Rencana Pembuatan Armada Kapal Selam Bertenaga Nuklir

209

When the strong ones are getting stronger…

Because of AUKUS. 
Soalnya, para pemimpin AS, Inggris dan Australia baru aja ngumumin soal rencana pembuatan armada kapal selam bertenaga nuklir (SSN) generasi berikutnya di bawah pakta keamanan AUKUS.

Hold on. 
AUKUS tuh apa?
Semacam kesepakatan pertahanan gitu guys yang disetujui di September 2021 lalu dan sesuai namanya, agreement ini melibatkan tiga negara, Australia, UK, dan US. Pakta keamanan AUKUS  ini tujuannya adalah bikin wilayah Indo Pasifik jadi bebas, terbuka, aman dan stabil, di mana tujuan yang nggak kalah penting adalah, bareng-bareng menghadapi pengaruh China di kawasan itu. Looking more at the agreement, di bawah kesepakatan ini, Australia tuh bisa membangun kapal selama tenaga nuklir dengan bantuan teknologi dari Inggris dan AS.

HEM…….
Sebenernya, banyak banget sih pihak yang kontra sama kesepakatan ini. Also, bisa-bisa ini tuh melanggar Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir (NNT). Soalnya, kalo berdasarkan kesepakatan internasional, cuma negara-negara anggota tetap DK PBB yang bisa punya senjata nuklir, which is China, AS, Inggris, Prancis, dan Rusia. Nah, makanya ketika Australia jadi punya kesempatan buat punya senjata nuklir, hebohlah dunia persilatan..

I believe China has a say…
Of course. Secara kesepakatan AUKUS ini seakan-akan buat bareng-bareng ngelawan China, kan. Soalnya, nggak lama setelah AUKUS disepakati, China langsung nuduh AUKUS tuh seakan-akan punya mental perang dingin. Terus juga Eropa, gara-gara mereka tuh merasa, “Kok gue nggak diajak sih?” dalam upaya membendung pengaruh China. Pihak Uni Eropa juga bilang bahwa ini tuh bikin mereka bingung soal pendekatan terhadap China. Soalnya sebelum si AUKUS ini ada, Uni Eropa lebih pengen deketin China dengan cara yang lebih persuasif.

Tell me more about the kapal selam…
Nah, jadi armada kapal selam ini tuh pake teknologi yang super canggih. Soalnya, reaktor yang dipakai aja dibuat sama Rolls-Royce. Kapal selam ini sebenernya cuma kapal yang punya tenaga nuklir. Tapi, lewat proyek pengembangan kapal ini, bisa aja tuh ada transfer teknologi nuklir dari Inggris dan AS ke Australia. Terus para pemimpin ketiga negara kaya PM Inggris Rishi Sunak, PM Australia Anthony Albanese sama Presiden AS Joe Biden tuh nge-highlight banget bahwa kapal selam ini nggak akan punya senjata nuklir dan nggak bakal ngotak-ngatik soal komitmen Australia buat jadi negara bebas nuklir. Terus kalo PM Albanese sih bilang bahwa lewat pembangunan kapal ini, bakalan ada ribuan lapangan pekerjaan baru dan jadi investasi tunggal terbesar di bidang pertahanan Australia.
Advertisement

Terus China tantrum lagi ehehehehe 
True. Pemerintah China  bilangnya kalo ketiga negara itu menapaki jalan yang berbahaya, gitu istilahnya. China bilang kalo mereka tuh egois banget dan mentingin geopolitik mereka sendiri tanpa memperhatikan keprihatinan komunitas internasional. Pokoknya, mereka going to the wrong direction banget, deh. Terus, ada juga Rusia yang prihatin soal kapal selam bertenaga nuklir itu. Soalnya, kalo kata Jubir Kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov, rencana kapal selam itu bikin publik jadi punya pertanyaan besar soal proliferasi nuklir. Ketiga, ada juga Malaysia yang secara terang-terangan minta AUKUS buat patuh sama aturan soal laut, which is Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut (UNCLOS) 1982, Perjanjian Zona Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara (SEANWFZ), dan Deklarasi Asean tentang Zona Damai, Kebebasan, dan Netralitas (Zopfan).


I believe Indonesia is there.. 
Yep, Kementerian Luar Negeri Indonesia juga ikutan komentar nih soal ini, gengs. Lewat pernyataan di Twitter resmi Kemlu, Indonesia dengan tegas meminta Australia supaya patuh sama kesepakatan non-proliferasi senjata nuklir dan Pengamanan Badan Tenaga Atom Internasional. Terus, Indonesia juga bakal terus memantau nih gimana sih skema kerja sama si AUKUS ini. And also, ada komentar juga dari anggota Komisi I DPR dari Partai Demokrasi Perjuangan (PDIP) Tubagus Hasanuddin yang bilang bahwa jalur laut Indonesia nggak boleh dipake sama kapal selam bersenjata nuklir Australia, soalnya AUKUS dibentuk buat berperang.

Anything else? 
Anyway, gara-gara China nggak seneng nih soal kapal ini, Joe Biden sih katanya mau ngomong sama Xi Jinping langsung soal ini. Tapi, so far Biden masih belom mau ngasih tau kapan pembicaraan itu bakal berlangsung. Terus juga, masalah soal AUKUS ini tuh bikin hubungan AS-China jadi makin kacau, soalnya makin banyak aja deh masalah-masalah yang bikin kedua negara itu jadi makin saling sensi.
Advertisement