Transaksi Janggal 300 Triliun di Kementerian Keuangan, Kapal Pencari Ikan Tenggelam di Perairan Jepang, Kota Besar di Asia Diprediksi Tenggelam Tahun 2100, Stres Tinggi Berisiko Penurunan Fungsi Kognitif

240

Hi

Good morning, you. It’s another day, another Thursday, so we hope you are all motivated to face whatever today brings. If you are a little tired, remember it’s always OK to take a pause and breathe in a little bit. You got this.

When we’re talking a lot about “Karena Nila Setitik, Rusak Satu Kementerian“…..

Kementerian Keuangan can relate. 
Yoi guys. Kementerian Keuangan sekarang lagi kena banyak krisis deh. Khususnya terkait pegawai-pegawai mereka yang ‘Berduit’ nggak wajar dan asalnya nggak jelas, sampai temuan transaksi janggal senilai Rp300 triliun di lingkungan kementerian pimpinan Bu Sri Mulyani Indrawati itu. Yang lebih parahnya lagi, transaksi janggal ini sebagian besar ada di Direktorat Jenderal Pajak dan Bea Cukai, gengs.

WHATTT???
Gini gini. As we all know beberapa minggu terakhir kan Indonesia rame banget nih sama kasus eks Kepala Bagian Umum  Kanwil Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Selatan II Kementerian Keuangan atas nama Rafael Alun Trisambodo. Nggak cuman soal kasus anaknya yang jadi tersangka pengeroyokan, tapi juga harta kekayaannya yang “Gileee banyak banget,” senilai Rp56 miliar. Angka ini dinilai nggak wajar considering profilnya Rafael yang cuman sebatas pegawai eselon III, guys. Nah dari situ, Kementerian Keuangan melalui Inspektorat Jenderal Kemenkeu pun langsung ‘Sapu bersih’ melakukan pemeriksaan harta kekayaan para pegawainya  dan diduga kuat Rafael is not the only one.

Maksudnya dia cheating, gitu?
Nope, that’s your ex. Kalo ini, terungkap bahwa ga Rafael aja yang duitnya ga wajar. Tapi ada sebanyak 69 pegawai pajak lainnya yang hartanya fishy banget. Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, Awan Nurmawan Nuh kemudian menyebut pihaknya udah melakukan serangkaian pemeriksaan mulai dari cek formal, terus pemeriksaan materi terkait anomali harta kekayaan. In that sense, 69 orang pegawai internal yang punya harta nggak wajar ini sejak Senin kemarin juga udah dipanggil untuk melakukan klarifikasi.

OMG….
Terus dari hasil pemeriksaan itu, juga di-double check sama Itjen soal mana aja nih, harta yang nggak dilaporkan, plus ada atau nggaknya transaksi yang mencurigakan. Sampai saat ini sih pemeriksaan itu masih on going guys, dan ditargetkan bakalan kelar within two weeks kata Pak Awan. Jadi ntar kalau udah terbukti bersalah, bakalan dilanjut sampai ke tindak pidana oleh aparat penegak hukum dan mereka semua akan disanksi dengan hukuman disiplin.

Speaking of 
Transaksi mencurigakan….
Let’s dive in to it, shall weTransaksi mencurigakan ini juga yang jadi concern berbagai pihak selama bertahun-tahun, salah satunya Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan aka PPATK. Nah kamu harus tahu nih, guys bahwa dari tahun 2009 sampai tahun 2023 ini, PPATK udah menemukan berbagai transaksi mencurigakan yang melibatkan pegawai di Kementerian Keuangan. Temuan ini kemudian juga udah sampai ke Menko Polhukam, Mahfud MD. Lebih jauh, Pak Mahfud kemudian mengungkap transaksi janggal yang ada di Kemenkeu ini senilai…. inhale exhale, Rp300 Triliun.

WHATTTT??? 
Iya. Dalam satu kesempatan, Pak Mahfud menyebut terdapat temuan transaksi janggal yang senilai Rp300 triliun yang asalnya…. Dari Kementerian Keuangan ini, guys. Iya. We repeat, ada temuan transaksi janggal senilai Rp300 triliun yang asalnya dari Kementerian Keuangan. Dan parahnya lagi adalah, Pak Mahfud menyebut transaksi janggal ini mostly berputarnya di dua direktorat. Which is Direktorat Jenderal Pajak dan Bea Cukai. Transaksi ini disebut Pak Mahfud juga beda lagi dari case Rafael Alun Trisambodo. Makanya hal ini harus dilacak. Gitu ceunah.

Shizzz…..
< div>Jadi ya gitu deh, temuan ini sendiri udah dilaporkan Pak Mahfud ke Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan PPATK, gengs. Dan sampai berita ini ditulis, pihak Kementerian Keuangan khususnya di Inspektorat Jenderal belum terima
Advertisement
 informasinya kayak gimana. Well, dalam keterangannya, Pak Awan bilang pihaknya udah denger kabar soal transaksi janggal Rp300 triliun ini, since beritanya emang beredar cepet banget kan. Tapi ya gitu, Pak Awan bilangnya Itjen Kemenkeu bakalan segera mengecek lebih lanjut informasi tersebut.

I believe KPK has a say….
Well, sampai sekarang, Komisi Pemberantasan Korupsi aka KPK emang udah menemukan adanya dugaan keterlibatan pejabat pajak yang lain dalam kasus yang menjerat Rafael Alun Trisambodo. Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK, Pahala Nainggolan bilangnya gini: “Itu geng tuh, ada. Ada banget. Itu angkatan dia (Re: Rafael) juga. Iya pejabat juga”. Merespons hal ini, Kementerian Keuangan pun sampai saat ini masih terus melakukan pemeriksaan dan belum menemukan adanya ‘Geng’ yang dimaksud oleh KPK.

Got it. Anything else I should know?
Btw balik lagi ke awal. Integritas, gaya hidup mewah keluarga, dan harta kekayaan nggak wajar yang dimiliki dan dipamerin pegawai Kementerian Keuangan tuh sekarang ini emang lagi disorot banget, gengs. Dalam keterangannya kemarin, Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan udah memecat Rafael Alun Trisambodo dan udah di-approve sama Menkeu Sri Mulyani Indrawati. Nggak cuman itu, Kepala Bea Cukai Makassar Andhi Pramono juga kemarin diperiksa Kemenkeu terkait kepemilikan hartanya yang senilai Rp13,7 miliar. Anak perempuannya Andhi juga ikutan disorot since keliatan sering banget beli pakaian mewah puluhan juta Rupiah.

When we’re talking about our ABK, something is not right…

Now in Japan.
Lagi-lagi, it’s about anak buah kapal (ABK) WNI kita. Jadi gini, guys. Baru aja dilaporkan ada sebuah kapal pencari ikan yang tenggelam di perairan Jepang sejak hari Minggu kemarin. Nah, sedikitnya ada tujuh ABK yang hilang akibat kejadian ini, dan enam di antaranya adalah WNI.

Nooooo tell me 🙁
Jadi menurut keterangan dari Juru bicara Otoritas Penjaga Pantai Jepang, Keisuke Nakao, disebutkan bahwa kalo kapal patroli Angkatan Udara Jepang udah berhasil menemukan kapal pencari ikan yang terbalik dan hanyut. Kapal itu merupakan Kapal Xin Chang Fa No. 88 berbendera Taiwan. Lokasi pastinya ada di perairan sebelah utara Kepulauan Senkaku. Dari informasi yang diberikan, tujuh ABK itu terdiri dari enam WNI dan satu warga Taiwan. Waktu itu, semuanya dinyatakan hilang. Setelah itu, pihak penjaga pantai Jepang terus berupaya buat mencari para korban. Bahkan, pihak Jepang juga berkoordinasi sama mitra-mitranya di Taiwan buat bantuin nyari para korban.

Tell me more about this Senkaku Island…
Well, jadi Kepulauan Senkaku ini adalah wilayah sengketa yang kini dikontrol Jepang. On the other side, China juga mengklaim wilayah ini dan kalo mereka nyebutnya Kepulauan Diaoyu. Adapun letaknya tuh 190 mil laut dari pantai barat daya Okinawa, 200 mil dari pantai timur Tiongkok, dan 120 mil dari pantai barat laut Taiwan. Kepulauan ini emang udah jadi sengketa sejak lama, dan sampe bikin hubungan antara China sama Jepang makin buruk dalam beberapa tahun terakhir. Terus di tengah perselisihan yang belum selesai itu, sejak 2010, makin marak penangkapan ikan secara ilegal di sekitar pulau tersebut.
 
Back to the boat…
Nah kalo menurut keterangan dari Kementerian Luar Negeri Taiwan sih, kapal itu merupakan kapal pencari ikan yang terdaftar di Taiwan. Otoritas Taipei menduga bahwa kapal itu terbalik dan tenggelam saat berlayar di dekat salah satu pulau di Kepulauan Senkaku. And so far, masih belom jelas gimana dan apa penyebab kapal itu terbalik hingga hanyut.

I believe Indo govt has a say…
Of course. Menyusul kejadian ini, pihak Kemenlu Indonesia udah ikutan aktif mencari informasi terkait para korban. Pihak KBRI Tokyo dan Kantor Dagang dan Eknomi Indonesia (KDEI) di Taipei juga udah kordinasi sama otoritas setempat buat nyari korban. Even Bu Menlu Retno Marsudi juga udah minta bantuan Jepang buat melakukan pencarian.

And, finally…
Titik terang mulai muncul nih, guys. Otoritas Taiwan baru aja  mengonfirmasi bahwa satu jenazah ABK berkewarganegaraan Taiwan udah berhasil ditemukan. Kalo kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Judha Nugraha, ABK ini merupakan kapten kapal yang berhasil diidentifikasi berdasarkan data sidik jari. Nah, sementara itu, enam WNI lainnya masih dinyatakan hilang.
 
Anything else? 
Masalah soal ABK WNI emang udah jadi problem sejak lama sih. Salah satu yang terparah tuh pernah terjadi pada 2020, ketika ABK WNI mendapat perlakuan menyedihkan di kapal ikan asal Tiongkok Bernama Long Xing 629. Mereka kerja hingga 30 jam non-stop, nggak dikasih air minum yang layak, hingga mendapat upah yang nggak wajar. Bahkan, beberapa dari mereka sampe ada yang meninggal di atas kapal dan jenazahnya akhirnya dilarung ke laut.

Who’s drowning down but not in your love?

A lot of cities in South Asia. 
Yep, thanks to rising sea levels, bakal banyak kota-kota besar di Asia yang diprediksi bakal tenggelam pada tahun 2100.

Oh no…
Beneran, guys. Jadi menurut studi terbaru yang menggabungkan dampak perubahan iklim dengan fluktuasi alami lautan, diprediksi bahwa bakal ada banyak kota-kota di Asia yang tenggelam dalam waktu puluhan tahun lagi. Hal ini ngga lain ngga bukan karena meningkatnya suhu lautan dan es yang mencair, sehingga bikin sea level meningkat. Adapun penemuan ini dimuat dalam Jurnal Nature Climate Change yang dirilis minggu lalu, dan dijelaskan juga bahwa fenomena ini bakal berdampak sangat buruk bagi jutaan warga di kota-kota tersebut.

Tell me more. 
Nah guys, prediksi ini juga seolah mengkonfirmasi laporan Greenpeace, yang memperkirakan bahwa bakal ada tujuh kota besar di Asia yang tenggelam pada 2030 mendatang. Adapun kota-kotanya tuh ada Bangkok dengan 10 juta lebih orang yang bakal terdampak, Manila dengan 1,54 juta penduduk, Tokyo dengan jumlah penduduk terdampak sebanyak 830 ribu, Taipei dengan 430 ribu penduduk, Seoul dengan 130 ribu penduduk dan Hong Kong dengan 90 ribu penduduk.
 
How about us? 
Sadly to inform you guys, hampir 17 persen dari total daratan Jakarta bakal berada di bawah permukaan laut. Akibatnya, 1,8 juta orang bakal kehilangan rumah dan sebanyak US$ 68,2 miliar produk domestik regional bruto (PDRB) Jakarta terancam. Kalo secara keseluruhan di kota-kota besar Asia aja, lebih dari 50 juta orang bakal terpengaruh, dan 30 juta di antaranya berada di India.
 
What should we do? 
Well, menurut ilmuwan NCAR Aixue Hu, para pembuat kebijakan sekaligus masyarakat umum tuh udah harus sadar dan peduli soal ancaman kenaikan permukaan air laut ini. Kita udah nggak bisa lagi tuh guys, bilang, “Ah itu mah urusan pemerintah”, “Ah bodo amat, gue nggak kenapa-napa juga.” No can’t do. Lagian juga kamu pasti udah ngerasain dampak perubahan iklim kan, belakangan ini. Mulai dari panas terik seada-adanya, tiba-tiba hujan gede badai, dll. Karena itu, pemerintah diminta untuk membuat kebijakan-kebijakan yang bisa meng-address masalah ini.
 
Anything else? 
Analisa dari Layanan Perubahan Iklim Copernicus Uni Eropa juga bilang bahwa tahun 2022 tuh jadi tahun iklim ekstrem, termasuk banjir mematikan di Pakistan dan banjir di Australia. At the same time, suhu lautan tuh yang tertinggi dari yang pernah ada dan diperkirakan bakal terus meningkat. Bahkan, suhu lautan berada pada rekor tertinggi tahun lalu, melampaui rekor sebelumnya pada 2021. And also, empat tahun terakhir tuh jadii tahun terhangat yang pernah terjadi di lautan kita.

When you’ve been feeling stressed lately….

Take care of yourself, guys.
Yep, we got you. Adulting is not easy at all. Banyak tekanan, tuntutan, sampe kritikan yang bikin perasaan ngga tenang dan eventually leading up to stress.  Tapi kalau kamu merasa kamu udah nggak bisa lagi menampung semua beban itu di pundakmu sendirian, please ask for help yah. Jangan stres mulu. Karena selain memengaruhi mentalmu, kesehatanmu juga jadi keganggu karena stres.
Iya, satu penelitian menunjukkan, orang dengan tingkat stres yang tinggi tuh lebih berisiko mengalami penurunan fungsi kognitif, guys. Iya, kamu jadi lebih susah untuk mengingat sesuatu, untuk berkonsentrasi, dan susah juga buat mempelajari hal-hal baru. Lebih jauh, stres bahkan meningkatkan risiko stroke, respon imun yang buruk, hingga berbagai masalah kesehatan lainnya. Not to mention kamu jadi melakukan activity yang nggak sehat kayak merokok atau minum alkohol. So, jauh-jauh dari stres ya, and seek help from professionals if you need it. Take care!

“Saya enggak ngerti, enggak ngerti.”

Gitu guys kata Mantan Bupati Sidoarjo, Jawa Timur, Saiful Ilah pas ditanya soal kenapa doi harus balik lagi dipenjara setelah bebas murni pada 7 Januari tahun lalu. Jadi guys, Pak Saiful ini adalah Bupati Sidoarjo periode 2010-2015 dan 2016-2021. Doi kemudian kena kasus dugaan suap terkait proyek infrastruktur di Sidoarjo dan udah bebas. Tapi dari hasil pengembangan kasus sama KPK, ditemukan bukti bahwa doi diduga menerima gratifikasi hingga Rp 15 miliar. Makanya ditahan lagi.
 
When your boss already explained your assignment for the 10000th times…

Announcement


Thanks to Nanda Alhumaira, someone, and Daner for buying us coffee today!


(Mau ikutan nraktir tim Catch Me Up! kopi? Here, here…just click here Dengan mendukung, kamu nggak cuma beliin kopi yang menemani kami nulis, namun kamu juga udah men-support kami untuk terus berkarya dan membuat konten-konten berkualitas yang imparsial dan bebas dari kepentingan. Thank you so much!)

Catch Me Up! recommendations

If you are trying to eat healthy, try greek yogurt.
Advertisement