Friday Pause: My life‚Äôs been magic ūüí•

86

Good morning

Welcome to the greatest day of the week, aka Friday. It is awesome because well, the weekend lasts until Monday! Happy long weekend! So let’s start today with our podcast and some memes, tips, and recs. Have a great weekend!

For the love of Meme: Your work mood during the past week…


Now let‚Äôs learn a new thing: Detachment.Alias, “Yuk move on yuk. Bisa yuk, bestie.”


Guys, pernah ngga kamu ada di fase baru aja mengakhiri hubungan sama someone that used to be really really close to you? Be it your ex, sahabat, atau mantan teman yang somehow udah ga ada aja gitu di hidup kamu. Bisa jadi karena konflik, karena mereka pindah tempat tinggal, atau you guys are simply grown apart (Hiks iya kayak Teteh Taylor Swift sama Joe Alwyn :’) Aaaanyway, you got the idea, right?
Setelah mereka pergi,¬†here comes the grieving part. Kamu ada di fase kehilangan, belum terbiasa sama¬†daily routines¬†tanpa dia, atau bahkan sering lupa kalau kalian udah nggak bareng-bareng lagi, we got you. Susah banget rasanya ngikutin kata abang-abang pom bensin, ‚ÄúDimulai dari 0 ya kak‚ÄĚ di saat hari-hari kita isinya udah dia semua, apalagi dalam waktu yang lama :((((.
Tapi yha gimana, people come and go, rite? Setelah kehilangan seseorang, life doesn’t stop there, gengs. Masih ada sushi enak di Jakarta yang harus kamu cobain. Masih ada coffee shop hidden gem yang belum kamu cobain, dan buku diary kamu juga masih banyak lembar yang kosong.
Makanya, untuk kembali memulai hidup, satu hal yang bisa kita lakukan adalah practicing detachment. So basically, detachment adalah kebalikan dari attachment aka kamu ketergantungan banget sama orang. Nah karena orangnya udah ngga ada, kamu harus bisa detach nih, aka let go, aka yaudah melepas mereka dengan ikhlas :’). Sedih ya bacanya? Tapi tenang, itu doable kok. Ini dia cara-cara practicing detachment dari orang yang udah ngga da di hidup kita:

  • Tangisin dulu. Yep,¬†first of all, ketika kamu berpikir, ‚ÄúOke dia udah nggak ada di hidup w,” rasanya tuh pasti nggak enak banget, gengs. Akan banyak air mata yang kamu keluarkan. Nah menyikapi hal ini, sebenarnya nggak papa banget untuk kamu nangis. Tangisin aja dulu. Rasain dulu sakitnya. Itu normal kok. Namanya juga lagi kehilangan. Karena dengan begitu, kamu jadi tahu kamu nggak akan terus-terusan berada di sana dan berpikir untuk¬†move on.
  • Self love.¬†Nggak capek apa kamu mulu yang mencintai padahal kamu juga butuh dicintai? Pertanyaannya, siapa yang bakal mencintai kamu kalau bukan dirimu sendiri? Makanya, di momen krusial kayak gini, penting banget buat kamu¬†self love¬†dan balikin kepercayaan dirimu lagi.¬†Go for a walk, olahraga,¬†staycation¬†sendiri, pokoknya manja-manjain diri sendiri deh. Kamu juga bisa melakukan afirmasi diri sendiri dengan berdiri di depan cermin tiap pagi sambil bilang¬†‚ÄúI love you‚ÄĚ ‚ÄúYou are good‚ÄĚ ‚ÄúYou are enough‚ÄĚ ke dirimu sendiri. Yep, kita kadang keseringan bilang sayang ke orang lain sampe lupa bilang sayang ke diri sendiri.
  • Sibukin diri.¬†Yep, salah satu cara terbaik untuk¬†move on¬†dari rasa kehilangan adalah dengan menyibukkan diri,¬†guys. Biar seakan-akan kamu lupa kalau kamu lagi mengalami perasaan nggak enak itu. Kamu bisa kerjain¬†deadline kamu yang nggak ada kata kelarnya itu, nongkrong sama teman, atau ambi buat naik jabatan. Yang gitu-gitu deh. Secara kalau kamu gabut tuh, pikiran kamu bakal kemana-mana banget kan.
  • Explore hobi baru. Nah masih nyambung sama yang atas, salah satu cara untuk men-distract¬†diri kamu dalam fase kehilangan adalah dengan mencoba hal yang sebelumnya nggak pernah kamu cobain, gengs. Ntah itu golf, panahan, main alat musik,¬†you name it¬†deh. Nah kalau kamu udah nyaman sama satu kegiatan itu, kamu pasti udah nggak punya waktu lagi buat mikirin yang lain-lain lagi,¬†guys.
  • Maafin mereka. Serius, maafin mereka yang buat kamu masih terjebak sama perasaan nggak nyaman ini,¬†guys. Karena salah satu hal yang bikin kamu ada di perasaan kayak sekarang ini,¬†either itu sedih, marah, kecewa, dan marah, adalah karena kamu belum sepenuhnya terima keaadaan. Nah dengan kamu memaafkan mereka, kamu pun jadi bisa let go all the anger dan negative emotions¬†sehingga jalanmu untuk¬†move on juga jadi semakin mulus deh.
  • Stop kepoin hidup mereka.¬†Ini mungkin solusi yang klise tapi beneran¬†works¬†buat kamu yang mau¬†move on. Iya, kamu udah nggak berhubungan lagi nih sama mereka, nggak punya urusan apa-apa lagi, ya udah¬†stop¬†cari tahu tentang mereka,¬†guys.¬†Stop stalking¬†IG mereka pakai¬†second account.¬†Kalau dia bikin¬†story, yaudah.¬†Skip¬†sekalian. Gausah follow-followan dulu kalo bisa. Jangan diambil pusing. Gimana mau¬†move on dan lepas dari dia kalau kamu masih kepoin segala tentang dia?
  • Ask for help.¬†Last but not least,¬†kalau cara-cara di atas nggak works di kamu dan kamu masihhh aja kepikiran dia nggak lepas-lepas tuh dari pikiran kamu, salah satu cara yang bisa kamu pakai adalah dengan minta bantuan, gengs. Bisa itu bantuan temen, keluarga, atau kalau perlu psikolog atau psikiater. Serius deh.¬†They do care about you¬†dan mau yang terbaik buat kamu.

Sending all the love from us to you all



Now, here comes your long-weekly recommendations!

We know, we know, it’s the long weekend. So whether or not you’re going for a trip, our recs is definitely something you want to check up on. From podcast to Youtube channel, go check everything out. See you!

But before…
Rekomendasikan hal-hal yang seru menurut kamu (Bisa buku, podcast, video YouTube, apa pun itu, dengan cara mengisi form ini). Nanti, rekomendasimu bakal kita share di weekly tips aka below and let other people know how cool you are! Remember, sharing is caring!
  • Masih ada yang suka nonton sinteron di sini? Hehe Kalau ada bisa nih cobain nonton sinetron SCTV baru judulnya “Bidadari Surgamu” yang tayang setiap hari pukul 18.00. Tokoh utamanya ada Rizky Nazar dan Salshabilla Adriani, keren nih dapet rating tinggi terus gaes! –¬†EL
  • Mau rekomendasiin album barunya SEVENTEEN, FML. Title tracknya,¬†SUPER, cocok banget buat didengerin pagi-pagi dan pas lembur.¬†Title track¬†yang satunya lagi, “F*ck My Life”, cocok didengerin pulang kerja pas lagi capek-capeknya sama hidup (Anon)
  • Aloha CMU readers! Mau rekomendasiin podcast¬†Sua Rua. Podcasternya dua sahabat, satu¬†background-nya di¬†finance, satu lagi di psikologi. Baru ada beberapa episode tapi obrolannya keren dan nyambung banget. Topik-topik obrolannya ringan dan relate dengan kehidupan sehari-hari, kayak kita udah sahabatan kenal lama sama mereka. Cocok jadi temen saat kamu beraktivitas atau didengarkan saat lagi santai. Langsung aja ikutin mereka di Spotify ¬†mereka atau sosial media meereka¬†@suaruadisini. Thank me later¬†(Anonymous).
  • Buat kalian yg suka OST drakor, aku rekomen “If It Is You” by Def. aka Jay B (leader GOT7). Covernya sederhana banget cuma pakai iringan piano plus vokal doi yang khas tapi cocok didengerin waktu¬†mood¬†lagi sendu. Cuss ke¬†soundcloud¬†nya (Def)
  • Buku “Kita Pergi Hari Ini” oleh Kak Ziggy. Ini buku¬†recommended¬†parahh, pembawaan novelnya yang seru bangettt, alur cerita yang asyik banget buat diikutin dan¬†ending¬†yang MANTAPP BGT, harus banget baca!¬†@fatihingintobat
  • Series terbarunya Kim Hee Ae judulnya “Queenmaker“. Seru banget tentang pertarungan politik buat memenangkan pemilu tapi mainnya di opini publik gitu.¬†Series-nya Kim Hee Ae emang jaminan mutu sih. Nggak ada yang gagal.¬†(Anon)
  • Our¬†podcast!¬†We’re talking about¬†PPP yang mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres, Evakuasi WNI di Sudan, dan Barbie yang merilis versi¬†down syndrome.¬†Leggooo
Yuk guys, jangan lupa kasih rekomendasimu ya! Caranya gampang, klik aja di sini!

Quote of the day

 
‚ÄúYou get in life what you have the courage to ask for.‚Ä̬†
 
-Oprah Winfrey-

Thank you note


No one bought us coffee today ūüôĀ¬†

 
(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi?¬†Here, here…just click¬†here.¬†Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kami kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support¬†kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan.¬†Thank you so much!)