehem), atau konten tips and trick (kayak Catch Me Up! setiap Jumat, *Tetep). Nah dengan kamu liatin dan¬†reflect¬†sendiri postingan-postingan itu, kamu pun jadi udah nemu nih jawabannya dari apa yang kamu suka,¬†guys.
  • Tanya temen.¬†Last but not least,¬†kalau kamu masih nggak yakin dan nggak tahu nih kamu sukanya apa, coba kamu tanya sama temen kamu deh. ‚ÄúEh, bagi rekomendasi akun-akun yang seru dong. Kalau bisa yang bisa bikin gue¬†get informed every AM.¬†Yang bisa bikin gue melek soal isu-isu terkini gitu, apalagi sekarang mau Pemilu, kan.‚ÄĚ (Mulus nggak saudara-saudara? WKWKWKW).
Tapi balik lagi, kalau udah nemu akun yang pas, jangan sampai kecanduan scrolling. Baca email mimin aja nggak sampai 20 menit kan? Hehehhe *PLZ NAIKIN GAJI MIMIN MBA CEOOOO*


Well, hellooo weekly recs!

Yep, we know you look forward to reading our weekly recs. Here we round up all the fun things for you to enjoy during the weekend! Let’s go! 
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Hallo, kalau kalian suka lagunya “c.h.a.o.s.m.y.t.h”¬†by¬†One Ok Rock, Yesung Super Junior¬†release¬†studio cover¬†nya di Album Jepang terbarunya yang¬†release¬†Rabu ini. Mini album yang terdiri dari lima lagu baru yang akan memanjakan telinga kalian dengan suara ademnya Mas Rangga dan genre yang beragam! –R.
  • Buat kamu yang merasa lagi suntuk, stres, dan cape, mungkin bisa coba nonton serial animasi “Bread Barbershop” di Netflix. Udah terlalu stres buat nonton film/series berat, jadi lebih butuh tontonan ceria kayak gini hihi. (@pus.pa)
  • Haloo, karena eaJ rilis lagu baru tiap dua minggu sekali, sekarang aku mau rekomendasiin lagu dia lagi hehehe judulnya “In My Civic“. Lagu ini udah jadi favorit warga sejak masih¬†unreleased¬†dan dinyanyikan langsung di festival Head in The Clouds LA dan Jakarta tahun lalu karena musiknya yang¬†catchyyy. (Toplesnya Jae)
  • Kemarin baru selesai nonton¬†one of my watchlist films, judulnya “Detachment” (2011)¬†and the main character is Adrien Brody. Film ini sukses bikin gue sakiiit hati banget nonton nya. Bener-bener sepanjang film ikutan sedih karena narasinya. ūüíĒ(Anonymous)
  • Buku “71 Kasus Viral Di Indonesia” bukunya bagus, memandang kasus viral dari sudut pandang hukum. KEREN DEH! [email protected].¬†
  • I recommend you to watch Korean drama named¬†“Doctor Cha“, gaes. SERU BANGET! Genre¬†romcom-nya cukup menghibur, dan kadang isu pelakornya bikin gregetan!¬†A must-watch.¬†Lumayan bisa nemenin¬†weekend¬†kamu. ūüėČ (Anonymous)
  • Aku baru dengerin albumnya Sivia Azizah yang “Love Spells” (Telat nggak sih?) Dan beneran bagus-bagus, coyyy. “Love Spells”, “Are U My Valentine”, “Serene”, semuanya bagusss. Dan bagusnya lagi setelah tahu kalau ini tuh album buat suaminya. Plss monangis.. (Anon)
  • Our¬†podcast!¬†We’re talking about¬†Indonesia vs Argentina, LRT Jabodebek Siap Operasi, dan Negara Terkaya di Dunia.¬†Leggooo
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

‚ÄúBelieve in yourself. You are braver than you think, more talented than you know, and capable of more than you imagine.”
-Roy T. Bennett-

Thank you note


Thanks to Adam, Nabila, Sau, and Ghaziana for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here.¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)