Cuaca Panas di Indonesia

237

Here’s all you need to know about: Cuaca panas di Indonesia….

Again, repeat after us: Apply. Your. Sunscreen. 

Serius panas banget emang cuaca akhir-akhir ini yah. Sampai 36-37 derajat Celcius panasnya. Makanya mager banget kalau keluar rumah siang-siang tuh, hiks. Nah menyikapi hal ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika akhirnya speak upguys. Mulai dari penyebab, sampai kapan bakal begini, dan apa yang harus kita lakukan. Lengkap, semuanya, ada di sini. Scroll down!


Tell. Me. Everything. 
Well, setelah kemarin kita menghadapi musim hujan hingga hujan turun di mana-mana dengan frekuensi yang sering dan melimpah sampai-sampai menyebabkan banjir, nah sekarang kebalikannya nih, gengs. Iya, sekarang kita menghadapi musim kemarau di mana cuaca jadi panassss banget sampai gerah mulu bawaannya yekan. Yang harus kamu tahu adalah cuaca panas yang terjadi sekarang tuh nggak cuma di Indonesia doang, guys, tapi juga di negara-negara lain di Asia.

Oh iya?
Iya. Disampaikan oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika aka BMKG Dwikorita Karnawati, sejumlah wilayah Asia emang lagi dilanda gelombang panas aka heatwaveguys. Panasnya tuh melonjak gitu loh, dan ini terja di di wilayah Asia Selatan, dan Indochina, termasuk Indonesia. Adapun alasannya karena gerak semu matahari, intensitas radiasi matahari yang sekarang lagi at its max,
Advertisement
 dan dampak climate crisis yang sekarang makin parah. *Uhuk.

Tapi panas banget sih emang jujur…
Nah soal itu, kita di Indonesia bisa sedikit menarik napas lega, karena panas yang kita alami tuh nggak sepanas kayak negara-negara lain di Thailand atau India yang emang lagi dilanda gelombang panas, gengs. Iya, Kepala Pusat Layanan Iklim Terapan BMKG Ardhasena Sopaheluwakan bilangnya since Indonesia tuh negara kepulauan yang dikelilingi laut, jadi masih bisa turun hujan yang end up bisa turun suhunya. Jadi nggak kayak Thailand atau India atau bahkan Bangladesh tadi yang suhunya mencapai 44 sampai 51 derajat celcius. Tapi kan tetap panas yah di kita. Kayak di Surabaya misalnya.

Surabaya sih jangan ditanya wkwkwk
We know, rite? Makanya, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyebut masyarakat supaya mempersiapkan  kondisi tubuh, karena yha itu tadi, panasnya beneran panazzz dan sinar ultraviolet aka sinar UV ekstrem beneran kita rasain. Adapun cara buat menjaga kondisi tubuh di saat gelombang panas gini tuh adalah dengan banyak minum air putih minimal dua liter sehari, makan makanan bergizi yang tinggi serat, dan yang kandungan airnya tinggi. Biar terhindar dari dehidrasi.

What a time to be alive :’)
:’). In that sense, Bu Khofifah juga bilangnya mending pakai outfit yang longgar dan bahannya ringan. Terus kamu jugd disarankan untuk pake topi atau bawa payung kalau mau beraktivitas di luar ruangan. Ini penting karena kalau nggak gitu, sinar UV yang terpapar dari panasnya hari bakalan ngaruh ke kesehatan kulit dan matamu, guys. Terutama di jam-jam “Masya Allah” kayak jam 10 pagi sampai jam 2 siang. That being said, kamu apply deh itu sunscreen yang kamu checkout dari e-commerce, guys. Pakainya yang SPF 30+ dan di reapply tiap dua jam sekali. Biar nggak terbakar itu kulit yekan.

Got it. Anything else? 
Btw selain dehidrasi dan masalah kulit, berbagai masalah kesehatan lainnya yang bisa banget terjadi di cuaca panas kayak sekarang ini adalah masalah pernapasan, heat stroke, dll. Makanya, again, penting banget untuk menjaga imunitas tubuh di saat cuaca ekstrem kayak gini, guysHang on tight, karena hal ini bakalan berlalu kok, guys. BMKG juga bilangnya cuaca panas ini bakalan berlalu dan berangsur turun kok.
Advertisement