Xi Jinping Resmi Jadi Presiden Masa Jabatan Ketiga

191

Who’s making 3 periode into reality?

Xi Jinping, President of China.
Yep, soalnya, Xi Jinping baru aja kembali diangkat buat masa jabatan ketiganya sebagai presiden China pada 10 Maret kemarin banget. Dengan begini, Presiden Xi bakal menjabat selama lima tahun ke depan.

WOW tell me. 
Iya, guys. Fyi, di usianya ke-69 ini, Xi Jinping tuh jadi presiden pertama yang memimpin selama tiga periode sejak Mao Zedong, pemimpin pertama Partai Komunis China (PKC). Jadi bisa dibilang, Xi Jinping tuh juga ngikutin jejaknya Mao Zedong sebagai pemimpin China. Gokil yha.
 
Now skim me his CV.
Sure. Jadi sejak kecil, Xi emang hidup di lingkungan mewah perumahan elit penguasa China di Beijing. Karir politik Xi dimulai sejak 1974, waktu dia menjabat sebagai sekretaris cabang Partai dari Brigade Liangjiahe di pedesaan Provinsi Shaanxi. Kemudian di tahun 1982, Xi menjabat sebagai wakil sekretaris PKC di Provinsi Hebei. Dia ditempatkan di situ sampe tahun 1985, terus diangkat jadi anggota komite partai dan wakil walikota Xiamen di Provinsi Fujian. Dari situ, jabatan Xi terus menanjak sampe akhirnya beliau menjabat sebagai wakil sekretaris provinsi pada 1995.
Advertisement

Okay…
Terus pada Oktober 2007, Xi terpilih jadi salah satu dari sembilan anggota komite Tetap Biro Politik (Politbiro) PKC. Nah dari situ, Xi masuk Bursa Capres menggantikan Hu Jintao, yang waktu itu jadi Sekjen PKC sekaligus Presiden China. Posisi Xi jadi makin meroket ketika ia terpilih jadi wakil presiden China pada 2008-2013. Di Oktober 2010, Xi juga diangkat jadi Wakil Ketua Komisi Militer Pusat (CMC). Sampe akhirnya karir dia terus naik dari sebelumnya sebagai Komite Tetap Biro Politik, jadi Sekretaris Jenderal Partai. Akhirnya, Xi resmi jadi presiden China pada Maret 2013.

2013 sampai sekarang….
And until the next five years ehehehe. Ini tuh bikin Xi Jinping jadi kepala negara yang paling lama menjabat sejak pendirian Republik Rakyat China pada 1949, guys. Adapun dalam prosesnya, Presiden Xi meraih 2.952 suara bulat lewat pemungutan suara di Balai Agung Rakyat di Beijing. Sebenernya, kepilihnya Xi Jinping lagi tuh katanya formalitas aja, gengs. Soalnya, kepresidenan tuh mostly jadi gelar seremonial aja di China. Kekuasaan nyata sebenernya ada di kepala partai dan militer, dan dua-duanya tuh diduduki sama Xi Jinping. Nah, gimana nggak kepilih lagi kan doi…

Gokil, sih..
Yoi. Dan emang Xi Jinping ini the bisa dibilang the strongest candidate sih, nggak main-main doi power-nya. Even Forbes mendudukkan Xi Jinping dalam daftar teratas orang paling berkuasa di dunia pada tahun 2018. Terus fyi guys, sepanjang sejarahnya, nggak ada pemimpin China yang memegang gelar kepala negara selama lebih dari 10 tahun, even bapak pendiri Republik Rakyat China Mao Zedong. Nah sebenernya, pasca Mao Zedong meninggal, penggantinya yakni Deng Xiaoping kemudian membuat aturan batasan masa jabatan presiden jadi 10 tahun aja. Namun aturan itu dihapuskan oleh Jinping dan legislatif China pada 2018 lalu, sehingga mungkin banget beliau menjabat for the rest of this life. 


Nah, udah kepilih, kini Jinping dihadapkan dengan berbagai tantangan hidup, guys. Bukan, bukan cicilan paylater atau jadi sandwich generation, tapi tantangan negara, baik di dalam maupun luar negeri. Di China sendiri, masalahnya banyak banget. Mulai dari ekonomi China yang masih berjuang buat pulih dari kebijakan zero-COVID sampe adanya penurunan populasi pertama sejak enam dekade. Kalo masalah luar negeri, tau sendiri kan China masih punya segudang masalah sama AS dan negara Barat lainnya buat isu-isu kaya hak asasi manusia, pembangunan militer, perang dagang dan teknologi sampe kemitraan yang berkembang sama Rusia. Rungsing gatu.

Ya tapi at least udah jadi presiden lagi…
Yoi. After Xi Jinping kebali terpilih, Presiden Jokowi langsung ngasih selamat atas jabatan barunya. Pak Jokowi nge-post di Instagram resminya @jokowi yang nunjukkin fotonya sama Xi yang lagi berjabat tangan. Pak Jokowi juga berharap bisa semakin mempererat kerja sama demi kemakmuran kedua negara dan melanjutkan kontribusi untuk perdamaian dan stabilitas kawasan.

Got it. Anything else?
Selain Pak Jokowi, Bu Megawati juga nggak ketinggalan ngasih ucapan selamat ke Xi Jinping. Bu Mega juga appreciates keberhasilan Tiongkok dalam mendorong perdamaian dunia apalagi setelah rekonsiliasi antara Arab Saudi dan Iran.
Advertisement