Friday Pause: It’s gonna be me!

452

Happy Friday!

Cheers for another upcoming weekend! We know you’re excited, so to start the day right, let’s take a listen to our podcast here. More on the cool memes, recs, and fun things down there. Let’s scroll down!

For the love of Meme: You, at this time of the month…


When you loooovvvveee spicy food…..

Alias No Sambel No Party….
 
Well, raise your hand if you loooove spicy food! Siapa juga di sini yang udah recreate seblak cikurnya Mamang Rafael yang pedes banget tapi viral itu? Kamu? Kamu? Yep, sama. Mimin juga. EHEHEHE. Meanwhile, ada juga kan orang yang justru ga suka makanan pedas. Mereka yang kena satu sendok cabe aja langsung kayak, “WOW pedes banget ga kuattt.”
 

Well, tim apapun kamu, you do you. Tapi yang penting kamu harus tahu adalah bahwa makan makanan pedas tuh punya berbagai pro dan kontra. Iya, nggak selalu masalah selera, makanan pedas tuh emang punya berbagai plus dan minus yang somehow berpengaruh sama kesehatan. Makanan pedas tuh bisa juga menyebabkan berbagai efek kayak sembelit, asam lambung, sampai maag. Itu efek sampingnya, sedangkan efek positifnya adalah…

  • Nurunin berat badan. Calling out orang-orang yang sekarang lagi program diet. Nih yah, kalau kamu makan makanan pedas, tubuh kan jadi lebih panas yah, makanya nggak heran tubuh jadi lebih cepat berkeringat ketika kamu makan makanan pedes. Nah dengan suhu tubuh yang panas tadi, proses metabolisme dan pembakaran kalori tuh juga lebih cepat. In that sense, kalau sekali makan makanan pedas, kamu pun jadi lebih gampang kenyang. Pola makan jadi terjaga. Ending-nya, berat badan pun jadi turun deh.
  • Jadi Moodbooster. Yep, fun fact-nya adalah, makanan pedas ternyata bisa merangsang tubuh untuk memproduksi hormon endorphines dan serotonin. That being said, makanan yang pedas tuh bisa jadi moodbooster dan bikin kamu lebih bahagia. Jadi kalo lagi tanggal tua gini dan kamu ujug-ujug galau, tenang aja, kamu bisa beli seblak yang of course lebih murah dibanding dark chocolate supaya naikin mood kamu. Sabi kan?
  • Harapan hidup lebih lama. Mulai dari aliran darah yang lancar sampai imunitas yang meningkat bisa terjadi dengan kamu makan makanan pedas, guys. Iya, kayak kesehatan jantung, tingkat energi, sampai konsentrasi dan fokus semuanya bisa berfungsi dengan baik kalau aliran darah kita lancar. Nah salah satu faktor yang bikin aliran darah lancar adalah dengan adanya zat antioksidan yang terkandung dalam bahan-bahan makanan pedas ini.  Nggak cuma itu, zat antioksidan juga bisa melindungi tubuhmu dari berbagai macam penyakit. That being said, harapan hidupmu pun bisa lebih panjang deh karena makanan pedas.

Tapi yha gitu, semua yang berlebihan tuh nggak bagus ya, guys. Jika mengonsumsi makanan pedas secara berlebihan, banyak juga bahaya yang bisa muncul. Misalnya:

  • Sakit perut. Ini yang sering terjadi sama orang-orang yang suka makanan pedas. Kalau udah kebablasan tuh, perut pasti langsung sakit, bahkan rasanya kayak kebakar gitu. Makanya kalau perutnya udah sakit, mending di-stop dulu. Jangan kemakan gengsi dan sok paling jago padahal udah nggak kuat lagi. Tolerance level orang terhadap pedas kan juga beda-beda. Jadi listen to your guts aja.
  • Lidah mati rasa. Kamu yang suka makanan pedas, pernah ngerasa kalau makanan yang non-pedas tuh hambar nggak? Kayak nggak ada rasanya sama sekali. Padahal itu makanan manis atau asin, gitu. Nah hal ini bisa terjadi karena kamu udah kebiasaan makannya pedas mulu, jadi udah nggak kenal lagi tuh sama taste lain selain pedas. This means lidahmu udah nggak berfungsi dengan baik lagi, which is bahaya banget kan.
  • Kulit pun kena dampaknya. Nggak cuma perut dan lidah yang kena dampak dari makanan pedas, tapi kulit juga, gengs. Nggak cuma bagian dalam perutmu yang bisa kena iritasi, tapi tubuh bagian luarmu juga. Tangan tuh yang paling sering, apalagi kalau kamu makan makanan pedas pakai tangan. In that sense, penting baanget untuk kamu lindungi tanganmu pakai sarung tangan tiap kali makan makanan pedas. Terus kalau berkuah atau yang makannya pakai sendok, jangan sampai kena mata karena bisa iritasi juga.
  • GERD. Last but not least, cabe yang terdapat dalam makanan pedas tuh punya kandungan kapsaisin yang bakal memperlambat proses pencernaan yang terjadi di lambung. Hal ini bisa bikin asam lambung kamu naik, terus ujung–ujungnya GERD deh. Nah, kalau kamu udah punya riwayat GERD sebelumnya, (Hello coffee person 24/7), terus suka makanan pedas juga, mending dikurang-kurangin deh. Karena cuma bakal bikin GERD kamu makin parah, guys
    Advertisement
    .


When you want to just keep it low on the weekend…

Now that the weekend is here…
We got you. Sometimes you want to just chill, and sometimes you want to have a little fun outside. However you decide to spend it, don’t forget to check our recs!
 
But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Album barunya iKON, Take Off! Album yang isinya beneran beberapa genre karena mereka emang se-versatile itu. Mau yang hiphop, pop edm, powerful ballad, sexy R&B sampe trot!! Hahaha beneran fun banget deh denger albumnya -@rinifit
  • Check out our playlist called “lundi” aka “senin” – We made it to accompany us during our internship hahaha! Hope you guys dig it too!! 🤸‍♀️ – jeremy & fyalink
  • Buat yang bosen sama lagu K-Pop jedag jedug, coba dengerin ‘Good Enough‘ dari Xdinary Heroes, deh! K-Band besutan JYP Entertainment ini baru aja ngerilis lagu ballad pertama mereka yang tentunya bikin galau mentok! –Catto
  • Film Soulmate (2023). Pemainnya Kim Dami, Byun Wooseok dan Jeon Sonee. It was very warm, sweet and somehow close to our real lives. It had a surprising ending towards the end so please enjoy! (Ella)
  • Kalau podcast aku suka banget sama Thirty Days of Lunch on Spotify. Selalu punya bintang tamu yang super duper inspiratif dan cerita/topik yang seru dan menarikk banget deh pokoknya, @journayeah
  • Kalian semua harus dengerin “Part of Your World – Korean Version” yang dinyanyiin Danielle. Meskipun feel-nya tetap lebih kena di Halle Bailey, tapi versi Korea ini juga nggak kalah bagus, guys. Dengerin deh.  (Anonymous)
  • Kalian yang lebih suka dengerin podcast di Noice daripada Spotify harus dengerin Scary Thingsguys. Suara penyiarnya enakeun banget, ada Shahabi, Fadil Camui, sama yang cewek Nadilla namanya. Storytelling-nya juga best, nggak lebay gitu. Cus lah dengerin. Btw ini cerita horror yah, kalau nggak suka horror skip aja hahaha.  (Anon)
  • Aku yakin bukan cuma aku yang baru tau kalau tebak-tebakan kata alias Wordle tuh ada versi bahasa Indonesianya, namanya Katla. Seru deh, guys. Nebak-nebak random gitu kata yang ada di KBBI. Bisa menambah kosa kata yaang mind-blowing dan belum kepikiran atau belum tau sebelumnya, jadi tau lewat Katla. Cobain deh. (Anon)
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

“The happiness of your life depends upon the quality of your thoughts: therefore, guard accordingly, and take care that you entertain no notions unsuitable to virtue and reasonable nature.”

-Marcus Aurelius-

Thank you note


Thanks to Adam, Nabila, Sau, and Ghaziana for buying us coffee today!

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click hereDengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)
Advertisement