Lebaran 2023 Updates

189

Now, here’s your Lebaran 2023 recap

Tell me the updates.
Fyuh. Finally, we’re meeting the end of Ramadan season alias Lebaran nih, guysYeay, we did it! Rutinitas Lebaran ya biasanya kumpul-kumpul sama keluarga, mudik ke kampung halaman, salat Idulfitri bareng keluarga, makan ketupat, ketemu om tante terus ditanyain “Kapan nikah?” EHM…

Been there done that.
Tahun ini, Lebaran kerasa udah ploooongg banget alias udah nggak ada lagi tuh takut-takut sama COVID-19 kayak tahun-tahun sebelumnya. Makanya, banyak banget juga yang memilih untuk mudik dan ketemu sama keluarga di kampung halaman. Nah, gara-gara udah nggak ada lagi tuh aturan pembatasan yang ditetapkan sama pemerintah, Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah pemudik di Lebaran tahun ini tuh banyak banget guys, yakni mencapai 123,8 juta jiwa alias meningkat 47 persen dari tahun lalu.
 
WOW…
Sampe hari Kamis kemarin, data Kemenhub mencatat adanya lonjakan jumlah pemudik sampe di H-2 Lebaran. Di hari itu, tercatat ada 895.625 orang yang mudik pake angkutan umum. Kalo menurut pantauan Posko Angkutan Lebaran Terpadu sih, angka tersebut tersebar dari penumpang dan kendaraan di 111 terminal, 16 pelabuhan penyeberangan, 51 bandara, 110 pelabuhan laut, 13 daop/divre, 42 gerbang tol dan 20 ruas jalan arteri… Dari angka tersebut, mayoritas sih merupakan penumpang angkutan udara alias pesawat.

Banyak banget…
Demi mengantisipasi macet dan kepadatan yang berlebihan, as always, Korlantas Polri pasti menerapkan sistem one way, contra flow sampe ganjil genap selama musim mudik sampe arus balik nanti. Sebenernya rekayasa lalu lintas contra flow ini sih udah dimulai sejak 18 April lalu dari Km 47 Tol Karawang Barat sampe Km 72 Tol Cikampek. Pokoknya, everything should be done deh buat mengantisipasi kepadatan dan kemacetan selama arus mudik. Terkait ini, Polri sampe menerjunkan 148.211 personel gabungan dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Lebaran 2023 yang dimulai sejak 18 April sampe 1 Mei 2023 mendatang.

Now tell me about Lebaran itself.
First things firsteveryone pasti pergi salat Id bareng sma keluarga, including Pak Jokowi yang salat di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo bareng EHM the latest president candidate, Pak Ganjar Pranowo. Mereka berdua masuk ke masjid dan disambut sama Ketua Mahkamah Konstitusi yang sekaligus iparnya Pak Jokowi, Anwar Usman. Nggak ketinggalan, Bu Iriana juga salat di sana bareng sama keluarga yang lain. Kalo Wapres Ma’ruf Amin sih tetep stay aja di Jakarta buat salat Id dan ditemenin sama Ibu Wury Ma’ruf di Masjid Istiqlal. At the same place, banyak banget menteri yang juga salat Ied di Istiqlal, mulai dari Menteri ESDM Arifin Tasrief, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi sampe mantan Gubernur DKI Anies Baswedan.

I see..
Another thing from Lebaran that also brings happiness adalah ada 146.260 napi beragama Islam yang nerima remisi Idulfitri. Bahkan, 661 di antaranya langsung dinyatakan bebas. Sementara itu, sisanya sejumlah 145.599 dapet RK-1 alias pengurangan masa pemidanaan. Pak Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly sih bilang bahwa pemberian remisi khusus Idul Fitri ini harapannya kalo warga binaan bisa terus introspeksi diri buat bekal kembali ke masyarakat.

Speaking of holiday…
Ngomong-ngomong soal libur Lebaran, pasti banyak banget nih yang rame-rame pergi sama keluarga dan langsung mau caw ke tempat wisata. Pas banget nih, soalnya PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) emang menyediakan layanan bus wisata gratis selama libur Lebaran 2023 ini, apalagi busnya bus baru pula. Duh, nyaman banget tuh pasti. Layanan bus wisata gratis ini bakal melayani penumpang dengan rute Monas-Pantai Maju, which berlaku dari 22 sampe 30 April 2023 mendatang. Terus, gara-gara pandemi juga kayanya udah gone, jadilah jumlah pengunjung mal yang membludak mulai hari kedua lebaran sampe liburan berakhir. Kalo kata Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja, ini gara-gara ada banyak promo belanja yang bikin banyak orang jadi ngebet ngemall.


Anything else?
A lot of funny things happened about mudik this year. Mulai dari cerita warga Ancol yang mudik ke Pemalang pake bajaj, terus ada juga yang mudik pake sepeda onthel dari Tangerang ke Magelang, sampe ini sih yang paling epic, dan ada bapak-bapak yang lagi mudik pake motor eh nggak taunya anak istrinya ketinggalan setelah dia udah jalan selama dua jam. Akhirnya jadi muter balik lagi, deh. Hadeuh..
Advertisement