Lebaran 2023 Updates, PDI-P Umumkan Ganjar Pranowo Jadi Calon Presiden di Pilpres 2024, Perang Saudara di Sudan Makin Parah, Netflix Berhenti Menyediakan Layanan Sharing Akun

295

Good morning

Here comes the end of Eid weekend and welcome back to reality. Morning coffee, crowded commute, early meetings, now things are going back to normal. Today, we got you some updates from the Eid, Sudan, to someone who’s just got… some appointment. Let’s go!

Now, here’s your Lebaran 2023 recap

Tell me the updates.
Fyuh. Finally, we’re meeting the end of Ramadan season alias Lebaran nih, guysYeay, we did it! Rutinitas Lebaran ya biasanya kumpul-kumpul sama keluarga, mudik ke kampung halaman, salat Idulfitri bareng keluarga, makan ketupat, ketemu om tante terus ditanyain “Kapan nikah?” EHM…

Been there done that.
Tahun ini, Lebaran kerasa udah ploooongg banget alias udah nggak ada lagi tuh takut-takut sama COVID-19 kayak tahun-tahun sebelumnya. Makanya, banyak banget juga yang memilih untuk mudik dan ketemu sama keluarga di kampung halaman. Nah, gara-gara udah nggak ada lagi tuh aturan pembatasan yang ditetapkan sama pemerintah, Kementerian Perhubungan memperkirakan jumlah pemudik di Lebaran tahun ini tuh banyak banget guys, yakni mencapai 123,8 juta jiwa alias meningkat 47 persen dari tahun lalu.
 
WOW…
Sampe hari Kamis kemarin, data Kemenhub mencatat adanya lonjakan jumlah pemudik sampe di H-2 Lebaran. Di hari itu, tercatat ada 895.625 orang yang mudik pake angkutan umum. Kalo menurut pantauan Posko Angkutan Lebaran Terpadu sih, angka tersebut tersebar dari penumpang dan kendaraan di 111 terminal, 16 pelabuhan penyeberangan, 51 bandara, 110 pelabuhan laut, 13 daop/divre, 42 gerbang tol dan 20 ruas jalan arteri… Dari angka tersebut, mayoritas sih merupakan penumpang angkutan udara alias pesawat.

Banyak banget…
Demi mengantisipasi macet dan kepadatan yang berlebihan, as always, Korlantas Polri pasti menerapkan sistem one way, contra flow sampe ganjil genap selama musim mudik sampe arus balik nanti. Sebenernya rekayasa lalu lintas contra flow ini sih udah dimulai sejak 18 April lalu dari Km 47 Tol Karawang Barat sampe Km 72 Tol Cikampek. Pokoknya, everything should be done deh buat mengantisipasi kepadatan dan kemacetan selama arus mudik. Terkait ini, Polri sampe menerjunkan 148.211 personel gabungan dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Lebaran 2023 yang dimulai sejak 18 April sampe 1 Mei 2023 mendatang.

Now tell me about Lebaran itself.
First things firsteveryone pasti pergi salat Id bareng sma keluarga, including Pak Jokowi yang salat di Masjid Raya Sheikh Zayed Solo bareng EHM the latest president candidate, Pak Ganjar Pranowo. Mereka berdua masuk ke masjid dan disambut sama Ketua Mahkamah Konstitusi yang sekaligus iparnya Pak Jokowi, Anwar Usman. Nggak ketinggalan, Bu Iriana juga salat di sana bareng sama keluarga yang lain. Kalo Wapres Ma’ruf Amin sih tetep stay aja di Jakarta buat salat Id dan ditemenin sama Ibu Wury Ma’ruf di Masjid Istiqlal. At the same place, banyak banget menteri yang juga salat Ied di Istiqlal, mulai dari Menteri ESDM Arifin Tasrief, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi sampe mantan Gubernur DKI Anies Baswedan.

I see..
Another thing from Lebaran that also brings happiness adalah ada 146.260 napi beragama Islam yang nerima remisi Idulfitri. Bahkan, 661 di antaranya langsung dinyatakan bebas. Sementara itu, sisanya sejumlah 145.599 dapet RK-1 alias pengurangan masa pemidanaan. Pak Menteri Hukum dan HAM Yasona Laoly sih bilang bahwa pemberian remisi khusus Idul Fitri ini harapannya kalo warga binaan bisa terus introspeksi diri buat bekal kembali ke masyarakat.

Speaking of holiday…
Ngomong-ngomong soal libur Lebaran, pasti banyak banget nih yang rame-rame pergi sama keluarga dan langsung mau caw ke tempat wisata. Pas banget nih, soalnya PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) emang menyediakan layanan bus wisata gratis selama libur Lebaran 2023 ini, apalagi busnya bus baru pula. Duh, nyaman banget tuh pasti. Layanan bus wisata gratis ini bakal melayani penumpang dengan rute Monas-Pantai Maju, which berlaku dari 22 sampe 30 April 2023 mendatang. Terus, gara-gara pandemi juga kayanya udah gone, jadilah jumlah pengunjung mal yang membludak mulai hari kedua lebaran sampe liburan berakhir. Kalo kata Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja, ini gara-gara ada banyak promo belanja yang bikin banyak orang jadi ngebet ngemall.

Anything else?
A lot of funny things happened about mudik this year. Mulai dari cerita warga Ancol yang mudik ke Pemalang pake bajaj, terus ada juga yang mudik pake sepeda onthel dari Tangerang ke Magelang, sampe ini sih yang paling epic, dan ada bapak-bapak yang lagi mudik pake motor eh nggak taunya anak istrinya ketinggalan setelah dia udah jalan selama dua jam. Akhirnya jadi muter balik lagi, deh. Hadeuh..

What’s been prepared for Lebaran but not Baju Baru?

Presiden Baru.
Seru banget detik-detik terakhir Ramadan kemarin, guys. Kalau kita mah H-1 Lebaran udah di kampung halaman, di perjalanan mudik, nyiapin outfit, partai politik mah beda, ehehehe. Jumat kemarin, PDI-Perjuangan justru mengumumkan calon presiden yang mereka usung di Pilpres 2024 mendatang. So everybody, meet: Ganjar Pranowo.

Excuse me???
Yup. Haven’t we told you 2023 nih bakalan seru banget where we’re down with another day another Capres? Wkwkwkw. Ya gitu deh, guys. Sebelumnya ada Anies Baswedan yang resmi diusung koalisi Partai NasDem, Partai Demokrat, dan PKS untuk maju sebagai calon presiden kan. Nah sementara kita menunggu koalisi partai yang lain buat mengumumkan siapa calon presiden pilihan mereka, di H-1 Lebaran alias Jumat kemarin, PDI-Perjuangan melalui ketua umumnya, none other than Megawati Soekarnoputri, akhirnya bikin pengumuman mengenai siapa calon presidennya.

Wow H-1 Lebaran banget nih?
Yha sebenarnya nggak ada hubungannya sama Lebaran sih. Bu Mega emang sengaja milih Jumat kemarin, yang bertepatan dengan Hari Kartini untuk mengumumkan siapa calon presiden usungan partai ini, guys. Yep, Raden Ajeng Kartini, yang menurut Bu Mega adalah sosok pembebas dan pelopor perjuangan kaum perempuan. Hubungannya sama Capres, yha karena pengumuman Capres kali ini tuh bukan sekadar perjuangan emansipasi doang guys, beyond than that, ini tuh menyangkut harkat dan martabat kaum perempuan. Nge-quote kalimat Bung Karno sih, “perempuan adalah jalan peradaban. Kayak Burung Garuda dengan kepakan sayapnya lah,” kata Bu Mega. ‘

Hold on. Perempuan?? Kepakkan sayap??
Sounds very specific, rite?? Ehehehe. As we know selama ini tuh emang ada tiga nama yang selalu disebut-sebut bakal jadi calon presiden pilihan PDI-Perjuangan. Ada Ketua DPR RI Puan Maharani, Menteri Sosial Tri Rismaharani, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Hasilnya, jeng jeng…. Dalam pengumumannya kemarin, Megawati Soekarnoputri mengumumkan yang akan maju sebagai Calon Presiden dari partainya adalah Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, guys. In her words, Bu Mega bilangnya gini: dengan mengucap bismillah, menetapkan Ganjar Pranowo sebagai kader dan petugas partai, ditingkatkan tugasnya sebagai calon presiden.

Why I am not surprised….
Same ehehehe. Secara beberapa waktu lalu Presiden Jokowi, rekan satu partainya Pak Ganjar juga pernah ngomong, “Ada pemimpin yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua. Ada itu.” Dari situ kan banyak orang langsung nge-refer ke Ganjar Pranowo dan chance beliau untuk maju sebagai calon RI 1 yah. Eh, beneran kejadian dong. Makanya, sebagai calon presiden, Ganjar menyebut udah di-briefing sama Pak Jokowi waktu Salat Id bareng kemarin, sempat sharing dan diskusi juga di pesawat kepresidenan soal berbagai lompatan dan akselerasi yang dilakukan throughout pemerintahan Jokowi. Dalam kesempatan itu, Pak Ganjar bilangnya yang dilakukan Pak Jokowi tuh udah jadi fondasi yang kuat banget dan kalau dia terpilih dia bakal melanjutkan pembangunan tersebut.

Jawa tengah apa kabar?

Well, selama jadi Gubernur Jawa Tengah dua periode, Pak Ganjar tuh ya lumayan dikenal sebagai pemimpin yang deket sama masyarakat alias sering banget blusukan. Menurut data, dia juga berhasil mempertahankan ekonomi selama hampir 10 tahun. Kalo dari data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2014, pertumbuhan ekonomi Jateng tuh tercatat sebesar 5,27 persen dan stabil di atas 5 persen sampe 2019. Tapi, waktu pandemi COVID-19, ekonomi Jateng sempet anjlok jadi minus 2,65 persen pada 2020. Di tahun 2021, ekonomi Jateng bisa kembali naik sih walaupun belom pulih sepenuhnya, jadi 3,32 persen. Terus, di akhir 2022, jadi Kembali ke level 5,31 persen. Kalo diliat dari angka kemiskinan sih, jumlahnya cenderung turun dalam satu decade terakhir. Selama setahun menjabat, Pak Ganjar juga tercatat berhasil menurunkan angka kemiskinan jadi 4,56 juta orang atau 13,58 persen di 2014.

And that means…
Meaning we’re moving to his elektabilitas. When it comes to elektabilitas, Ganjar emang sempet dibilang jadi capres terkuat. Ini terbukti gara-gara Ganjar sempet ada di posisi teratas dalam survei elektabilitas di berbagai lembaga. Bahkan, Pak Ganjar salip menyalip sama Pak Prabowo dari Gerindra dan mengungguli Pak Anies. Pokoknya angkanya kejar-kejaran tuh antara ketiga kandidat itu. Buuuuttt, everything has their timing alias ada masanya elektabilitas Pak Ganjar yang jeblok nih belakangan. Di April 2023, elektabilitas Ganjar merosot signifikan sekitar 8,1 persen menjadi 26,9 persen. At the same time,
Advertisement
 angka elektabilitas Prabowo juga mengalami kenaikan dan akhirnya mengungguli Ganjar.
 
Kok bisa?
Well, faktornya banyak banget sih, gengs. Kalo menurut Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indoensia (LSI) Djayadi Hanan, adalah gara-gara Pak Jokowi sering banget tuh nge-endorse Pak Prabowo alias ngasih dukungan tipis-tipis gitu, deh. Makanya, jadi banyak yang langsung pindah ke lain hati alias move on ke Prabowo. Terus, ya alasan kedua, tak lain dan tak bukan adalah gara-gara Indonesia yang gagal jadi tuan rumah Piala Dunia U20 beberapa waktu lalu, which is katanya Pak Ganjar nih salah satu orang yang paling vokal buat menolak kehadiran Israel. Jadinya, ya banyak banget deh yang kecewa sama hasil itu.

Tapi liat wakilnya dulu nggak siee…
Correct. Sampai sekarang belom diumumin sih calon wakil presidennya. Cuma, Pak Jokowi udah nge-spill nih siapa-siapa aja yang mungkin cocok buat mendapingi Ganjar. Tapi, ya Pak Jokowi is being Pak Jokowi. Dia sih jawabnya santai aja, dan bilang kalo banyak tuh yang cocok ada Pak Erick Thohir, Sandiaga Uno, Mahfud MD, Ridfwan Kamil, Cak Imin, Airlangga Hartarto alias yaudah semuanya kayanya cocok-cocok aja, deh.
 
Tapi Pak Ganjarnya sendiri maunya siapa?
Well, doi sih punya kriteria aja buat pendampingnya, guys. Pertama, yang bisa kerja sama dengan baik sama dia. Kedua, yang punya visi yang sama dan yang ketiga dia sih berharap cawapresnya bisa punya komitmen yang sama buat melaksanakan nilai-nilai yang ada dalam konstitusi dan pembangunan negara. So far, Pak Ganjar sih udah dapet sharing pengalaman gitu dari Pak Jokowi, secara kan mereka juga abis salat Id bareng tuh di Solo beberapa hari lalu.

Anything else?

Despite what happened, Ketua PDIP sekaligus Ketua DPR RI Puan Maharani sih optimis banget dan siap buat memenangkan Pak Ganjar. Terus, H+1 waktu Pak Ganjar resmi jadi Capres PDIP, doi masih jadi trending topic di Twitter, which means banyak banget yang ngomongin soal Pak Ganjar setelah resmi jadi capres.


Here’s some updates about the conflict in Sudan…

It gets worse.
Iya guys, saat umat Muslim di seluruh dunia lagi suka cita merayakan Idulfitri, warga Sudan justru lagi bermuram durja karena kondisi di sana yang makin chaos. Perang saudara antara militer dan kelompok paramiliter di ibu kota Khartoum nggak udah udah, malahan kondisinya makin parah dan mulai banyak negara yang mengevakuasi warganya.

Give me the updates..
To start it off, let us remind you about what happened in Sudan. Jadi ada peperangan antara para mantan sekutu, militer yang disebut SAF dan kelompok militer yang disebut Pasukan Pendukung Cepat (RSF). SAF yang dipimpin sama Jenderal Abdel Fattah al-Burhan berebut kekuasaan sama pemimpin RSF, Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo atau yang dikenal sebagai Hemedti. Simple-nya, mereka berdua rebutan buat menguasai Sudan. Konflik yang terjadi di sana tuh udah berlangsung selama semingguan lebih lah, dan masih belom ada tanda-tanda berakhir. Even worse, kondisinya udah makin nggak kondusif. To summarize, ada lebih dari 400 orang tewas dan 3.500 lainnya yang terluka selama konflik ini berlangsung. Terus, kalo menurut badan anak-anak PBB (UNICEF) sedikitnya ada sembilan anak yang dilaporkan tewas dan lebih dari 50 anak terluka parah.

Go on..
Sebenernya, tentara Sudan tuh udah sempet menyerukan gencatan senjata selama tiga hari pada Jumat malam 21 April. Tujuannya sih biar warga sipil bisa merayakan hari raya Idulfitri dengan tenang-tenang aja. Terus, kelompok lawannya alias RSF juga udah setuju tuh buat gencatan senjata selama 72 jam buat menandai Idulfitri. Tapiiii, namanya rencana hanya sekadar rencana ya guys, tiba-tiba pas banget sebelum orang-orang melaksanakan salat Idul Fitri, tentara dan orang bersenjata dari RSF saling menembak lagi tuh di seluruh kota.
 
Things are getting worse..
Gara-gara kondisinya yang udah makin nggak kekontrol, akhirnya banyak banget negara besar kaya AS, China even sampe Arab Saudi tuh berencana buat melakukan evakuasi terhadap diplomat dan warga negaranya. AS sendiri sampai menutup kedutaan besarnya di Khartoum gara-gara perang ini. Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken,  proses evakuasi staf dan diplomat juga udah berjalan dengan aman. All those efforts emang diperintah langsung dari Presiden Joe Biden yang memerintahkan militer buat mengevakuasi diplomat dan staf kedutaan di Khartoum.
 
OMG…
Selain AS, Arab Saudi juga jadi negara pertama yang mengumumkan evakuasi warganya dari Sudan. Nah sebenernya, pihak SAF dan RSF udah menegaskan bahwa they are ready to help evacuate para warga negara asing. Makanya, negara-negara besar lain kaya Inggris, Prancis dan China juga langsung berupaya buat mengevakuasi para diplomat dan warga negara mereka dari sana.

I heard something about our WNI.. 
Ya mereka juga harus dievakuasi dong. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bilang so far ada 43 WNI yang udah berhasil diamankan di safe house KBRI Khartoum. Tapi, kalo buat proses evakuasi sendiri, pemerintah Indonesia masih terus mempersiapkan proses dan skema pemulangan para WNI dari sana. Lebih jaug Bu Menlu menerangkan bahwa saat ini ada sekitar 1.209 WNI yang ada di Sudan and most of them are students. Bu Retno juga bilang bahwa kondisi WNI sih sejauh ini aman, tapi emang pihak Kemlu masih kesulitan buat ngomong sama pejabat-pejabat Sudan untuk meminta jaminan perlindungan.

Anything else?
Due to kerusuhan ini, bandara internasional Khartoum juga mengumumkan bahwa otoritas penerbangan sipil Sudan akan memperpanjang pembatasan penerbangan di wilayah udara negara itu sampe 30 April 2023. Lebih jauh, angkatan bersenjata Sudan juga udah kasih warning bahwa setiap pelanggaran di wilayah udara Sudan ada konsekuensinya.

Now, it’s “only you” watching..

No more password sharing, guys…
Yep, kabar sedih buat kamu-kamu pecinta Netflix harga miring, karena baru aja, layanan streaming itu mengumumkan bahwa mereka ga akan lagi ngebolehin orang untuk sharing password aka sharing akun Netflix. HUHUHU. Emang sih, ini udah bukan isu baru. Karena sejak setahun belakangan ini, Netflix tuh udah berkali-kali bilang mau nyetop layanan sharing password tapi emang belom fully berlaku di semua negara. Sebelumnya, baru negara-negara di Asia dan Amerika Selatan aja yang jadi “kelinci percobaannya”, soalnya kan Netflix juga masih mikir-mikir soal keuntungan mereka dari akun-akun yang bakal terdampak ini. But now, here’s the end of our sharing password era..  Soalnya, weekend kemarin Netflix udah ngirim surat pemberitahuan ke pemegang sahamnya bahwa kebijakan no more password sharing ini bakal berlaku di AS pada akhir Juli, then followed by the rest of the world. Kalo menurut perkiraan, akan ada lebih dari 100 juta akun yang saling sharing password, which means kalo mereka semua jadi bikin akun baru masing-masing, ya of course jadi cuan banget deh buat Netflix.

“Yang cocok banyak.”

Gitu guys kata Pak Jokowi over the weekend kemarin, pas ditanya soal siapa cawapres yang cocok buat Pak Ganjar Pranowo. Yep, kayak yang kamu tahu, Pak Ganjar kan baru diumumin sebagai capres dari PDIP yah. Nah sekarang saatnya cari cawapres, dan kalo kata Pak Jokowi sih, banyak lah yang cocok jadi pendampingnya Pak Ganjar. Ada Pak Erick, Pak Sandi, Kang Emil, dll.
 
Kalo menurut kamu, siapa yang paling cocok guys?

Announcement


Thanks to Ketupat Lebaran, Anonimuz, Sarah, Akal, AndarSofian, and Someone for buying us coffee today! 

(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

Anxiety is real, so here’s some ways you can do to break the cycle.
Advertisement